Rabu, Juli 09, 2014
0
LONDON-(IDB) : Bagi Anda yang sudah menonton serial film Transformers, tentu ingat betapa canggihnya pasukan robot yang bisa berubah menjadi mobil, pesawat tempur, atau berbagai kendaraan bermotor lainnya.

Nah, ternyata perusahaan dirgantara Inggris, BAE Systems, kini tengah mengembangkan sebuah pesawat terbang masa depan yang bisa berubah wujud layaknya robot-robot dalam film Transformers. Kabarnya, pesawat jet canggih ini sudah bisa diproduksi dan mengudara pada 2040.

Proyek ambisius itu kini tengah dikerjakan di salah satu pusat produksi BAE di Warton, Inggris. Di sana, Nick Colosimo, seorang "futuris", memimpin proyek ini.

BAE menggambarkan jet tempur "Transformers" ini sebagai sebuah sistem pesawat terbang fleksibel yang menggabungkan sejumlah pesawat jet kecil untuk kebutuhan yang lebih efisien.

Pesawat-pesawat ini kemudian bisa memisahkan diri lagi dengan cepat sesuai dengan kebutuhan, mulai dari melakukan serangan, melakukan pengintaian, hingga mengantarkan pasokan logistik.

Pesawat canggih ini juga dilengkapi dengan semacam cairan adesif yang memungkinkan pesawat ini memperbaiki diri sendiri jika mengalami kerusakan.

BAE menyatakan, penggunaan material canggih itu akan menciptakan sebuah pesawat jet dengan tingkat kemampuan menyelamatkan diri sangat tinggi meski terlibat dalam skenario paling berbahaya sekalipun.

Selain itu, BAE juga menyiapkan sebuah sistem energi langsung (DES), sebuah tambahan persenjataan yang mampu menembakkan konsentrasi energi dengan kecepatan cahaya.

Tim yang bekerja untuk mewujudkan pesawat tempur "Transformers" itu terdiri atas para pakar dari berbagai universitas, pemerintah, dan berbagai perusahaan yang selama ini mengembangkan teknologi penerbangan.




Sumber : Kompas

0 komentar:

Poskan Komentar