Selasa, Desember 31, 2013
47
JAKARTA-(IDB) : Skandal penyadapan pihak intelijen AS terus menimbulkan kehebohan. Sejak dibocorkan mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional AS (NSA), Edward Snowden, banyak negara jadi gusar dan media massa internasional terus mengorek lebih dalam skandal itu.
 
Majalah Jerman, Der Spiegel, kembali mengungkap praktik penyadapan oleh NSA. Praktik itu ternyata dijalankan oleh suatu unit khusus NSA, Tailored Access Operation (TAO). Pengungkapan ini berasal dari bocoran dokumen internal NSA dan pengakuan seorang pejabatnya, yang tidak mau diungkap namanya.

Unit peretas khusus itu mampu menyadap berbagai perangkat komputer untuk mendapatkan data sekaligus melancarkan sabotase. Dilansir laman majalah Time, yang mengutip laporan Der Spiegel, unit khusus NSA ini mampu mendapatkan data yang selama ini mustahil didapat dengan cara konvesional. Dibentuk pada 1997, TAO dikabarkan telah meretas 258 target di hampir setiap negara di dunia.

Cara kerja unit ini canggih, bahkan disebut mirip dengan cara-cara yang dipakai jagoan di film, James Bond. Unit ini memanfaatkan berbagai macam kabel komputer-monitor yang khusus dibuat untuk merekam data dalam waktu nyata (real time).

TAO juga menggunakan perangkat batang data USB, yang memiliki transmitor khusus untuk mengirim data curian melalui gelombang radio. Unit ini juga mampu menyadap data di laptop dan menangkap sinyal ponsel dari jarak jauh.    

Tim ini juga mencuri data dengan mengeksploitasi celah-celah keamanan di Internet dan piranti lunak di sejumlah perusahaan seperti Cisco Systems dan Huawei Technologies asal China. Bahkan muncul kabar bahwa TAO bisa menyusup ke komputer-komputer berbasis Windows dengan memanfaatkan laporan-laporan gangguan operasional dari konsumen (crash reports).

Microsoft tidak langsung menanggapi kabar sabotase dari TAO itu. Namun raksasa piranti lunak itu termasuk dari perusahaan-perusahaan teknologi AS yang menuntut pemerintah Amerika agar lebih transparan soal metode penyadapan NSA.

Der Spiegel tidak mengungkap identitas siapa yang membocorkan dokumen NSA itu. Selama ini masalah tersebut mengandalkan liputan penyadapan NSA dari Edward Snowden, yang tengah bersembunyi di Rusia. Namun salah satu penulis artikelnya adalah Laura Poitras, seorang pembuat film dokumenter yang dekat dengan Snowden.

Majalah itu mengungkapkan bahwa TAO diperkuat oleh sekumpulan peretas unggul. Dalam beberapa tahun terakhir, sebagai Direktur NSA, Keith Alexander tampil di sejumlah konferensi yang dihadiri para peretas, yang rata-rata kaum muda anti kemapanan.

Di kantor, jenderal berbintang empat itu sering mengenakan seragam militer. Namun, dalam upaya merekrut para hacker, dia biasa bercelana jins dan berkaos oblong agar bisa dekat dengan mereka.

Strategi itu tampak membuahkan hasil. Unit itu berhasil merekrut para peretas sehingga TAO perlu membuka cabang di beberapa kota. Selain markas besar NSA di Fort Meade, TAO bertebaran di Wahiawa (Hawaii), Fort Gordon (Georgia), Pangkalan Angkatan Udara Buckley dekat Kota Denver (Colorado) dan San Antonio.

Bahkan TAO juga memperluas cabang di luar negeri. Menurut sebuah dokumen NSA, terdapat daftar para penghubung utama TAO berikut alamat surel (email) dan nomor telepon khusus, serta kantor penghubung di dekat Kota Frankfurt, Jerman. Lokasi persisnya berada di barak militer AS di Kota Darmstadt.  

Sejumlah unit cabang TAO di AS juga mencakup target di negara-negara lain. Contohnya, kantor di San Antonio menangani penyadapan di Timur Tengah, Kuba, Venezuela, Meksiko, dan Kolombia. 

Salah satu operasi terkenal dari TAO adalah proyek Stuxnet. Ini merupakan "cacing komputer" (worm) yang keberadaannya ditemukan pada Juni 2010. Virus itu proyek patungan badan intelijen AS dan Israel untuk menyabot program nuklir Iran.

Operasi ini berhasil karena membuat program nuklir Iran mundur selama bertahun-tahun setelah Stuxnet memanipulasi teknologi komputer yang digunakan di fasilitas pengolahan uranium di Kota Natanz. Sebanyak 1.000 sentrifugal di reaktor itu menjadi tidak berguna.

