Selasa, November 15, 2011
0
JERMAN-(IDB) : Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle mengatakan, Berlin tidak akan membahas operasi militer terhadap Iran atas program nuklirnya dan menganggap itu kontra-produktif.
 
"Kami tidak mengambil bagian dalam diskusi tentang intervensi militer. Kami percaya diskusi seperti itu kontra-produktif dan kita menolak itu," kata Westerwelle di Brussels, Belgia pada Senin (14/11) seperti dilansir AFP.
 
Kanselir Jerman Angela Merkel pada tanggal 11 November menyerukan kepada masyarakat internasional untuk sepenuhnya memanfaatkan upaya diplomatik guna memecahkan sengketa nuklir Iran.
 
Dia mengatakan kepada harian berbahasa Jerman, Leipziger Volkszeitung bahwa masyarakat internasional harus memanfaatkan seluruh kapasitas untuk manuver diplomatik dan Berlin siap memberikan kontribusi.
 
Amerika Serikat, rezim Zionis Israel, dan beberapa sekutu mereka menuduh Iran mengejar tujuan militer dalam program nuklirnya dan telah menggunakan alasan ini untuk mendorong pengenaan sanksi terhadap Tehran serta menyerukan serangan ke negara Islam itu.
 
Iranberpendapat bahwa sebagai penandatangan Traktat Non-Proliferasi Nuklir (NPT) dan anggota IAEA, memiliki hak untuk mengembangkan dan memperoleh teknologi nuklir untuk tujuan damai.
 
Para pejabat Tehran berjanji memberikan respon mematikan atas setiap serangan militer terhadap Iran. Mereka juga memperingatkan bahwa setiap tindakan semacam itu bisa mengakibatkan perang yang akan menyebar di luar Timur Tengah. 

Sumber : Irib

0 komentar:

Posting Komentar