Senin, Desember 30, 2013
33
ANALISIS-(IDB) : Di penghujung tahun 2013 banyak hal yang bisa kita renungkan tentang analisis pertahanan dan perkuatan alutsista TNI. Gambaran hits nya kira-kira begini : Lagu “Leopard Dua” yang selama beberapa bulan menjadi hits di tangga lagu-lagu alutsista yang di pesan dan datang. Maka di awal Desember yang basah ini “Leopard Dua” ditaklukkan oleh lagu “Kilo Membahana” yang menjadi puncak histeria dari penantian yang ditunggu-tunggu untuk memperkuat alutsista strategis bawah air laut Indonesia.

Main Battle Tank Leopard tinggal menunggu kedatangan gelombang demi gelombang dan itu ada di tahun 2014 yang selangkah lagi di depan mata. Sedangkan untuk kapal selam Kilo masih harus melalui tahapan demi tahapan sampai menuju sign kontrak. Dan itu diperkirakan terjadi di tahun 2014. Tetapi mengapa khusus untuk keputusaan membeli sejumlah kapal selam Kilo dari Rusia begitu menggemparkan forum militer tanah air dan forum militer jiran, tak lain karena daya getar dan gentarnya yang mengancam seluruh kapal perang berjenis kelamin apapun di kawasan ini.




Keputusan membeli sejumlah kapal selam Kilo dari Rusia merupakan langkah yang dipuji dan disanjung banget. Ini adalah keputusan paling cemerlang ditinjau dari segala dimensi. Misalnya dari dimensi kesetaraan alutsista strategis kita sudah mampu mensejajarkan diri dengan negara jiran seperti Vietnam, Singapura dan Australia. Dari dimensi perspektif dengan dinamika perkembangan klaim Laut Cina Selatan, Ambalat dan perkuatan militer di Cocos dan Christmas, pengadaan kapal selam “Herder” ini tepat guna dan tepat arah.

Lalu bagaimana dengan kapal selam Changbogo yang saat ini sedang dibuat di Korsel. Ya jalan terus dong. Proyek Changbogo sesuai rencana membuat 3 kapal selam dimana kapal selam ketiga akan dibuat di PT PAL Surabaya tahun 2017. Sementara itu sedang berjalan, kita juga masih sangat perlu untuk membuat program paralelisasi pengadaan kapal selam. Sebagaimana yang pernah diulas dalam tiga artikel terdahulu bahwa disamping proyek Changbogo kita berpendapat masih perlu perkuatan kapal selam dari kelas Herder. Akhirnya sebagaimana analisis dan prediksi kita kala itu, Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan mengambil keputusan untuk membeli kapal selam Kilo dari Rusia. Plong sudah.

Jika proyek Changbogo berjalan ramai lancar, tidak padat merayap atau macet total sebagaimana proyek jet tempur KFX/IFX, maka mulai tahun 2016 kita sudah mendapat 1 kapal selam baru. Dengan asumsi itu maka tahun 2018 sudah ada 3 kapal selam Changbogo dimana kapal selam ketiga dibuat oleh tenaga ahli Indonesia dibawah supervisi Korsel. Program alih teknologi ini diharapkan akan menghasilkan kapal selam buatan dalam negeri seutuhnya mulai tahun 2020 mendatang.



Nah, dengan tambahan 3 Changbogo itu kekuatan kapal selam kita menjadi 5 unit tetapi tentu daya gempur 2 “Cakra Class” di tahun 2018 sudah tak sepadan lagi. Oleh sebab itu pengadaan Kilo yang berkemampuan meluncurkan peluru kendali dari bawah laut dengan jarak tembak 300 km merupakan keputusan bersejarah. Kelak akan dicatat oleh generasi penerus sebagai langkah monumental dan mampu mewibawakan postur militer dan diplomatik Indonesia di kawasan regional. Kehadiran kapal selam Kilo disamping mengejar target kuantitas kebutuhan kapal perang bawah air juga untuk menggapai kualitas setara teknologi kapal selam yang dimiliki TNI AL.

Memang sudah selayaknya Indonesia memperkuat alutsista strategis di perairan yang luasnya merupakan dua pertiga dari luas NKRI. Dengan beberapa ALKI strategis sebagai pintu masuk kapal dagang dan kapal perang negara lain maka pintu-pintu itu harus dijaga. Dengan kekuatan minimal 12 kapal selam pada tahun 2020 yang diprediksi demam tinggi terjadi di Laut Cina Selatan maka kekuatan armada kapal selam itu diniscayakan mampu memperkuat barikade pertahanan Indonesia.