Unit khusus NSA ini juga memiliki tim riset khusus untuk menguji teknologi-teknologi baru yang baru dikeluarkan ke pasaran maupun yang masih diuji. Para staf di tim ini memiliki kemampuan luar biasa dalam mengoprek komputer dan membangun jaringan, mirip dengan tokoh Q dalam seri James Bond. 

Aksi Global

 
Aksi penyadapan yang dilakukan oleh agen intelijen Amerika Serikat (NSA) ternyata dilakukan secara masif. Hal itu terungkap dari dokumen yang dibocorkan oleh mantan kontraktor NSA, Edward J. Snowden.

Apabila dalam wawancara awal yang dilakukan Snowden dengan harian Inggris, The Guardian, pada Juni lalu, dia hanya mengungkap program NSA bertajuk PRISM yang memungkinkan NSA memantau semua aktivitas warga AS di telepon dan internet, perlahan dokumen yang dibocorkan oleh Snowden dan dimuat di media menunjukkan agen intel NSA tidak hanya menyadap komunikasi warga AS, tetapi turut mencuri dengar percakapan warga dunia.

Warga Spanyol pun yang notabene merupakan sekutu AS, ikut disadap. Harian El Mundo pada Oktober lalu menulis bahwa NSA telah memata-matai 60,5 juta nomor telepon di Spanyol periode 10 Desember 2012 hingga 8 Januari 2013.

El Mundo mendapatkan data ini dari jurnalis yang pernah bekerja di The Guardian, Gleen Greenwald. Dia mengatakan NSA hanya melacak durasi dan riwayat lokasi serta penelepon, tanpa menyadap isi percakapan.

Puluhan juta warga Prancis pun turut menjadi sasaran sadap agen intel NSA. Dokumen yang lagi-lagi bersumber dari Snowden dan dilansir harian Le Monde, menulis sebanyak 70,3 juta telepon warga Prancis telah disadap NSA dalam waktu 30 hari, terhitung tanggal 10 Desember 2012 hingga 8 Januari 2013.
Saking kesalnya terhadap isi pemberitaan itu, Menteri Luar Negeri Prancis, Laurent Fabius, sampai memanggil Duta Besar AS untuk Prancis, sebagai bentuk protes.

Namun, dokumen lain yang dibocorkan oleh Snowden jauh lebih mencengangkan, karena yang dijadikan target penyadapan tidak hanya warga biasa, tetapi sampai masuk ke ranah pemimpin negara. 

Laporan itu kembali dimuat di harian The Guardian, akhir Oktober lalu. Dalam laporan itu, dikutip sebuah memo rahasia yang diserahkan pria berusia 31 tahun itu. Isinya perintah bagi para pejabat senior beberapa instansi "pelanggan" seperti Gedung Putih, Kementerian Luar Negeri dan Pentagon untuk memberikan nomor telepon para politisi dunia agar dimasukkan ke dalam sistem mata-mata mereka.

Dalam dokumen itu, ditulis bahwa seorang pejabat AS memberikan lebih dari 200 nomor, termasuknya di dalamnya ada 35 pemimpin dunia. Tidak disebutkan pemimpin mana saja yang disadap, namun NSA disebut langsung melakukan operasi intelijen.

Aksi semacam ini bahkan rutin dilakukan oleh NSA. Dua pemimpin yang secara terang-terangan disadap dan murka akan aksi tersebut yaitu Kanselir Jerman, Angela Merkel dan Presiden Brasil, Dilma Rousseff.

Merkel mengetahui dirinya disadap setelah Majalah Der Spiegel memberitakan pada Oktober lalu, bahwa nomor ponselnya sudah masuk ke dalam daftar Layanan Kumpulan Data Khusus NSA (SCS). Bahkan, sejak satu dekade lalu. Dalam daftar itu, nomor ponsel Merkel ditandai dengan kode "Kanselir GE Merkel".

Namun, Der Spiegel tidak menyebut secara jelas apa yang disadap oleh agen NSA melalui komunikasi Merkel. Berang, Merkel pun langsung mengklarifikasi pemberitaan itu kepada Obama melalui telepon.

Hasilnya, Obama mengaku tidak tahu NSA telah menyadap komunikasi Merkel. Namun, pernyataan itu dimentahkan oleh harian Jerman, Bild am Sonntag. Di sana tertulis Obama sudah mengetahui soal operasi penyadapan sejak tiga tahun lalu, termasuk ketika dia berkunjung ke Berlin pada Juni lalu.

Sementara Rousseff kesal karena pola komunikasinya dengan dua penasihat utamanya disadap AS. Sebagai balasannya, Rousseff membatalkan kunjungan kenegaraan ke Negeri Paman Sam, yang semula dijadwalkan bulan Oktober lalu.

