Jumat, Desember 30, 2011
1
Penandatanganan kontrak pembelian 6 Sukhoi SU-30 MK2
JAKARTA-(IDB) : Kementerian Pertahanan Republik Indonesia membeli enam jet tempur Sukhoi Su-30 MK2 dari Rusia. Pembelian tersebut ditandai dengan penyerahan kontrak pengadaan Sukhoi Su-30 MK2 antara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan JSC Rosoboronexport Rusia, Kamis (29/12/2011) di kantor Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI), Jakarta.

Dalam acara penyerahan kontrak tersebut, pihak Kemhan diwakili Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan RI (Kepala Baranahan Kemhan RI) Mayjen TNI Ediwan Prabowo, sedangkan pihak Rosoboronexport Rusia diwakili oleh pejabat perwakilannya di Indonesia, Vadim Araksin.

Turut menyaksikan serah terima kontrak tersebut, sejumlah pejabat di lingkungan Kemhan dan Mabes TNI AU, antara lain Kepala Pusat Pengadaan Baranahan Kemhan Laksma TNI Ir A Djonie Gallaran, MM; Asrena Kasau Marsda TNI Rodi Suprasodjo, S IP; dan Kadisadaau Marsma TNI Achmad Zainuri. Hadir pula Duta Besar Rusia untuk Indonesia Alexander A Ivanov.

Sukhoi SU-30 MK2 TNI AU
Pengadaan enam jet tempur Sukhoi Su-30 MK2 ini untuk melengkapi 10 Sukhoi yang kini sudah dimiliki TNI AU sehingga nantinya genap menjadi satu skuadron yang ditempatkan di Pangkalan Udara Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Ke-10 Shukoi tersebut terdiri enam Sukhoi jenis Su-27 SKM dan empat Sukhoi jenis Su-30 MK2.

Penambahan enam jet tempur Sukhoi Su-30 MK2 tersebut diharapkan dapat menambah kekuatan tempur TNI AU dalam menjaga kawasan udara Indonesia. Kepala Baranahan Kemhan RI dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak JSC Rosoboronexport Rusia yang telah menunjukkan kerja sama baik dan saling menguntungkan dengan Kemhan RI sehingga realisasi pengadaan Sukhoi Su-30 MK2 dapat terpenuhi. 

Sumber : Kompas

1 komentar:

  1. Sekalian saja dengan Amur Class 1650 atau 950 sekaligus berikut ToT-nya.

    BalasHapus