Selasa, September 09, 2014
0
NATUNA-(IDB) : Dengan meningkatnya tantangan tugas Prajurit TNI AL terutama bagi KRI yang melaksanakan operasi di laut terhadap ancaman pembajakan maupun perompakan, Prajurit KRI Sutedi Senoputra-378 melaksanakan latihan VBSS (visit board search and seizure) di dermaga Sabang Mawang, Natuna, Jumat (5/9).
 

Dalam latihan tersebut, Tim VBSS yang terdiri dari tujuh prajurit dibawah pimpinan Letda Laut (P) Indra Permana melaksanakan latihan antara lain berupa teknik dan taktik dasar infiltrasi ke atas kapal dan pertempuran jarak dekat untuk membebaskan kapal dari pembajak. Maksud dan tujuan latihan tersebut adalah sebagai sarana untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Tim VBSS dalam melaksanakan penggeladahan kapal sesuai dengan prosedur yang benar serta tercapainya standar tim pemeriksaan kapal yang memiliki naluri tempur yang tinggi.
 

Dengan latihan ini, diharapkan dapat tercapai standar tim pemeriksa yang profesional dalam menghadapi tindak kejahatan dan aksi terorisme di laut beserta segala kemungkinan kontinjensi yang terjadi saat melaksanakan penegakan kedaulatan yurisdiksi wilayah NKRI.




Sumber : Koarmabar

 

0 komentar:

Poskan Komentar