Menteri Luar Negeri Brasil, Luiz Alberto Figueiredo, mengaku telah meminta penjelasan tertulis soal laporan spionase tersebut. Saat itu Obama yang tengah dalam perjalanan menuju ke Rusia, mengatakan badan intel AS tidak mengintip isi surat elektronik atau mendengarkan isi pembicaraan telepon seseorang.

Kurang puas, Rousseff lantas meluapkan kemarahannya dalam forum sidang Dewan Keamanan PBB yang dihelat pada 24 September lalu. Di sana,  Rousseff secara tegas menyatakan Pemerintah dan warga Brasil mengaku tidak terima dengan sikap AS yang menyadap surel pribadinya. Alasan AS yang menyebut aksi penyadapan itu untuk melindungi Brasil dari serangan teroris, sangat tak berdasar.

Indonesia Disadap

 
Di setiap dokumen Snowden, tertulis, bahwa agen intel NSA tidak bekerja seorang diri. Mereka turut dibantu oleh agen intelijen dari empat negara sekutunya yaitu Australia (DSD), Kanada (CSEC), Inggris (GCHQ), dan Selandia Baru (NZSIS). Dalam sandi intelijen, kelimanya dinamai "five eyes".

Aksi penyadapan yang dilakukan DSD inilah yang membuat Pemerintah Indonesia berang. Bagaimana tidak, benua yang dianggap sebagai sahabat terdekat, pada tahun 2009 silam menyadap komunikasi ponsel Nokia E90-1 Presiden SBY dan Ani Yudhoyono. Beberapa pejabat tinggi pun, tidak ikut ketinggalan disadap juga.

Semua itu dimuat koran Sydney Morning Herald (SMH) dan The Guardian dengan lagi-lagi bersumber kepada bocoran dokumen Snowden. Menanggapi pemberitaan ini, Perdana Menteri Tony Abbott, malah bersikap arogan dan tidak meminta maaf.

Walhasil, Presiden SBY semakin kesal dan langsung memberikan serangan balasan. Duta Besar RI untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema, pada 18 November lalu ditarik kembali. Dua hari kemudian, Presiden SBY lantas membekukan sementara tiga bidang kerja sama dengan Negeri Kangguru. Salah satunya di bidang penanggulangan pencari suaka.

Merasa senasib dan sepenanggungan, Indonesia lantas bergabung dengan Jerman dan Brasil dalam menggolkan resolusi PBB soal anti spionase ke Majelis Umum. Di sini, Indonesia turut berperan sebagai co-sponsor. Delegasi Jerman dan Brasil telah bekerja untuk memasukkan draf ini di Majelis Umum PBB, menurut beberapa diplomat PBB kepada Reuters.

"Resolusi ini akan didukung penuh di Majelis Umum, karena tak ada yang suka NSA memata-matai mereka," kata seorang diplomat Barat di PBB yang tak mau diungkap namanya.

Walaupun resolusi itu tidak mengikat, namun memiliki bobot moral dan politik, karena bisa didukung oleh 193 negara anggota PBB. Impian itu pun segera menjadi kenyataan, karena Komite Hak Asasi Manusia (HAM) PBB pada Selasa, 26 November 2013 meloloskan resolusi hak privasi yang diajukan sebelumnya oleh kedua negara tersebut.

Duta Besar Jerman untuk PBB, Peter Wittig mengatakan ini merupakan kali pertama sebuah badan PBB telah menunjukkan sikap terkait HAM di dunia maya. Selain itu Wittig menilai resolusi yang diloloskan kemarin, memiliki pesan politik yang penting.

Dalam resolusi itu menekankan bahwa pengawasan yang dilakukan secara semena-mena dan tak berdasarkan hukum merupakan pelanggaran berat terhadap hak privasi.\



Sumber : Vivanews

47 komentar:

  1. Dekat dan condong kepada barat tak ada faedahnya.dari dulu kita sudah disadap tetapi petinggi.pejabat yg menyandang tugas selalu mungkir terhadap penyadapan.heheheheh susilo bambang yudoyono WHy YOu Dont Know kalo dari dulu kita disadap.kemanakah tugas Bin dan menhankam yg sibuk dengan urusan harta tahta wanita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susilo bambang yudoyono why you dont know kalo kita disadap.makanya jangan terlalu bangga dengan gelar satria salibnya.

      Hapus
  2. Jika tdk mau di sadap, para pejabat jgn suka lebay dgn memposting diri di tw, fb, and bbm. Sdh tau disadap lewat sna msh sja nekat.

