Jumat, April 22, 2011
0
BANGALORE-(IDB) : India meluncurkan satu roket yang membawa tiga satelit ke orbit, Rabu (20/4) yang merupakan usaha terbaru negara itu untuk ikut ambil bagian dalam pasar antariksa komersial global.

Satelit utama diluncurkan dari pusat antariksa Sriharikota d3i negara bagian Andhra Pradesh merupakan tempat pengendali jarak jauh satelit Resourcesat-2 yang akan mempelajari dampak dari kehidupan manusia atas sumber daya di bumi.

Roket itu juga membawa satelit buatan India-Rusia untuk penelitian atmosfir dan perbintangan serta satu pesawat yang mengorbit untuk melakukan pengambilan citra buatan Nanyang Technological University Singapura.

"Misi Resourcesat-2 sukses," kata kepala Organisasi Penelitian Antariksa India, K. Radhakrishnan setelah semua tiga satelit diluncurkan dengan roket itu berada di ketinggian 822 kilometer dari bumi.

Misi yang sukses itu merupakan kelegaan bagi program antariksa India yang mengalami kemunduran besar pada Desember saat satu kendaraan peluncur satelit meledak dan jatuh ke Teluk Bengal yang disiarkan langsung oleh televisi setelah benda tersebut berubah arah dari jalur penerbangan yang seharusnya.

India yang ingin mengirimkan penerbangan berawak ke antariksa pertama pada 2016 melakukan pertaruhan awal untuk mengambil bagian dalam pasar peluncur satelit komersial yang menguntungkan dengan mengirim satu pesawat Italia yang mengorbit pada 2007.

Negara itu menganggap program eksplorasi antariksanya sebagai suatu pencapaian yang memperkuat kemunculannya sebagai kekuatan perekonomian utama dunia dan banyak warga India yang juga bangga dengan perkembangan negaranya.
Sumber: Analisa

0 komentar:

Posting Komentar