Kamis, Desember 12, 2013
44
MOSCOW-(IDB) : Russia will soon start developing a prototype of an advanced lightweight fighter jet to supplement fifth-generation T-50 aircraft, a top government official said Wednesday. 

The new aircraft is expected to be cheaper to produce and easier to maintain, but should also possess combat capabilities and performance characteristics comparable with those of heavy-class aircraft.

“The development of a light-class fighter has been included in the current arms procurement program. It will be created,” said Deputy Prime Minister Dmitry Rogozin, addressing the lower house of parliament.

Rogozin, who oversees the defense and space industries, said light-class fighters were in greater demand abroad, compared to more advanced heavy-class aircraft, such as Su-30 or the planned T-50 fighter jets.

Russia is currently developing the heavy-class T-50 multirole fighter aircraft, also known as PAK-FA, which will be the core of the country’s future fighter fleet.

The T-50 is expected to enter service with the Russian air force in 2016.
Rogozin, who first voiced the idea of developing a second type of a fifth-generation fighter in February 2012, said Wednesday that Russia has always had at least two types of tactical fighters that in general supplemented one another.

The latest example is a MiG-29/Su-27 pair.

Rogozin did not specify which of Russia’s two main designers of combat jets – MiG or Sukhoi – will be assigned the development of the future light-class fighter.




Source : RIA

44 komentar:

  1. Belum ada kata terlambat pak pur, buruan dibelokin aja kerja sama dgn korsel, bil ke russia, indonesia siap ikut pendanaan pengembangan ini peswat, kl udah jd indonesia mau ambil 10 skuadron, 3 skuadron dibuat di russia, 3 sku dirakit di indonesia, 4 sku dibuat di indonesia

    BalasHapus
  2. STOOP ...STOO PROYEK KFX YG KQMI DENGAR SUDAH MAKAN DANA TRILIUNAN , ALIHKAN KERJA SAMA PROYEK ( RUSIAN LIGHT CLASS FIGHTER ) LEBIH YATA BERGURU YATA 2... PUYA REPUTASI HEBAT DI BIDANG BELLA NEGARA .....KQMI ANAK BANGSA BICARA FAKTA BUKAN GIBULLL LAYAKNYA PEJABAT BUSUK .

    BalasHapus
  3. hebat anya kayak apaa ?... seumpama kerja sama proyek light fighter class . ada nama indonesia nya huh....bangga dan bahagia sudah yata . proyek jet tempur baru besutan berung merah bermesin tunggal , sudah di pastikan murah perawatan gampang di terbangkan tampa embel embel embargo . itu kalau peminpin kita cerdik dan berani melangkah buat nex generasi berikutnya jadi negara mandiri di eraa 10 tahun mendatang .

    BalasHapus
  4. Kasih batas waktu korsel utk kejelsan proyek KFX / IFX ini urusan pertahanan berarti menyangkut keselamatan dan kewibawaan negara bukan urusan perdagangan atau urusan tukar menukar kebudayaan yg waktunya bs ditunda2, kl mrk tidak mau menjelaskan batas waktunya, alihkan dana pengembangan pengembangan pespur tsb ke russia, ajak mrk utk kerja sama hakul yakin pasti mrk mau dgn pembelian besar2an pespur ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane stuju pendapat ente.. Drpd menunggu proyek korsel yg serba plin plan apalagi dibelakang korsel ada amrik yg selalu ingin melucuti kekuatan pertahanan kita seperti embargo pd masa lalu dan pasti ada kaitannya dg politik mreka.. Hati2 utk pak pur dan para pengambil kebijakan negri ini.. Kita hrz pintar membca strategi bulus amrik+kroninya.. Memang kita butuh kemandirian tp kita jg hrz waspada jgn sampai terjebak dlm kelicikan amrik plus kroninya..

      Hapus
  5. Ambil peluang ini pak pur, light fighter itu pasti untuk training sebelum menggunakan Pak-FA 5th generation. Sudah bosan rakyat Indonesia melihat bangsa kita dikadalin korslet, assuie, malingsia, singawur..