    BalasHapus
  3. Indonesia diketahui juga melakukan penyadapan terhadap ribuan pohon karet. Wkwkwkwkwwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha ha ha ha ha ,,,,, komentar yang paling bagus dari semua komentar minggu ini !!!
      kakek gua aja ikut ketawa ampe batuk-batuk !!!
      Sadap menyadap didunia Intelijen itu biasa itu pekerjaan sehari-harinya intel !!! simak tuh pernyataan mantan kepala BIN pak Hendro Priyono ! gak usah diramaikan ,,, kata almarhum Gus Dur ,,, gitu aja kok repoooot,,,,

      Hapus
    2. mencuri tetep mencuri bro, harus diganjar hukuman...

      Hapus
    3. Sadap menyadap hal biasa bung, tp kalo ketahuan maluuu..makanya tepat langkah ina hukum aussie memang negara itu mestinya dihukum lebih setimpal dr yg sdh ini..terlalu byk menyakitkan ina..

      Hapus
  4. Salut buat presiden brasil dan pm jerman yg lbh tegas,kalau brasil lsg membatal kan pembelian pesawat tempur dr amrik,kalo pm jerman langsung minta klalifikasi sama obama.mantap dech...jumpa pemimpin yg tdk plin plan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salut juga buat presiden kita donk yg sudah memutus beberapa kerjasama vital dengan australi.

      Hapus
  5. ganti aja nama intlejen nya indonesia tu kok bin ,,bin itu artinya perempuan kwkwkwk jadi gak lugas??

    BalasHapus
  6. Di Asia Tenggara, negara yg kena sadap oleh USA lewat Australia emang ada yg tegas langsung tarik duta besar mereka dari Aushitt? Thailand, Vietnam, Malaysia, Timor Leste pada diem, berararti Presiden dan PM nya BANCI semua! PONDAN semua! lebih parah dr SBY. wakakaka,,,
    Melayu Malingsia malah lebih parah bgt, sok tegas gitu, pas diludahi inggris pada diam itu pemimpin dan pejabat mereka. Wkwkwk

    BalasHapus
  7. Mau tahu kenapa SBY/Indonesia disadap tahun 2009 ?
    Itu karena tahun 2009 SBY mewacanakan Undang-undang Minerba, yaitu yang melarang Ekspor bahan mentah, karena harus di olah dulu di Indonesia baru produknya bisa di ekspor, itu menyebabkan Freeport dan Newmount marah-marah,,, alasannya karena mahal untuk membangun pabrik peleburan di Indonesia,,, SBY juga beralasan bahwa dengan kebijakan itu, keharusan membuat pabrik pengolahan (Smelter plant) adalah untuk menciptakan lapangan kerja baru dan menaikkan pendapatan negara,,, hal itu membuat AS sebagai negara asal kedua pabrik itu marah-marah,,, karena mereka tahu, ALASAN sebenarnya dari SBY mengharuskan mereka mengolah bahan tambang mentah itu di Indonesia, adalah membuat mereka tidak bisa mencuri lagi,,, artinya ya kalau ijin tambang dikeluarkan untuk hasil tambang tembaga ya harus ekspor tembaga saja gak bisa curi emas dan uranium bahan nuklir,,, yang dulu sejak jaman ORBA dikirim masih dalam bentuk tanah dengan kapal-kapal ASING (Australia) yang diageni Keagenan ASING lewat Amamapare Papua sehingga susah ngontrolnya ! Kebijakan itu akhirnya diberlakukan kemarin 1 Januari 2014.
    Yang membuat pihak Barat tambah geram, adalah PEMBUBARAN BP MIGAS,,, karena BP Migas itu disinyalir terlalu Pro ke Barat,,, kebijakan-kebijakannya menguntungkan perusahaan-perusahaan migas BARAT,,, ingat Dirjen Migas baru dibekuk KPK.
    Itulah yang membuat SBY di sadap habis-habisan karena mereka ingin tahu berhasil nggak lobi-lobi mereka untuk membatalkan UU Minerba tersebut.
    Begitu juga politik beli dan keharusan TOT kapal selam dari Korsel, adalah karena Indonesia tahu bahwa Korsel akan dapat masalah dari Jerman terkait dengan ijin TOT nya. Bersamaan dengan itu Indonesia gencar memberitakan akan beli Kasel KILO dari Rusia,,, karena apa? karena tahun 2006 Indonesia gagal beli Kasel KILO akibat tekanan dari AS agar Indonesia membatalkan rencana itu,,, karena alasan AS para negara tetangga Indonesia sendiri pada kuatir hal itu bisa menghilangkan keseimbangan di ASEAN. Jadi sekarang ini, kalau Korsel gagal memperoleh ijin TOT dari Jerman maka tidak ada alasan mereka (pihak Barat) menahan Indonesia untuk beli KILO,,, sebaliknya kalau Korsel berhasil dapat ijin TOT dari Jerman maka Indonesia dengan TOT itu jadi negara ASEAN pertama yang bisa bikin Kapal selam, nah ini tentu lebih parah bagi Barat karena dengan bisa buat sendiri pihak Barat jadi lebih susah memonitor Indonesia dibidang Kapal Selam ini,,, Indonesia bisa membeli puluhan Kapal Selam eks Rusia yang tua-tua dan memodifikasi sendiri,,, seperti terbukti apa yang dibuat oleh TNI AL dengan 6 Fregat tua kelas Ahmad Yani yaitu berhasil mengganti Mesin Induknya dan lebih parah lagi bisa menginstall rudal Yakhont yang membuat tetangga jadi terkejut. Ini yang tidak banyak diketahui oleh publik, Indonesia itu pintar sinetron,, 6 fregat itu kelihatan tua (lebih dari 40 tahun) tapi mesin dan sistem navigasi, radar dan rudalnya canggih,,,.
    Itulah kawan-kawan,,, jangan terlalu memandang enteng Negaramu sendiri ,,, ada banyak perang intel perang politik yang tidak diketahui publik.
    Sekarang,,, info terakhir,,, Yakin nggak bahwa Indonesia cuma punya 16 unit sukhoi???
    Australia saja sudah curiga,, di blog mereka malah curiga Indonesia sudah punya SU 35,,, karena menurut mereka SU 35 itu cuma pengembangan dari SU 27 + dengan paket-paket baru dibidang persenjataan dan sistem radarnya.Wallahualam deh kalau ini,,,,

