Minggu, Juli 20, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut menyatakan keprihatinannya atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah Ukraina tadi malam yang diduga dihantam rudal.

SBY pun menyerukan kepada seluruh maskapai penerbangan Indonesia untuk menghindari wilayah konflik seperti perbatasan Russia dan Ukraina.

"Saya telah menginstruksikan agar maskapai penerbangan Indonesia menghindari daerah-daerah konflik militer khususnya Ukraina dan Russia dan di atas wilayah jalur Gaza," ujar SBY dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/7/2014).

SBY menambahkan, pihaknya telah menginstruksikan kepada Kementerian Perhubungan untuk menyampaikan imbauan tersebut termasuk kepada maskapai nasional Garuda Indonesia.

"Saya juga menyerukan kepada WNI yang bepergian dengan jasa penerbangan bisa memastikan bahwa pesawat yang ditumpanginya tidak melintas di daerah konflik seperti Ukraina, Russia, dan Gaza," paparnya.

"Saya dapat laporan dari Menteri Luarr Negeri bahwa Dewan Keamanan PBB akan bertindak. Indonesia mendukung penuh, DK PBB harus mengambil langkah serius dan segera," tandasnya.

SBY juga menyerukan solidaritas sesama negara ASEAN untuk membantu Malaysia mengatasi musibah ini untuk mendapat keadilan atas tragedi yang tidak diharapkan tersebut.

Sebelumnya diwartakan, pesawat Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh di wilayah udara Ukraina. Pernyataan resmi pihak maskapai menyebutkan, 298 penumpang dan kru dipastikan tewas.



Sumber : Okezone

0 komentar:

Poskan Komentar