    BalasHapus
  6. Kalo pemimpin kita jeli memang harus ambil jin production light fighter russi ini.. pasti 2016 sdh produksi.. kalo ifx 2024 lama amat.. saya mencurigai kfx/ifx lebih merupakan rencana jangka panjang amerika dan sekutunya melalui tangan korea agar indonesia jng terlalu cepat mandiri di pesawat tempur.. diulur2 dan akhirnya tdk jadi.. waspada.. waspadalah.. kata bang napi

    BalasHapus
  7. maap bro, yang KFX tetep dilanjutin, gak enak kalo dibilang kita ngeblok negara timur, buat decoy aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. korea bisa apaa tampa america ?.... semua mesin desain jet tempur latih t50 buatan nort gruman . apalagi proyek kfx suram dan gak jellas ujung rimbanya tunda keluar masuk lemari tampa sebap itu proyek hoaak . sudah gak bisa di harapkan buat ke mandirian bangsa indonesia buat apa buang 2 harta tampa jaminan non ...embargo kita bicara fakta ke depan . bagusan buat belli bibit beras bersembada pangan lebih yata bikin negara tahan embargo .

      Hapus
    2. Decoy??...kalo gratis gak keluar duit & punya backup plan boleh aja... lah ini udah keluar duit, realisasi digantung, gambar design blum fix, dan kapabilitas korsel bikin pesawat belum terbukti.
      Kalo orang waras & punya niat baik pasti pilih partner development yg sudah terbukti kemampuan produksi pesawat macam Rusia ini.... Alasan ngeblok ke timur?? Bilang aja sekedar kerjasama teknologi demi pembelajaran tenaga ahli Indonesia...gitu aja repot!!

      Hapus
  8. kalau kerja sama ama K POP OKEE sajaa...bahenol hhh....kalau kerja sama ama tukang sadap jangan harap lancar dan sukses ...
    korea licik nya mintak ampun brooo....besan beyee...3 tahun lampou , hotel tempat menginap di cak ..acak ....intel 2... agent korea . yg heran pemerintah sekarang pura 2... lupa demi harta dan upeti . kerja sama ama korea patut kita pertayakan ?.... para ilmuan pt DI malah jadi guru di korea , ini kan gak lucu kerja sama ama negeri tampa pengalaman sama sekali di bidang dingantara yaaa ....hasilnya bisa di liat sekarang . harta amblas kita yg gajari mereka korea . beda kalau kerja sama dengan foto di atas reputasi di bidang jet tempur class wahit siapa sang legenda peluru kendali terbang MIG 21 ?.... mikoyan bukan . america pun lahirnya F16 yontek MIG 21 buat menandingi sang ...mesin tunggal mig 21 .
    sudah di pastikan foto di atas ahir 2014 terbang brooo....jadi sebelum terlambat cepat putar haluan alaa...brasil ...gara 2 di sadap di cancel pemebelian f18 super hornet .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia ini ibarat orang badannya aja yang gede bongsor tapi mental (para pejabat) kerdil gak ada nyali sama sekali. anak sd pun tau siapa teman sejati siapa musuh dalam selimut bahkan ancaman pun jelas. lha korsel itu pionnya amrik, apa kata amrik pasti mereka ngikut lha amrik dan sekutunya terutama yang ada disekitar indonesia gak akan membiarkan indonesia ini menjadi negara yang mandiri yang besar dalam arti yang sesungguhnya, kok gak mikir ya.. apa karena dollar ... sedih aku jadi rakyat indonesia..

      Hapus
  9. Putar haluan tot ama uncle bear

    BalasHapus
  10. ...pak pur..pak pur...

    BalasHapus
  11. Begoo u semua org lg pd mikirin musibah bintaro malah ngebahas negara korea dan Rusia! Dmn otak u semua??!!gw bubarin baru pd nyaho u pada tong!!by H.Nonok

    BalasHapus
  12. Emang rusia cari rekanan untuk proyek ini? Emang negara kita diajak kerjasama diproyek ini? Benar kata pak habibie, "bikin jet tempur kok sama korea?" Hasilnya ya kayak gini, desain c101,c102&c103 belum dilanjutkan malah bikin desain lagi KFX-E.