    Hidup NKRI !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ulasan yg bagus gan, ane suka analisis agan,,,,
      maju terus Indonesia, Bravo TNI...

      Hapus
    2. wow... air tenang menghanyutkan, ternyata bukan hanya sekedar peribahasa ya...

      Hapus
    3. ulasan anda menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme bahkan idealisme bagi bangsa dan negara indonesia Gan...

      Diantara 16 sukhoi..dan 6 yg dtg trakhir , saya yakin batch terakhir ada terinstal su-35 nya gan...secara indonesia suka gado" hehehehe

      Hapus
    4. waaah ano 02.21 kok dibukaaa?
      biarin aja publik indonesia sendiri menganggap enteng TNI nya sendiri, karena itu bagus buat propaganda terbalik... musuh jadi memandang enteng kita.
      Ada pepatah di ilmu bela diri silat, kalau musuh berhasil dikecoh dan memandang enteng kita, maka 50% perkelahian sudah kita menangkan. Ini malah dibuka .... wah sampean itu bagaimana ciiiiiii ?
      capek yaa tiap hari membaca alutista kita sndiri dihujat oleh rakyatnya? hahahahaha

      perkembangan proyek rudal nasional kita jangan dibuka ya bang !

      Hapus
    5. ini lagi berita A-1 malah diturunkan, jangan di buka semuanya, kita tahu kalao TNI punya BNV saja di sembunyikan,nah ini mas yg satu malah di buka,

      USA,OZ,SGP & MLS selalu ngecek blogs" militer dimari mas,jadi jangan di buka secara umum,

      yang menghujat NKRI entar juga dapat imbasnya.
      Mereka tidak bakalan percaya kalao kita sudah punya BNv.

      Hapus
    6. Alahhh omong kosong semua.omdo

      Hapus
    7. tenang, kan teknis nya tetep misteri.

      Hapus
    8. MALAYSIA akan beli F-35 mengikuti Singapura: nih berita di quote dari Malaysia Defence:
      “The sale of F-35s to Japan and South Korea – America’s two leading industrial allies in northeast Asia means the F-35 is now becoming the gold standard for tactical aircraft across the western Pacific,” he said. He said Singapore would likely follow suit with its own orders, followed by Malaysia and possibly New Zealand.

      Untuk ano 06.10,,, kalau Malaysia nggak omong kosong yaa?
      kalau bangsamu sendiri pasti omong kosong ya !

      Hapus
    9. ano 02.21 ulasan anda saudaraku sebangsa, penilaian positif anda luar biasa, cukup bagus masukan bagi kita semua untuk melihat sisi baik negeri kita sendiri. membangkitkan rasa nasionalisme...mantaps....Jayalah NKRI

