Minggu, Januari 08, 2012
0
Pesawat komersil Pakistan yang dipaksa turun Sukhoi TNI AU beberapa waktu yang lalu
MANADO-(IDB) : Sebuah pesawat komersil asing yang terbang tanpa izin di wilayah Indonesia, dipaksa mendarat oleh dua pesawat tempur Sukhoi TNI Angkatan Udara dari skuadron tempur Sukhoi Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.

Dua pesawat tempur Sukhoi TNI AU lepas landas dari Lanud Sam Ratulangi, setelah radar mendeteksi adanya sebuah pesawat komersial yang terbang tanpa izin di wilayah Indonesia. Kedua pesawat tempur langsung menyergap dan memaksa pesawat ilegal itu mendarat. Aparat langsung melakukan penggeledahan dan mengamankan dua orang awak pesawat.


Skenario memaksa mendarat sebuah pesawat komersil asing yang terbang tanpa izin ini menjadi simulasi operasi udara skuadron tempur Sukhoi dari Lanud Sam Ratulangi, Sulawesi Utara.


Aksi ini, adalah rangkaian latihan operasi pertahanan udara nasional dengan nama sandi latihan Tetuka. Selain di Sulawesi Utara, latihan serupa juga digelar serentak di Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur.


Komandan Pangkalan Udara Sam Ratulangi Letkol Penerbang Jorry Koloay menjelaskan, latihan operasi udara ini dilaksanakan untuk menguji kesiapan dari ancaman negara musuh.


Manado menjadi pusat latihan operasi Tetuka karena wilayah ini berbatasan langsung dengan Filipina dan sebagian wilayah udara Malaysia. Wilayah udara Sulawesi Utara juga menjadi rute penerbangan internasional.

Sumber : Metrotvnews

0 komentar:

Posting Komentar