Kita sangat berharap Kementerian Pertahanan bisa mendapatkan minimal 6 kapal selam Kilo seluruhnya atau kombinasi 4 Kilo dan 2 Amur atau sebaliknya meski tidak seluruhnya baru. Sejumlah tim teknis Kemhan dan TNI AL yang akan berangkat bulan Januari 2014 ke Rusia untuk melihat dan mengkaji barang yang ditawarkan Rusia itu diyakini diberangkatkan dengan doa dan harapan yang menggebu. Oleh karena itu penting untuk disampaikan bahwa tim itu membawa misi kebanggaan nilai. Jangan sampai nilai kebanggaan itu yang sudah didambakan dan digadang-gadang selama hampir 8 tahun berubah menjadi skeptis.

Proyek Kilo akan menjadi ujian kesungguhan dan ebtanas pemerintahan SBY khususnya mengenai perkuatan alutsista TNI. Kita meyakini bahwa dalam tiga bulan ke depan sudah ada kontrak pengadaan sejumlah kapal selam tangguh itu sehingga tahun 2015 dan seterusnya kita akan menyaksikan barangnya satu persatu berdatangan di perairan Indonesia. Jika ini terwujud nyata maka sudah selayaknya kita menyematkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Presiden SBY dan menganugerahinya sebagai “Bapak Modernisasi Militer Indonesia”. Bagaimana ?




Sumber : Analisis

33 komentar:

  1. Kfx.ifx.kapal selam hanyalah wacana saja.berita jaman bahola.berganti ganti panglima semuanya dicetak hanya untuk kepentingan barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. gembel India sudah bisa buat pesawat tempur kita hanya wacana saja.dana ifk.kapal selam milyaran dollar hasilnya omdo truuz bosan niih

      Hapus
  2. musuh yg sesungguhnya bukanlah negara tetangga yg luasnya setara dgn pulau madura,tetpi negara yg lbh luas dari negara,yaitu Mbah nya KAPITALIS,IMPERIALIS..USA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg bukan saatnya lgi membandingkan dgn malay. Skrng lawan "garuda" adalah "kangguru". Jika benar2 terealisasi, leopard2 di darat dgn baking apache, laut kilo, udara bisa SU familiy. dijamin "kangguru" pontang-panting klu battle sma "garuda".

      Hapus
    2. Kita juga pikirkan cadangan energi kita, Malay, sing, mrk punya cad energi selama 30,50 hari, sedangkan kita cmn 3 hari, apa bisa kita mempertahankan NKRI? Alutsista harus diimbangi dengan cadangan energi yg cukup.

      Hapus
    3. Itukan katanya mas bro.... cadangan energi kita 3 hari... klo perang ya semua rakyat pasti bakal puasa jalan2, bensinnya buat mesin perang.. gitu mas broo

      Hapus
    4. akakakk...bener si ano 14.26.
      Ano 12.20 : Jgn terjebak oleh pernyataan energi kt cm untuk 3 hari bila perang. Artinya bila kt perang melawan semua negara di dunia. Emangnya energi kt cm dr 1 negara aja misalnya Malaysia atau Singapura. Perang tdk diukur hanya dr 1 pertimbangan sj.

      *Ayam Jantan dari Timur

      Hapus
  3. Saya dari Indonesia Timur semakin takut melihat anda2 dari Indonesia tengah dan barat,,, dulu thn 65 Komunis kalian bunuh ratusan ribu org,,,, sekarang kalian benci Barat,,,,, nanti yg berbau barat kalian bunuh lagi,,,, kalau begini terus kami dari Indonesia Timur lebih baik berpisah saja yaaa,,, kami ingin hidup tenteram berkawan dgn barat timur utara selatan,,,, kami tidak ingin terbawa oleh kalian yg benci ini benci itu hujat ini hujat itu,,,, kami ingin tenang dan damai!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari kita wujudkan perdamaian dan kenyamanan bro...

      Hapus
    2. Kita tdk bermusuhan dgn sahabat. Coba anda bayangkan jika sahabat "terbaik" anda menikam anda dri blkang. apa yg anda rasakan???? Maksud dri politik bebas aktif ya utk berkawan dengan siapa sja. tpi tetap hrus waspada. Coba klu australia tdk nguping aib dan menyebarkannya, psti akan lbh baik.....

