Kamis, Juli 03, 2014
0

SURABAYA-(IDB) : Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Sri Mohamad Darojatim melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke sarana pendukung operasi pendaratan amfibi di selter (garasi) Hovercraft, Divisi Pantai Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmatim, Ujung, Surabaya (03/07). Dalam inspeksi tersebut, Pangarmatim meninjau beberapa kendaraan pendukung operasi amfibi, yaitu di antaranya beberapa unit Landing  Craft Vehicle Personel (LCVP), Hovercraft dan Fast Landing Craft (FLC).

Inspeksi tersebut, bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi dan kesiapan operasional peralatan tersebut. Pada kesempatan itu Pangarmatim menyampaikan pesan kepada para pengawak kendaraan tersebut agar menjaga, mempertahankan kondisi dan merawat material tersebut, agar tetap siap digunakan dalam mendukung setiap penugasan dan operasi.

Secara umum, Hovercraft berfungsi sebagai sarana angkut personel cepat ataupun Very Importan Person (VIP), yang dapat melaju diatas meridian air dan pantai dengan kecepatan 29 hingga 30 Nautical Mile. Dalam jajaran TNI AL, Hovercraft dibawah pembinaan Divisi Pantai Satfib Koarmatim. Hovercraft diproduksi oleh industri dalam negeri, yakni PT. Hoverindo Jakarta pada tahun 2005.

Sejak masuk jajaran Satfib Koarmatim, Hovercraft digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan operasi dan latihan, seperti latihan penanggulangan bencana se-ASEAN dalam acara ASEAN Regional Forum – Disaster Relief Exercise (ARF-Direc) tahun 2011 di Manado.

Dalam inspeksi tersebut, Pangarmatim didampingi Asops Pangarmatim Kolonel laut (P) Dadi Hartanto, Aslog Pangarmatim Kolonel Laut (T) Aziz Ikhsan Bakhtiar, Kafasharkan Surabaya Kolonel Laut (T) Eko Gajah Seko serta Palaksa Divisi Pantai Satfib Koarmatim Mayor Laut (P) Surya Ari M.




Sumber : Koarmatim

0 komentar:

Poskan Komentar