Kamis, Januari 26, 2012
0
UKRAINA-(IDB) : Anggaran belanja pertahanan Ukraina akan naik sekitar 30 persen pada tahun 2012 ini, menjadi sekitar 2 miliar dollar AS (sekitar Rp17,8 triliun) atau 1,1 persen dari produk domesti bruto negara eks-Uni Soviet itu.

Demikian diumumkan bagian keuangan Kementerian Pertahanan Ukraina, Rabu (25/1/2012). Dalam rancangan anggaran tahun ini, Kemenhan Ukraina mengalokasikan dana hingga 120 juta dollar AS untuk pembelian perlengkapan militer baru dan program modernisasi berbagai alat utama sistem persenjataan yang sudah ada, dan beberapa proyek ilmiah dan desain militer.

Menurut kantor berita RIA Novosti, salah satu proyek yang akan dilakukan adalah modernisasi pesawat jet latih L-39 Albatros dan pesawat jet tempur MiG-29. Kepala bagian keuangan Kemenhan Ukraina Letnan Jenderal Yvan Marko mengatakan, totalnya ada 21 pesawat jet, lima helikopter, dan 612 kendaraan militer yang akan diperbaiki dan dimodernisasi tahun ini.

Sementara itu, daftar pesanan alutsista baru untuk Ukraina tahun ini bernilai 184 juta dollar AS, empat kali lipat lebih besar dibanding tahun lalu. Nilai pesanan sebesar itu termasuk pembuatan sebuah kapal korvet (54 juta dollar AS) dan pembangunan sistem rudal multifungsi Sapsan (13 juta dollar AS).

Anggaran militer Ukraina rata-rata berkisar 0,8 persen dari PDB-nya dalam beberapa tahun terakhir, atau masih di bawah anggaran militer negara-negara Eropa timur lainnya, yang rata-rata berada pada kisaran 1,3 persen dari PDB masing-masing.   

Sumber : Kompas

0 komentar:

Posting Komentar