Minggu, Maret 04, 2012
0
SURABAYA-(IDB) : Delegasi Angkatan Laut Singapura dan Belanda melakukan kunjungan persahabatan ke Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) di Bumimoro, Surabaya, Jumat.

Kunjungan pertama datang dari AL Singapura (Royal Singapore Navy) yang dipimpin Panglima Armada Singapura, Rear Admiral Lai Chung Han, didampingi empat delegasinya dan diterima Komandan Kobangdikal Laksda TNI Sadiman.

Sebelumnya, kapal AL Singapura RSS Resolution-208 yang membawa sekitar 100 kadet telah bersandar di Dermaga Jamrud, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dalam rangka pelayaran ke Indonesia.

"Selain untuk mengakrabkan hubungan personel angkatan laut kedua negara, kunjungan ke Indonesia juga bertujuan menambah jam layar bagi para Kadet Singapura," katanya.

Setelah menerima petinggi AL Singapura, Laksda TNI Sadiman juga menyambut kunjungan Kepala Staf Angkatan Laut Belanda, Vice Admiral Mattheu JM Borsbom, yang didampingi empat delegasi lainnya.

Dalam kunjungan itu, kedua belah pihak menjajaki kemungkinan dilakukan kerja sama bidang pendidikan dan pelatihan personel angkatan laut kedua negara.

"Banyak kapal perang TNI AL yang dibuat di Belanda, salah satunya Sigma Class, sehingga nantinya kami siap menampung instruktur untuk mendapatkan pelatihan di Belanda," ujar Borsbom.

Komandan Kobangdikal Laksda TNI Sadiman menyambut positif tawaran kerja sama tersebut dan berharap hal itu bisa direalisasikan.

Selain melakukan pembicaraan, delegasi AL Singapura dan Belanda juga menyempatkan diri meninjau sejumlah fasilitas latihan yang dimiliki Kobandikal, salah satunya peralatan simulator kapal "Dynamic Positioning Maneuvering System" dan "Tactical Team Trainer". 

Sumber : Antara

0 komentar:

Posting Komentar