      Hapus
  8. tu yg bangga ga keruan mcm org meracau dlm tdr,alutsista tni tuh ga ada yg dirahasiakan..yg ada itu ya itu yg ada,omong kosong semua yg ano 02.21 dan down linenya uraikan,segala tni dah punya su35,mo bli kilo lah dll,hwbnya preeeeett..lu keracunan tempe bongkrek ya sampe kaya org amnesia gtu,leopard br dtg brpa biji aja dah hebohnya buat malu bgt,super tucano aja dibanggakan,f16 loakan,su27/30 udah boros dan ga lama lg jd brg kelas krupuk krn singapore/malaysia/australia bakal punya f35 lightning..indonesia ga bakalan mampu bli bgtuan,ada jg brg hibah/brg bekas dgn teknologi jaman baheula,dah itu blh hutang..
    Kebayang gak lu seandainya malaysia pura2 merasa menjadi korban penyadapan sm seperti indonesia,agar aksi spionase mereka terhadap indonesia tersamarkan,byk org indonesia yg bekerja di malaysia dan itu menjadi momentum yg baik buat malaysia merekrut org indonesia utk menjadi mata2 mreka..klo itu bner2 terjadi,gw angkat topi salam hormat buat malaysia,salut!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukarno pada masa perjuangannya juga mengalami orang-orang yang pesimis, sarkastik, sinistik terhadap IDE mempersatukan dan memerdekakan Indonesia dengan mengusir penjajahan Belanda agar Indonesia menjadi SETARA dengan negara lainnya didunia, tetapi sejarah mencatat beliau jalan terus, hasilnya ya dengan segala kekurangannya Indonesia berhasil berdiri sebagai negara merdeka.

      Anda ano 15:08 adalah jenis orang-orang yang dulu dihadapi oleh Bung Karno !
      Selalu pesimis, sinis, sarkastis, dan mendewakan negara lain dan membusuk-busukan negaranya sendiri !

      Orang Papua, Aceh, Ambon, saja yang punya ganjelan terhadap pemerintah tidak sesinis anda bicaranya ,,, kenapa? gak keterima ngelamar PNS atau proyek bisnismu dibatalin, atau ada keluarga teman yang di tangkap KPK yaaa??? kok kayaknya benci banget dengan negaranya sendiri ???

      Hapus
    2. Anda yg sako bin mabuk bin keracunan bongkreeekkk...

      Hapus
  9. Hati-hati kawan-kawan,,,
    Sejak lama Pihak Barat dan kawan-kawannya melancarkan perang asimetris terhadap Indonesia, mereka masuk disemua blog Indonesia, mereka mengangkat masalah untuk mengadu-domba, meningkatkan ketidak puasan, orang-orang itu terdiri dari orang Malaysia, singapura, Australia dan bahkan orang Indonesia sendiri,,, ada yang tinggal di Indonesia terutama di kota-kota besar dan ada yang melancarkan semua gerakan itu dari negaranya masing-masing.
    Hati-hati ,,, terutama menjelang PEMILU,,, ada yang coba mendulang ikan diair keruh ,,, tidak usah terpancing biarkan saja tidak usah dijawab ,,, karena dengan tidak dijawab maka usahanya kandas sendiri,,, paling-paling oknum tersebut ditempelengin sama atasan Bule' nya ! udah makan dolar gak berhasil ,,, akakakakakakakak

    BalasHapus
  10. Tuh berita tgl 6 Okt 2011, Jakarta Post ! ano-ano yg gak percaya ,,, simak baik-baik berita 2 tahun yang lalu, yang melaporkan tentang apa yang dibeli Indonesia tahun 2007 !!!!!! kalau ga bisa bhs Inggris tanyalah sama yang tahu! capek gw baca komen ano-ano yg nyinyir !

    In 2007, Soeryo Guritno helped to broker an arms deal between Indonesia and Russia worth US$5 billion.
    As part of the deal, Indonesia will purchase 16 Sukhoi SU-35 jet fighters, eight Sukhoi SU-30 jet fighters, eight Sukhoi Su-27 jet fighters, two secondhand submarines and several helicopters.

    udah puas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan testinya di kasih seram dikit byar malay bangsat tekencing di celana....

      Hapus
    2. Gan...kencingnya malay bukan di celananya...tu dimulutnya kamu...

      Hapus
  11. 15.01 malay bangsat, negara maling gak tau diri, 2020 malay akan musnah dari peta dunia akibat diserang nuklir karna suka maling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maling...maling....maling.....wong maling ya teriak maling!

