Sabtu, Agustus 09, 2014
0
MANILA-(IDB) : Sejalan dengan upaya meningkatkan kemampuan dukungan udara (Close Air Support – CAS) yang lebih handal, Departemen Pertahanan Nasional (DND) Filipina segera mempersenjatai pesawat mereka dengan amunisi presisi, semacam senjata yang dapat dipandu oleh laser untuk menghantam target.

Dalam buletin tawaran yang diposting situs DND, kemampuan yang disyaratkan tersebut, harus ada dalam desain yang akan diajukan oleh calon peserta lelang untuk proyek pengadaan pesawat CAS dengan nilai 4,9 juta peso.


Bid pembukaan dan pengajuan proyek pesawat CAS ini dilakukan tanggal 3 Oktober, mundur dari tanggal semula, yakni 11 Agustus.


Kementerian Pertahanan Filipina, DND, berencana mengakuisisi enam pesawat CAS untuk mengganti pesawat turboprop Philippine Air Force, Rockwell OV-10 “Bronco”. Kontrak itu nantinya akan meliputi dukungan logistik bagi pesawat.


Pesawat (Close Air Support – CAS) dibutuhkan untuk memberikan dukungan udara bagi infanteri dan unit angkatan laut dalam kontak senjata dengan musuh.


Pendanaan pengadaan sistem senjata ini akan bersumber dari budget Program Modernisasi Angkatan Bersenjata Filipina.


Pemenang lelang harus mampu menyerahkan pesawat dalam waktu 540 hari dari waktu efektif kontrak dan pesawat CAS itu, harus digunakan oleh negara-negara yang menawarkan atau yang merakitnya.

Filipina terus melakukan modernisasi peralatan militer mereka seiring dengan pertumbuhan ekonomi mereka yang membaik. Modernisasi alutsista militer ini, disokong penuh oleh Kementerian Pertahanan Filipina, dengan transparansi anggaran, termasuk membuat pengumuman dan lelang terbuka, bagi alutsista baru yang hendak dibeli. 




Sumber : JKGR

0 komentar:

Poskan Komentar