Rabu, Juli 23, 2014
10

NEW YORK-(IDB) : Dalam debat terbuka di markas besar PBB di New York, Amerika Serikat pada Selasa (22/7) mengenai situasi di Timur Tengah termasuk Palestina, Indonesia lantang mengutuk Israel.


Duta Besar Desra Percaya, selaku Wakil Tetap RI (Watapri) untuk PBB di New York, mengutuk keras serangan tidak berperikemanusiaan Israel di Jalur Gaza.

“Jika Dewan Keamanan tidak dapat mengambil tindakan nyata, itu bukan saja merupakan kegagalan PBB tetapi juga merupakan kekalahan terhadap perjuangan perdamaian dan kemanusiaan,” tegas Desra Percaya.

Wakil Tetap RI di PBB itu menegaskan, Israel telah berkali-kali melanggar hukum internasional. Karena itu, Indonesia meminta Dewan Keamanan yang memiliki tanggung jawab bagi pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional harus mengambil tindakan sesegera mungkin.

“Hentikan agresi Israel, pastikan mengalirnya bantuan kemanusiaan terhadap para korban serta dorong Palestina dan Israel kembali ke meja perundingan,” seru Dubes Desra.

Desra juga menyampaikan, Indonesia juga sangat menyesalkan di bulan Ramadhan, bulan yang sesungguhnya penuh dengan berkah telah dicederai dengan aksi kekerasan Israel.

Dubes Desra juga mengatakan, serangan militer Israel yang tidak berperikemanusiaan, khususnya yang baru saja terjadi terhadap wilayah Shuja’iya dan Khan Younis, sangat menyakitkan bangsa Indonesia.

Menurutnya, kekerasan antara Palestina dan Israel hanya akan menyulitkan upaya mencapai perdamaian. Apalagi, akar kekerasan itu sesungguhnya adalah pendudukan Israel di Palestina.

Selama pendudukan masih terjadi, lanjut Dubes Desra, kekerasan akan terus berlangsung. 

Atas dasar itulah, Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam membentuk negara yang merdeka dan berdaulat, dengan Jerusalem Timur sebagai ibukotanya,” tegas Desra



 Sumber : JKGR

10 komentar:

  1. Mantap. matnap mantap. Kirim pasukan untuk lebih konkrit.

    BalasHapus
  2. weird. hamas itu sama biadabnya sama israel. ko ngga ada sangsi buat hamas yang udah ngeluncurin ribuan roket ke israel sebelum ini? kalo misalnya israel ngga punya iron dome, korban di israel paling juga udah sama banyaknya..... jangan cuma israel doang yang dikutuk, hamas juga bertanggung jawab, gara gara mereka perang warga sipil gaza yang ngga tau apa apa jadi kena

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul....agar rakyat sipil tdk jadi korban...beri palestina senjata!!! ok....

      Hapus
    2. Belajar sejarahnya dulu baru komeng.. biar ga diketawain

      Hapus
  3. Hamas timbul akibat penindasan Israel kpd Palestine, lihat dl masalahnya, br coment, "selama kemerdekaan Palestine blm diberikn kpd org Palrstine, selama itu pula Indonesia tdk mengakui Israel" itu sikap NKRI dr dl

    BalasHapus
  4. Apa pantas sebuah bangsa yg berjuang demi kemerdekaannya di-komen asal2an sebagai orang2 kejam sama seperti penjajahnya?
    Apa pantas bila anda belajar sejarah, dahulu para Pejuang Kemerdekaan RI yang berjuang dengan cara apapun dan bagaimanapun, lalu di-komen asal2 sebagai teroris dan orang2 kejam?
    *sick*

    BalasHapus
  5. yes. kita waktu penjajahan, pejuang kemerdekaan kita targetnya orang militer bukan? ini dua pihak sama-sama targetin penduduk sipil, kalo udah begini mau alasan apapun, hamas dan israel sama sama melanggar ham. disini yang harus dibela adalah rakyat palestina, bukan hamas atau israel yang sama sama biadabnya.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hamas itu tentaranya rakyat sipil Palestina. Sementara rakyat israel yang tidak ikut wajib militer rata2 sudah kabur semua ke luar negeri, tertinggal kombatan & keluarganya. Tidak membela Hamas berarti juga memungkiri hubungan Rakyat & pejuang2 Kemerdekaan RI...... Tinggalkan doktrin terorisme negara2 barat, baru akan bisa berfikir jernih.

      Hapus
  6. Intinya klo israel ƍäª nyaplok tanah palestine ƍäª akan ada perang, solusinya kembalikan tanah palestine kepada rakyat palestine TITIK!!! Israel??? Kelaut aje kali ye...

    BalasHapus
  7. apapun alasannya, anda2 semua harus melihat dengan mata yang objektif dan jernih, fahami, dan pelajari kenapa seperti itu??? yang jelas salah satunya adalah bahwa ISRAEL dari tahun firaun masih naik ojek mungkin, sudah mencaplok wilayah palestina, selama itu masih berlangsung maka tidak akan berakhir yang namanya perang. apa nt2 mau wilayah anda diambil oleh negara lain???? masalah roket yang ditembakkan ke israel itu adalah berita2 yang dusuguhkan israel sebagai dalih untuk menginvasi palestin, anda lihat negara2 adidaya dibelakang ISRAEL......salah satu AS yang setiap tahun memberikan bantuan militer dalam bentuk teknologi dan finansial ke ISRAEL. AS seakan tidak bisa berbuat apa2 atas pembantaian rakyat sipil palestin....padahal dia pencipta yang namanya HAM....mana buktinya, masak pilih2 tempat untuk diberlakukan HAM tersebut.....

    BalasHapus