      Hapus
    3. :-? yang anda maksud indonesia timur itu siapa?? Papua?? oh anda sepertinya seorang spionase, pemecah belah republik.

      Hapus
    4. hai, anonim 17.42 kamu siapa? kamu kog ngomong ngawur. kamu kog membela Australia? pasti kamu............

      Hapus
    5. Ano 17.42. Anda tdk mewakili rakyat Indonesia Timur. Pahlawan kami atau nenek moyang Anda telah berjuang mati2an melawan penjajah untuk mempersatukan negara kepulauan menjadi NKRI. Anda cm bisa ngomong, untung2 memberikan sumbangsih bagi kemajuan daerah Anda, klo tdk ada buang diri aja ke laut. DASAR MAKAR !!

      *Ayam Jantan dari Timur

      Hapus
  4. Ano 17.42....gaya bahasa kamu itu ibarat musang berbulu domba...tau gak hei antek barat...bangsa ini telah di jajah oleh koncomu ratusan tahun..brp juta jiwa yg telah tewas kalian siksa...skrg akibat bangsa ini telah mengetahui kebusukan bangsa kafirmu...kamu beralasan kl bngsa kami barbar...dan seolah2 kalian lah malaikat...ayo saudara2 sebangsa setanah air...darah nya halal utk di tumpahkan....mari kita berebut mencari pahala dgn membsmi pengkhianat2 ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano 19.23,,, yg penghianat itu siapa? sebelum ada sumpah pemuda setiap pulau dan suku itu kerajaan atau kesultanan masing-masing karena belum ada Indonesia ,,, setelah 1945 barulah bisa dikatakan si A penghianat atau si B penghianat setelah ada kesepakatan bersatu ,,, hati-hati kalau ngomong karena kemungkinan setiap suku di Indonesia ada penghianatnya,,, mau disebutin satu-satu? mulai dari mana? bacalah sejarah ,,, yg bantu Belanda ngejar Diponegoro siapa? yang bantu Belanda ngelawan sultan Hasanudin siapa? Suharto aja bekas KNIL Belanda ,,, wah wah wah ,,,,
      Kenapa musti nuduh yang berbeda pendapat selalu antek Barat? kenapa sekarang nggak ada yang berani bilang antek Komunis? kenapa nggak ada yang berani bilang antek teroris? orang-orang seperti andalah yang akan membuat bangsa ini bisa pecah !!! karena mau menang sendiri !!! BHINEKA TUNGGAL IKA itu artinya berbeda-beda tapi satu,,, kalau anda mungkin mengartikannya "Berbeda-beda tapi satu yang berkuasa" iyakan??? makanya kami jadi ngeri,,, mending berpisah aja kitaa ,,,, lebih enak kan bagi kamu ? iya nggak?

      Hapus
    2. hai ano 23.16. kamu simpatisan pemberontak. celeng asu kowe, pemakan kotoran, dasar wong edan, tai tempik kowe ano 23 16. Asu kowe ceelleeeng kowe!!!!

      Hapus
    3. ano 18.56 itu yg dibilang siano 2316 benar!
      kok sperti kbakaran jenggot youuu?
      akakakakakakakakakak-----

      hai ano 23.16 itu yg bantuin ngejar diponegoro org jawa sendiri namanya Amangkurat!
      yg bantuin kejar Sltn Hasanudin itu org bugis sendiri namanya Arupalaka!
      wuaaa msh banyak lagi tuuh akakakakakakakakk

      jangan marah-marah dwooooong kan katanya DEMOKRASI ?

      Hapus
    4. Ano 18.56 ini tipikal orang Indonesia yg suka bikin ribut, pengetahuannya cetek dan ga terbiasa berbeda pendapat apalagi beradu argumentasi, Jadi begitu kalah argumen dan kalah data sama Ano 23.16 langsung marah2 dan maki2. Sering banget lihat yg begini ini di kumpulan anak2 TK dan SD. Jadi sudah jelas kalau isi otak ano 18.56 itu tidak jauh dari kata2 yg keluar dari mulutnya atau yg diketik dengan jarinya. Wkwkwkwk... b-(

      Hapus
    5. Ano 13.06 ini tipikal orang Indonesia yg suka bikin ribut, pengetahuannya cetek dan ga terbiasa berbeda pendapat apalagi beradu argumentasi,Jadi begitu kalah argumen dan kalah data sama Ano 18.56 langsung marah2 dan maki2. Sering banget lihat yg begini di kumpulan anak2 TK dan SD. Jadi sudah jelas isi otak Ano.13.06 tidak jauh dari kata2 yg keluar dari mulutnya atau yg diketik dengan jarinya. Wkwkwkwk....