      Hapus
  12. bangsa besar tp berjiwa kerdil,jika kenyataan mmg nagara lain lbh baik dr indonesia mengapa harus marah dan uring2an,singapore punya kepentingan atas indonesia krn mereka byk menanam investasi di sini,bgtu jg malaysia punya hak2 yg kuat terhadap investasi2 yg mereka tancapkan di indonesia..malaysia raja nya perkebunan di indonesia selain dgn petronasnya,mereka jg memiliki jaringan telekomunikasi di sini,1jt lbh tki mereka pekerjakan(hebat tenan)bgtu jg singapore dgn menguasai jaringan komunikasi dll...negara yg jauh lbh kecil saja bs mendikte indonesia yg "katanya" bangsa besar..
    Seharusnya kita byk belajar hal2 yg baik kpd mreka,knpa hrs malu hehe
    Dua negara tsb memiliki rakyat yg mau di atur,kesadaran tinggi,ga byk nuntut,kriminalitas sgt kecil,jln raya teratur ga ada kata macet,bersih ga ada sampah berserakan,liat aja bandaranya bandingkan antara CHANGI,KLIA sm soetta/kuala namu dll..jauh lbh okkeee CHANGI dan KLIA,ga ada calo atau taksi gelap,bandara sbg pintu gerbang adlh cerminan kemajuan sebuah bangsa..
    How about indon? Tunggu sekejap yeeh,i nak ke tandas dulu br bahas soal indon hahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kami bangsa Indonesia saling menguatkan semangat Nasionalisme diantara kami sendiri, APA URUSANNYA DENGAN KALIAN BANGSA BUDAK INGGRIS ?
      Kalau kami banyak kelemahan selama ini BUKANKAH BANGSA KAMU JUGA PUNYA ANDIL KARENA MENJALANKAN POLITIK ASIMETRIS BARAT TERHADAP KAMI SELAMA INI SEHINGGA KAMI SELALU KETINGGALAN DALAM MEMBANGUN?
      SUBVERSI EKONOMI DINEGARA KAMI SELALU DIMOTORI SINGAPURA !
      SUBVERSI POLITIK & TERORISME ISLAM DIMOTORI OLEH KALIAN MALAYSIA !
      SUBVERSI POLITIK & PEMBERONTAKAN DAERAH KRISTEN SELALU DIMOTORI OLEH AUSTRALIA !
      KALIAN MEMANG BANGSAT-BANGSAT COMMONWEALTH TIDAK MAU MELIHAT KAMI BERJAYA !
      Don't pretend to be more civilised than us dude ! your time will come that you will experience a revolution in your own country, it's a time bom waiting to explode !
      stupid Malay ! when it comes we Indonesian will be very happy again to assist you stupid Malays to fight against the non Malay there ! jeust the same as we have assisted you with your first ellection by sending Javanese people to wind your ellection ! you stupid moran!

      Hapus
    2. Kamu ngomong apa gan?...beiuh, bieuh...pusing!

      Hapus
    3. Ayoo...klau udah dinasihatin...mau ikut nggak?

      Hapus
  13. Melayu Malingsia itu rakyat sperti katak dalam tempurung. Tahu kenapa? utang luar negeri sdh 65% PDB tapi itu rakyat msh adem ayem ekonomi stabil. Stabil karena defisit ekonomi ditutup dan ditambal dgn utang LN.
    Melayu malingsia jg konon negara islam, muslim, syariah, tapi judi jd halal, ternak babi besar, jadi anjing kafir inggris jg rela, dan chow kit mkn besar aja ( Dolly tutup, chow kit tambah besar). Memalukan Islam aja ini negeri jiran, tunggu laknat dr Allah SWT...negeri munafik musryk malingsia!

    BalasHapus
  14. ikut kemana coy..udeh ketauan dgn mata telanjang klo org2 indonesia byk yg mencari sesuap nasi di negri jiran dan negara2 lain,cm malaysia yg mau tampung tki sampe 1jt lbh..klo mmg indonasia hebat dan bangsa besar yg kaya sumber daya alam,sdm jg hebat2..kenapa jutaan org indonesia mencari mkn hrs ke negri org,cb you yg jago omdo panggil plg jutaan tki dan kasih mereka lapangan kerja,itu br bangsa hebat dan bs membusungkan dada..ini pengangguran meningkat,phk dimana2 krn rakyat jg yg ga tau diri minta gaji tinggi pdhl kelas cm buruh,wah klo malaysia,singapore,australia,jepang,korea,china menghentikan investasi nya di indon ditmbh semua tki di deportasi..maka kiamat pertama kali akan menimpa indonesia,kelaparan dimana2,kriminalitas tertinggi didunia,perang saudara,demo dimana2,bencana alam silih beganti..

    BalasHapus
  15. TKI itu kerja bkn maling, kerana tabiat maling hanya milik MALAYSIA. TKI bkn orang lembik melayu malingsia, etos kerja mereka tinggi, sayang itu negara kl mau usir mereka.
    Di mata Allah dan negara dunia, derajat, harkat, dan martabat orang Indonesia dan Malingsia beda jauh bro.
    Malingsia menghalalkan judi, menggiatkan ternak babi, menghambakan diri pada kafir, belum merdeka lg, ya jelas di mata Allah dan orang muslim dunia sgt rendah. Ibarat orang munafik musyrik mau masuk surga?! merdeka aja dl deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa bedanya ?...kok kamu nggak tau sapa malingnya di malaysia..TKI kamu itu..merampok, merogol, larikan anak gadis, membunuh...ngomongnya kayak kiyai..

