LONDON-(IDB) : Untuk pertama kalinya bendera ASEAN berkibar di Kantor Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) Jenewa dalam sebuah upacara peringatan 44 tahun berdirinya ASEAN.

Duta Besar Dian Triansyah Djani dalam acara tersebut di Jenewa, Senin, mengatakan pengibaran bendera ASEAN untuk pertama kalinya di PTRI Jenewa melambangkan identitas dan visi ASEAN untuk bersama-sama mencapai perdamaian dan kesejahteraan masyarakat sebagai komitmen bersama  mewujudkan suatu komunitas ASEAN.

Upacara pengibaran bendera ASEAN dengan diiringi lagu ASEAN dihadiri duta besar perwakilan negara-negara ASEAN di Jenewa serta puluhan warga ASEAN yang bermukin di Jenewa.

Duta Besar Dian Triansyah Djani mengatakan sepanjang sejarah berdirinya, ASEAN telah membuktikan diri sebagai organisasi regional yang sukses dengan berbagai pengalaman, tantangan yang dihadapi, kerja sama yang dilakukan dan capaian-capaian sepanjang lebih dari empat dasawarsa.

Untuk pertama kalinya ASEAN anthem diperdengarkan di Jenewa dan secara resmi bendera ASEAN akan berkibar di setiap perwakilan negara ASEAN di Jenewa dan dipergunakan pada acara-acara resmi ASEAN.

Bendera ASEAN melambangkan ASEAN yang stabil, damai, bersatu dan dinamis. Warna merah, biru, kuning dan putih pada bendera ASEAN melambangkan perdamaian, stabilitas, keberanian, dinamisme, kesucian dan kesejahteraan.