Rabu, Agustus 10, 2011
0
JAKARTA-(IDB) : Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menerima kunjungan kerhormatan Menteri Pertahanan Philipina Voltaire T. Gazmin, Senin (8/8) di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta. Kunjungan tersebut dimaksudkan dalam rangka meningkatkan dan mempererat hubungan kerjasama kedua negara terutama kerjasama di bidang pertahanan yang telah berlangsung baik selama ini. 

Kunjungan Menhan Philipina kepada Menhan RI tersebut diawali dengan penyambutan oleh Menhan RI yang didampingi sejumlah pejabat di jajaran Kemhan RI melalui Upacara Jajar Kehormatan dan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral.

Dalam pertemuan bilateral, kedua Menhan membicarakan berbagai hal terkait peningkatan hubungan kerjasama pertahanan kedua negara melalui implementasi Persetujuan antara Pemerintah RI  dan Pemerintah Republik Philipina tentang kegiatan kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan.

Secara khusus, dalam kesempatan tersebut kedua Menhan membicarakan peningkatan kerjasama dibeberapa bidang pertahanan lainnya. Salah satunya adalah perkembangan bidang teknologi dan industri pertahanan, serta sistem dukungan logistic untuk ke tiga Matra. Selain itu juga membahas peningkatan kerjasama bidang pertukaran personel khususnya pada level perwira untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan kedua negara. 

Disamping terkait kerjasama pertahanan, dalam pembicaraan tersebut digunakan kedua Menhan juga untuk membahas tentang isu Laut China Selatan.

Sementara itu beberapa kerjasama pertahanan kedua negara yang selama ini telah dijalin selama ini meliputi kerjasama di bidang pendidikan, latihan bersama maupun operasi khususnya patroli terkoordinasi di perairan perbatasan kedua negara dan kunjungan antar pejabat.

Turut mendampingi Menhan RI saat menerima kunjungan Menhan Philipina antara lain Wakil Menteri Pertahanan RI Sjafrie Sjamsoeddin, Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Eris Heryyanto, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Puguh Santoso.

Menhan Philipina didampingi Duta Besar Philipina untuk Indonesia Mario Rosario C Aguinaldo, Assistant Sec for Strategic Assessment Raymund Jose G. Quilop dan Senior Military to SND Col. Hernando DC A Irriberri PA (GSC) serta Athan Philipina di Jakarta Captain (Navy) Rafael G. Mariano.

Sumber: DMC

0 komentar:

Posting Komentar