      Hapus
  16. justeru islam di indonesia yang banyak sangat menyimpang daripada ajaran agama,islam indonesia menjadikan islam global rosak..malaysia punya casino tp tak boleh rakyat malaysia yang bermain,cuma pelancong dari luar,dan pelancong gambler terbanyak adelah orang indonesia..
    Perempuan penjual puki justeru datang dari indonesia,banyak perempuan indonesia tampak sholeha menggune hijab tapi mereka boleh jual puki RM50,samseng nye juga orang indonesia,orang indonesia menjual bangsanya sendiri banyak sangat,tu lah bangsa yang tak cinta kan bangsa nya sorang!

    BalasHapus
  17. komen provokasi indonesia malaysia basee...

    BalasHapus
  18. goe saranin deh buat klian yg coment jelek"in sesama muslim supaya baca sahadad lgi tkut nya klian udh kluar dri agama islam tanpa klian sadari,klu mau coment jgn bwa" islam, agama islam terlalu suci untuk klian yg pada jelek"in sesama islam smga Allah mengampuni klian'klu mau comen tentang militer aj gk usah bwa" agama islam


    slm militer buat loe smua goe respect ma loe smua

    BalasHapus
  19. ASyU asyuu do cocotan djancukkkkk..
    Njalok di bedil ndasmu tha koen...
    pUQi ayam...chibay kabehhh malaysiaaa

    BalasHapus
  20. Malaysia, Singapura dan Australia itu sama-sama diberi tugas oleh BARAT sebagai negara anggota COMMONWELATH ,,, untuk melemahkan Indonesia yang bisa jadi potensi ancaman!

    Malaysia itu memang disuruh membuka pintu bagi orang Indonesia MUSLIM,
    Singapura disuruh membuka pintu bagi orang Indonesia CINA,
    Australia itu disuruh membuka pintu bagi orang Indonesia KRISTEN,

    Coba bayangkan kalau negara-negara itu menutup pintu bagi orang Indonesia semuanya (MUSLIM+KRISTEN+CINA) ? maka orang Indonesia akan TERKUCIL seperti pada jaman Sukarno,,, apa akibatnya? maka orang Indonesia akan jadi MILITAN, akan tumbuh NASIONALISME karena dikucilkan,,, nah mereka pihak BARAT tidak mau hal itu terjadi,,, karena biasanya bangsa yang dikucilkan akan menjadi seperti IRAN dan KOREA UTARA ,,, malah lebih susah diaturnya ,,,, paham kalian semua??? jadi Malaysia, singapura dan asutralia itu memang bertugas untuk membuat rakyat indonesia itu tidak militan walaupun dalam hati singapura, malaysia dan asutralia itu BENCINYA setengah mati ke bangsa kita !!! cuma kekayaan alam kita itu luar biasa besarnya dan itu Barat berusaha agar tetap terbuka bagi mereka,,,,

    Bagi kalian orang Malaysia Singapura dan Australia,,, jangan kalian pikir bangsa Indonesia itu cuma bisa maki-maki marah dan frustrasi dengan kata-kata kotor saja karena gampang kalian pancing ,,, masih banyak bangsa kami yang berdarah dingin dengan tersenyum melihat dan membaca politik-politik kalian yang kotor ,,, dan menunggu saatnya !!! akakakakakakak

    BalasHapus
  21. cakap boleh tak de batas tapi tak bermakna ape ape,tak nak mengakui kekurangan diri padehal tak pule ade kelebihan..adepun kelebihan hanya kirim tki untok menghambakan diri dangan tuan tuan di malaysia dan dimane negara,nak cari makan pun macam ayam belum dapat umpan,sampai akhir zaman indon dah menanggung takdir sebagai bangse penghamba,yang laki boleh jadi pencuri,bandit yang perempuan jadi penjual puki di mana nagara hhahhahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano malaysia 18.32. komentar sakit hati. emang benar negara kami carut marut, banyak miskin sampai jd TKI ke negara anda, itu benar adanya. Tapi kami akan berusaha terus maju untuk suatu saat bisa berjaya, secara ekonomi dan teknologi. karena tidak meratanya pendidikan yang memadai bagi bangsa kami maka seperti inilah jadinya. namun ini akan menjadi PR bagi kami semua Bangsa indonesia untuk bangkit, mengembalikan rasa perjuangan, nasionalisme tinggi seperti awal bagaimana bangsa kami merebut kemerdekaan dari kaum penjajah. anda juga jangan menutupi kenyataan bahwa dulu negara anda mendatangkan para guru dari indonesia untuk mengajari anda, dan jangan menutupi kenyataan juga bahwa negara malaysia adalah negara pemberian Inggris. anda tidak memiliki sejarah perjuangan merebut kemerdekaan seperti kami bangsa indonesia berjuang. sekalipun kami miskin tapi kami bermartabat,. Kita tunggu saja bagaimana kedepannya, anda bisa melihat indonesia berjaya....

      Hapus