      Hapus
    6. jangan ada lagi amangkurat2 yg lain, Arupalaka2 yg lain, sia sia, walaupun mati ratusan tahun yg lalu status penghianat tetap tak bisa lepas sampai masa kapan pun.

      pahlawan pendahulu kita mewariskan sifat ksatria. kita tinggal meneruskannya. dan generasi penerus akan dengan tulus menanam bunga doa, bersemi sepanjang masa...

      Hapus
  5. janxan trlalu konsentrasi mbahas pswt IFX- itu masih tak jelas...skr lebih baik pmerintah konsentrasi borong SU35-

    BalasHapus
  6. Sistem pendidikan di ina terlalu umum, bahkan perguruan tinggi tdk mencetak manusia spesial thd pengetahuan/ketrampilan tertentu. Shg sarjana kita byk yg dangkal pengetahuannya, banyak tahu kulit tidak mendalami daging bahkan tulang sampai urat syaraf. Jadi potensi bagus tp tdk tergali menjadi tenaga2 ahli di bidnya, SEJAKDINI..ini penting krn umur produktif terbatas. So seperti skr ini byk pengamat pengkritik kurang solusi, pekerjaan/proyek tidak focus perkembangan lambat..inilah salah st faktor lambatnya kemajuan ina..Solusinya??!

    BalasHapus
    Balasan
    1. departemen pendidikan harus diisi oleh orang orang yg benar benar ahli, serta tahu benar apa kebutuhan dan yg tidak dibutuhkan oleh anak didik untuk membangun indonesia.

      Hapus
    2. penjurusan, pengkhususan disiplin ilmu harus dilakukan se awal mungkin, SD ato SMP mungkin? diliat dari bakat ato minat si anak mungkin?

      Hapus
    3. ANO 23.56,,, SOLUSINYA GAMPANG BANGET,
      BELAJAR JANGAN BERAK DIKALI, JANGAN CUCI PIRING DIKALI, JANGAN SEROBOTAN DIJALAN, JANGAN MASUK JALAN BUSWAY, JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, JANGAN BUANG LUDAH SEMBARANGAN SEPERTI HANYA HIDUP SENDIRI DIDUNIA, BELAJAR NGANTRI SOPAN DAN INTELEK, JANGAN DIKIT-DIKIT PROTES KARENA PROTES ITU HANYA UNTUK MASYARAKAT YG SUDAH TERTIB, INTELEK DAN CERDAS, JANGAN DIKIT-DIKIT MAU BAKAR RUMAH ORANG, JANGAN MAIN HAKIM SENDIRI, JANGAN MAKI-MAKI ORANG KALAU KALAH BERDEBAT, HARUS BISA MENEERIMA PERBEDAAAN, BELAJAR SOPAN PADA ORANG TUA WALAUPUN BUKAN ORANG TUA SENDIRI, JANGAN KORUPSI, JANGAN MALING TERIAK MALING, BELAJAR BERBAHASA INDONESIA YANG BENAR, HARUS BISA MENERIMA KENYATAAN JIKA ORANG LAIN ITU LEBIH BAIK DARI KITA DAN BELAJAR UNTUK LEBIH BAIK,

      NAH BARU DEH KITA BISA MAJU !

      Hapus
    4. hai helo ano 02.56. yang ngomong : JANGAN MASUK JALAN BUSWAY. Berarti Anda orang Jakarta ya?!! karena " Busway" hanya di Jakarta. Saya gak pernah masuk jalan "Busway", karena di sini gak ada.

      Hapus
  7. mmprkuat alutsista sih wajib hukumnya untuk keutuhan nkri tp yg jd mslh cukup gak tuh bbm nya tuk smua alutsistanya, jngn sampe dah di beli ntar gak dii pake gara2 gak ada minyaknya kan sayang....