    BalasHapus
  13. dana mending dibelokin ke rusia....dijamin pasti jadi....kfx program gak jelas...korea juga cuma tukang jait doang.....rusia battle profen.....ini bisa jadi workhorse stealth....heavy pakai su35bm/pakfa

    BalasHapus
  14. apalagi itu udah termasuk pesawat 5th Generation satu mesin dan punya kemampuan stealth... yang pasti masih heran aja kalo mau nerusin project yang gak pasti

    BalasHapus
  15. Batalin kerja sama dengan korsel !! Beralih ke rusia !! Lo lo pd pra pejabat yg tdk punya hati nurani menjual bansa dan tanah air untuk kepentingan sendiri

    BalasHapus
  16. Taruhan yuk...mana mau pindah ke rusky....kl sdh ganti presiden baru mungkin bisa....

    BalasHapus
  17. pakistan berani melangkah ke depan kerja sama dengan cina jf_17 fighter sucses tampa halangan dari barat asal peminpin kita ada kemauan menuju ambisa yata kendepan . indonesia harus melengok ke level lebih tinggi " mikoyan fighter class , terbaru bermesin tunggal lebih yata sudah di prediksi canada barat proyek fighter class 80% bakal sucses mengigat reputasi mikoyan dalam pembuatan jet tempur bermesin tunggal tidak di ragukan lagi contoh sang...legenda mig 21 . cuma kalau kita mengharap pemerintahan sekarang segera bertindak cepat yaa...sulit dan tidak mungkin bagus tunggu pemerintahan baru asal bukan besutan orde baru dan punya kualitas pastilah negeri nan...kaya luar biasa pasti bisa melangkah ke depan mirip ibu kota jakarta sekarang pembenahan yata sudah keliatan hanya dalam jangka 1 tahun . pemguaran sama pembangunan lebih yata karna tidak di krupsi iru ajaa..sih !!

    BalasHapus
  18. Pada komen ga jelas. Itu tulisannya russia ngembangin pesawatnya sendiri bukan ngajak joint kok pada ga nyambung dah malah nyalain pemerintah dan korea. Kalo kata gw sih positif aja soalnya kan ini project teknologi tinggi jadi semuanya butuh waktu dan satu lagi russia itu sama aja pelitnya dalam berbagi teknologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelit karena zaman ORBA GIMANA? Terus penerus sekarang rata" lulusan mana? Mikir dong om ruskie.

      Hapus
    2. Bukan masalah orba tapi emang mereka terkenal pelit. India aja masih suka kadang di kadalin sama russia. Kaya kasus pembelian kapal induk aja harganya melambung terus. Saya sih setuju aja kalo kita kerja sama sama russia dalam pengembangan pesawat tp masalahnya tawarannya kerja sama datang dari korea bukan russia dalam pengembangan pesawatnya.

      Hapus
    3. Mas bro boong aja kl kita mau partisipasi minimal 40% dr biaya R&D pesawat ini ditambah iming2 pembelian minimal 50 unit kl pesawat ini jadi, pasti russia mau kasih full TOT ke kita, coba dihitung scr hitung2an dagang, barang belum jd udah ada yg berani mau beli, kl saya saya kasih

      Hapus
    4. lu pade ngomongin apa sih? gak jelas..!!

      Hapus
  19. kerja sama korea dengan hasil gambar doang ....habis truliunan . itu duwit rakyat loh... harus di pertanggung jawapkan . negeri ini sudah di kusai maling kita bicara fakta kalau kalian gak teliti bisa berakibat fatal bubar ....
    hutang selama selama beyee...berkuasa melambung gila 2... an hampir $100 milyar lebih alias rp 1000 teiliun lebih apa gak gawat ....ahirnya tahu sendiri sekarang rupiah terjun bebas seperti sampah akibat salah kelola dan di jebak asing barat . negeri sudah dalam bahaya akibat ulah besutan orde baru yata serakah dan gak tahu malu ..

