Selasa, November 12, 2013
10
SEMARANG-(IDB) : Lomba presentasi inovasi dalam gelaran Robotech 2013 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Universitas Diponegoro, membuat beberapa peserta berpikir keras. 

Satu di antaranya, tim dari teknik perkapalan Undip. "Karena kami dari perkapalan, kami membuat inovasi tentang kapal. Khususnya kapal perang," kata juru bicara tim teknik perkapalan Undip, Lutfandi di Auditorium Imam Barjo Undip, Minggu (10/11/2013).

Ia bersama temannya bersepakat, untuk membuat invasi tentang alutsista perang. Kapal overcrap (kapal berbantalan dan berbaling-baling) milik tentara dimodifikasinya. Selama ini, kapal overcrap hanya untuk mengangkut tentara saja, tapi tidak untuk perang.

Padahal, kapal dengan baling-baling di bawah, memiliki banyak keuntungan antara lain bisa dipakai di segala medan, baik perairan dangkal ataupun perairan dalam. Bahkan, bisa melintasi rawa-rawa.

"Kami menginovasi agar kapal jenis ini, bisa untuk berperang. Dilengkapi persenjataan hingga rudal balistik nuklir," jelasnya.

Dengan begitu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak hanya bergantung pada kapal perang biasa yang punya keterbatasan. Dengan modifikasi tersebut, kapal jenis overcrap bisa difungsikan untuk menjaga perbatasan.

HMM) Jurusan Teknik Mesin Undip sendiri, mengadakan Robotic and tenchnology fair 2013, Minggu (10/11/2013). Berbagai macam lomba berbau teknologi dan robot digelar di Auditorium Imam Barjo, Undip.

Ketua panitia Ro-tech 2013, Mufti Muzayyin (18) menyebutkan tiga lomba dalam pameran teknologi itu yaitu, lomba robot Line Follower, pytagoras Switch dan presentasi inovasi. Sekitarr Enam perguruan tinggi se-Indonesia berebut juara di ajang tahunan HMM undip itu.

"Pesertanya dari Undip, ITB, Universitas Tri Sakti, Universitas Pasundan, UGM, UNS, dan Unnes. Khusus untuk lomba line follower, pesertanya 11 sekolah (SMP dan SMA) seJateng. Ada yang dari Purworejo, Salatiga dan semarang," jelasnya di sela-sela acara.

Ia berharap, dengan terselenggaranya acara tersebut akan muncul bibit-bibit penemu di bidang robot dan teknologi. Selain itu, masyarakat juga harus tahu cara membuat teknologi, tidak hanya mengonsumsinya.

"Intinya kehidupan manusia udah beriringan dengan teknologi. Kami di sini bermaksud menampilkan teknologi-teknologi yng selama ini membantu masyarakat, jadi masyarakat tidak hanya tahu pakainya saja," jelasnya.




Sumber : Tribunnews

10 komentar:

  1. "Kami menginovasi agar kapal jenis ini, bisa untuk berperang. Dilengkapi persenjataan hingga rudal balistik nuklir," jelasnya.------>ini mahasiswanya kelewat fantastis, bombastis!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro..
      padahal belum tentu pernah megang rudal beneran, apalagi rudal balistik nuklir..
      dipikirnya enteng kali ya? ukuran dan bobotnya diabaikan untuk patform hovercraft..wkwkwkw..
      bener2 pernyataan yg lucu..

      Hapus
  2. Setuju, Bro...apa ni mahasiswa sedang mabok abis sarapan kecoa kali....

    BalasHapus
  3. bukan mahasiswanya kali?, yang nulisnya ajah pingin banyak yang komen terhadap judul artikel ini?

    BalasHapus
  4. yah klo orang pinter emang otaknya jadi cupet, orang punya mimpi besar dibilang abis sarapan kecoa, klo gw mau bikin sepeda bisa keluar angkasa emang salah bro? dulu orang gak kepikir telepon bisa segede pensil sekarang ada, nah orang2 yang mikirnya sempit kek ano 08.53 sama 10.18 ntu yah selamat menikmati jaman batu aja....

    BalasHapus
  5. mungkin yg di maksud rudal balistik ukuran yg kecil gan,tp walaupun kecil bisa jga kan di pasang hulu ledak nuke. nah loe,nah loe hayo .... wkwkwk

    BalasHapus
  6. apapun berawal dr mimpi dulu, lalu direncanain mencapai mimpi tsb. nah ini mahasiswa bagus punya mimpi membuat hovercraft yg bisa bawa icbm dan mereka terus bergerak tuk mengejar impian hovercraft mereka. apapun bisa saja terjadi dimuka bumi ini selama ada kemauan dan usaha. toh waktu dulu juga hp touchscreen tipis kagak ada, nelp harus lewat telp rumah :d
    orang-orang pesimistis yg tak mempunyai tujuan hidup (kayak ano 08.53 dan ano 10.18) akan selalu iri thd orang2 yg punya impian dan berusaha mengejar impian tsb, sehingga orang-orang pesimistis itu hidupnya selalu menghina pemikiran dan tindakan orang lain yg bekerja dan berusaha menggapai impian :-s

    BalasHapus
  7. paling cuma sekedar prototypee.....
    Indonesa kan terkenall negeri seribu prototype..
    Dari gandiwa,bummbleebee,hovercraft etc

    BalasHapus
  8. apa ente2 semua gak pernah baca historis mereka yang merancang pesawat? komen ente terlalu pake logika gak ada ilmiahnya, la ente semua mahasiswa ekonomi,hukum komenin mahasiswa tekhnik ya kagak nyambung kaleeeeee, ane aja yg lulusan mahasiswa hukum beranggapan lumrah2 aja wong mereka punya dasar dan hitungan sendiri

    BalasHapus
  9. Orang yang terlalu tinggi mengkhayal biasanya suka ngompol waktu tidur, bro....wkwkwkwk...

    BalasHapus