    BalasHapus
  8. wakil menteri mineral energi ...koment nya asal kentut- contoh: meski 1976 TNI dlm kondisi krisis( hanya punya stok bbm 4 jam) tapi mampu berperang 5 tahun...+ LATGAB TNI selalu berlangsung lebih dari 2 MINGGU+ vietnam dg miliki minus 1 hari stok bbm nya* ternyata mampu kalahkan amrik yg punya stok bbm tuk 100 tahun dg korban 60.000 tentara amrik tewas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai ano 03.17 Vietnam yang mana?? Vietnam utara ? atau gerilyawan Vietcong di Vietnam Selatan. Beri contoh yg jelas dong broo.. Gerilyawan vietcong di selatan, jelas gak pakai BBM terlalu banyak!! Mereka jalan kaki di hutan belantara Vietnam !

      Hapus
  9. untuk menjadikan Indonesia negara maju maka langkah awalnya adalah SDM, dimana sistem pendidikan yg selama ini terkesan umum dan luas hrs di rubah kearah spesifikasi seperti sistem pendidikan di Jepang shg putra putri Indonesia bs mudah sehebat org Jepang kemudian Hukum hrs tegas dan ditegakkan pd semua warga supaya SDA peruntukannya bnr2 untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia sesuai pasal 33 UUD 1945, dan pertahanan NKRI bs sejajar negara maju

    BalasHapus
  10. salah satu kelemahan indonesia adlh bahwa indonesia bangsa yg paling mudah di provokasi krn mudah percaya dgn isu2 yg tdk jelas,sejarah peperangan bangsa ini lbh byk terjadi krn perang saudara..
    PRRI-PERMESTA,RMS,PKI,KAHAR MUZAKAR,DAUD BEUREUH,GAM,OPM..dan yg msh hangat dlm ingatan adlh SAMBAS BERDARAH(SAMALANTAN,LEDO),SAMPIT,AMBON,POSO..ada lg konflik berdarah ANTAR KAMPUNG,DESA + tawuran pelajar dan terorism...blm lg kita tarik jauh ke belakang bgmn belanda menggunakan politik adu dombanya berhasil memporak porandakan kehidupan berbangsa kita!
    Saya rasa kejadian2 tsb perlu utk kita semua ketahui,pelajari dan pahami agar ke depan tdk lg terjadi adanya perbedaan pendapat yg menimbulkan rasa curiga,kemudian diakhiri dgn pertumpahan darah anak anak bangsa..
    mmg perbedaan pendapat itu perlu,tp jika semua perbedaan itu tetap menjadi satu ikatan yg utuh,maka tak ada satu kekuatan manapun yg mampu merusak indonesia!

    BalasHapus
  11. Yg perlu diambil tindakan cepat selain penguatan alutsista ialah penguatan sumber-sumber energi utamanya migas. Coz utk menghidpkan mesin perang kita jelas utamanya ketersediaan minyak sebagai bahan bakar. SBY boleh jadi berhasil membangun alutsista tapi dia gagal total dalam kebijakan penguatan dan pengambilalihan sumber migas di bumi RI utk keperluan sendiri. Yg ada malah dijual murah ke asing. Seperti blok Cepu dikasih ke Amrik, Masela di Sulawesi, gas Natuna yg msh perpanjang kontraknya dg Mobil Oil/Exxon AS.
    Yg lebih miris, bawahannya yg urus migas jg plg parah mentalnya. SI Rudi Rubiandini, Ex Kepala SKK MIgas yg ditangkap KPK, seminggu sblm ditangkap KPK berkoar di TVOne dlm acara Damai NEgeriku sekitar bhwa kekayaan alam hrs dimanfaatkan utk sebesar TETAPI TIDAK HARUS DIOLAH oleh bangsa sendiri tetapi melalui bangsa asing. Utk itu blok Mahakam hrs dipertahankan (baca: diperpanjang penjarahan gasnya oleh Total Oil Perancis).
    Inilah mental munafik terbesar pembohong rakyat. Yg heran lg, knpa bisa ITB punya guru besar spt ini. Mendidik anak2 bangsa hanya sekedar untuk menjadi budak kacung asing. Lihatlah alumni ITB di industri migas tak pernah mikir rakyat yg dipikir cma perutnya sendiri..., wong guru terbaiknya si Rudi itu mentalnya mental inlander tulen.

    BalasHapus
  12. aduh kok pada ribut sih, ingat DEVIDE ET INVERA pasti kalian mikir untuk ribut,ingat sejarah bro,,jgn terlulang lagi, gaya belanda menjajah indo.bepikir secara cerdas

    BalasHapus