    BalasHapus
  20. Hanya presiden yg tegas...idealis, berani yg mampu kembalikan bangsa ini....nasionalisasi SDA baru bisa membayar hutang2 tsb.........siapalg kl bkn PBW

    BalasHapus
  21. rusia sudah wellcome membantu project air fighter indo, baik kemandirian pembuatan pesawat maupun pertahanan udara. Indo aja yang OON.., malah milih negara GEJE. sekarang baru tau rasa.

    BalasHapus
  22. pleas damai..znxan pd brantem..KFX emang terlalu berlarut-klo boleh usul mesti secepat nya dialihkan ke program JAS39GRIFEN next generation..

    BalasHapus
  23. Coba perhatikan baik2 Berita ini.. Tahun 2016 diharapkan Light Fighter ini masuk jajaran AU Russia. nah di Tahun yang sama yaitu 2016, IFX kita selesai & masuk Jajaran TNI AU.?? pada mikir kesini gk arahnya.? spt ada sesuatu gak tuh antara IFX sama Light Fighternya Russia.?
    makanya, klo pd mau komen itu dipikir dlu dalem2 bahasan nya.. jgn asal ngebacot gk tentu arah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. entee ano 11.38 anda bicara buta akan informasion atau masuk bicara garang ...garang...kfx itu proyek gak jellas ujungnya kok 2016 terbang ?.... proyek kfx di lanjutkan lagi 2024 baru tahap uji terbang itu pun kalau berjalan normal tampa ada interfersi yg punya tehnologi north gruman . lah anda aturannya mikir negaramu di kuasai maling dari saman kami lahir iyaaa...toh !

      Hapus
    2. mudah" aja IFX dapat sentuhan teknologi rusia biar PT DI secepatny bisa produksi masal...

      Hapus
  24. Jangan Bikin Yang KW Terus dunks,Sekali-kali ngeluarin dana besar-besaran buat proyek pertahanan yang bagus,dari pada ngeluarin dana besa-besaran buat ngurusin politik dan kepetingan golongan doank...:):d

    BalasHapus
  25. Ano-ano ini gimana seh, dari dulu tuh yang battle proven ya alutsista amrik, di afghanistan pespur dan heli rusia dihajar habis sama stinger amrik, di irak tank2 rusia habis dihajar abram dan warthog, di georgia tank2 rusia habis dihajar RPGnya sendiri, di Suriah tank dan pespurnya rontok dihajar RPG dan stinger amrik, mig 29 belum pernah menang lawan f-16, su 27/30 blum pernah menang lawan pespur amrik,di belahan dunia manapun alutsista rusia selalu kalah, kok pada fanatik buta gitu, yg realistis saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sob...ente kemakan propaganda media mainstream barat... coba ente cari berita media2 independent yg pemberitaannya berimbang & gak pro barat... Kalo jadi pengamat cari narasumber jgn nanggung!

      Jelaslah barang2 amerika battle proven, lah emang mrk yg setup panggung konfliknya... selain didukung propaganda media barat yg membuat seolah2 langkah amerika & sekutunya paling bener sedunia!! mana pernah ada istilah mrk jadi pecundang, mrk selalu diposisikan jadi pemenang...

      Hapus
    2. Bener bro ameika emang jago nya bikin alat2 perang kita sedunia emang ngakui koq tuh lihat rambo 1-4 nggak mati2, captain amerika, american ninja 1-7 juga nggak kalah2 kwkwkw

      Hapus
  26. Mestiny Indo lgs kerja sama dgn Ruski, kayaknya lebih mantap, dari segi teknologi dan pengalaman lalu digabung dgn kemampuan anak bangsa, jg lebih bebas intervensi. Potensi terbesar menjadi musuh negara adalah amrik dan teknologi Ruski bisa mengimbanginya..

    BalasHapus
  27. Peralatan perang tergantung kehandalan dan kepintaran manusia yg menjalankannya. Pesawat tempur kita yg lbh tua bisa mempercundangin pesawat tempur aussie yg lbh modern. Pesawat sukhoi kita jg pernah mempercundangi hornetnya aussie.

    BalasHapus
  28. Fakta: Rusia kalah di afganistan karena pejuang mujahidin dipasok senjata dari amrik, stinger amrik merontokkan 118 pespur rusia (sementara dari koalisi hanya kehilangan 1 buah F16 milik pakistan, 5 buah F16 dan 2 warthog milik AS yang ditembak SAM rusia), 333 helikopter serbu dan heli serang (kebanyakan ditembak Stinger dan RPG), 147 tank berbagai jenis hancur (sebagian besar type T55 dan T62) karena RPG, Stinger, ranjau dan ATGM amrik (dari pihak koalisi kehilangan 28 tank tipe yang sama), 1400 unit APC jadi arang karena ranjau, 15.000 tentara rusia tewas, sampai akhirnya rusia harus mundur dari Afghanistan (balajarlah perang dari mujahidin Afghanistan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fakta : USA kalah telak di vietnam dgn kematian lebih dari 75.000 serdadu USA yg berujung penarikan pasukan USA pd tahun 1976 belajar lah dr perang. Dari vietkong vietnam, semua ciptaan manusia tdk ada yg sempurna mas bro, ada kelebihan disini pasti ada kekurangan disana, saya juga senang dgn alat perang buatan USA tp semua itu ada batasnya, salah satu contohnya ; mig 29 yg dibil lebih hebat dr F 16 bahkan F 18 memang benar lebih hebat dari F18 sekalipun tp kita sering mendengar kabar mig 29 sering kalah walau hanya berhadapan dgn F 16, nah mari kita cermati informasi yg dibuat oleh USA itu benar atau tidak? Kita musti ingat USA kl melakukan penyerbuan selalu bersifat masiv dan serentak, bs anda bayangkan satu mig 29 akan dikeroyok oleh berapa pesawat NATO dr berbagai type dgn jumlah missile yg tdk terbatas, dukunngan tempur yg tdk terbatas pula melalui AWACS management tempur mrk yg sdh sgt mumpuni dan terlatih membuat sebuah mig 29 spt itik berhadapan dgn elang raksasa, kl seandainya mig 29 head to head melawan F16 tdk keroyokan, tdk ada dukungan tempur,saya yakin msh menang mig 29, jd mungkin kl kita membaca informasi hrs lebih jeli

      Hapus
    2. bettul sekali pas..soal probaganda dan licik sekutu rajanya perang di irak tank irak hancur karna di kroyok hancur karna serangan udara . irak yg sudah lemmah dan kelapran di embargo puluhan tahun kroyok secara masif . aturannya bangsa indonesia berkaca ke sana jangan pernah lupa akan sejarah . igat tim tim siapa pelaku di balik itu semua ?.... lucunya sekarang malah kita yg jadi tukang suplai bahan pokok di tim tim . padahal yg kita tahu negara baru proyek percontohan barat buat jangka panjang untuk menghabisi nkri !!!

      Hapus
    3. Benar mas bro ano 14 desember 14.06, belajarlah dr sejarah, amerika kalah total dgn vietnam krn USA berperang sendirian, belajar dr pengalaman itu, saat ini USA tdk akan pernah berperang sendirian, ingat kasus yg msh hangat syria ketika banyak negara sekutu tdk mau diajak melakukan penyerangan ke syria apa yg dilakukan oleh USA dan ketika perang dunia 2 utk membebaskan eropa barat dr nazi USA hrs beraliansi dgn berapa negara, sedangkan utk membebaskan eropa timur dr militer nazi sampai menembus jantung pertahanan terakhir nazi di kota berlin yg menyebabkan menyerahnya nazi dan berakhirnya PD 2 uni sovyet skr russia melakukannya sendiri, maaf saya sebenarnya bukan pengagum russia tp itulah sejarah

      Hapus