Minggu, November 24, 2013
15
kfx-2013
SEOUL-(IDB) : Korea Selatan kembali mengkaji program pengadaan pesawat tempur modern bagi Angkatan Udara mereka. Jumat 22/11/2013, mereka memutuskan untuk membeli 40 pesawat siluman (stealth) yang akan digunakan Republic of Korea Air Force (ROKAF) pada tahun 2018-2021. Dengan keputusan ini jalan masuknya F-35 Lockheed Martin ke dalam AU Korsel terbuka lebar.

Dalam rapat gabungan kepala staff tersebut, militer memutuskan membeli 40 pesawat tempur siluman dengan opsi tambahan 20 pesawat, tergantung situasi keamanan dan perkembangan teknologi ke depan.

“Dalam rapat itu kemampuan operasional pesawat direvisi, mensyaratkan kemampuan siluman tingkat tinggi serta perangkat perang elektronik untuk mencegah provikasi yang dilakukan Korea Utara”, ujar Brigjen Shin Ik-hyun, selaku anggota JCS.

F-35 merupakan pesawat Stealth dari segara aspek yang masih dalam pengembangan. Korea Selatan berupaya membeli pesawat tempur anti-radar, setelah melihat negara tetangganya seperti: China, Jepang dan Rusia yang berupaya menciptakan pesawat siluman juga.

KFX_3
Model Pesawat Tempur KFX
Model Pesawat Tempur KFX

Analis mengatakan Korea Selatan masih memungkinkan membeli 20 pesawat tempur lainnya, dari perusahaan lain seperti Boeing dan European Aeronautic Defense and Space, untuk mendapatkan teknologi bagi pesawat tempur KFX, yang dibangun terpisah, sebagai bagian kemandirian Korea Selatan.

Dewan Militer ini (JCS) juga memutuskan untuk mengubah proyek KFX, yang awalnya berupa proyek jangka panjang, menjadi proyek jangka menengah. Proyek KFX didorong lebih cepat untuk segera terwujudnya konstruksi awal pembangunannya.

Sumber menduga, pengembangan KFX akan selesai sekitar tahun 2020 dan operasional mulai tahun 2023.

Indonesia terlibat dalam proyek KFX Korea Selatan ini, dengan penyertaan modal 20 persen dan diharapkan memperoleh 50 pesawat KFX, jika nanti terwujud.




Sumber : JKGR

15 komentar:

  1. This is a good news from South Korea.

    BalasHapus
  2. tahap pertama kerjasama dengan indonesia telah selesai,trus tahap selanjutnya apakah indonesia masih di libatkan atau tidak kita tunggu saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia tot ke korea ,korea tot ke amerika ,nah loo nanti Indonesia kebagian tot berapa persen ?? ,kalo jadi kfx pake teknologi yang ada di f35 sepertinya amerika gax akan sepenuh hati memberikannya :-?

      Hapus
  3. Jangan trlalu ngarep..tar endingnya kecewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagian masih sangat lama, untuk mengisi ke kosongan itu tni harus mengakuisisi su-35bm dan t-50 pak fa, sebagai antisipasi bila proyek tsb gagal,.... maklum korea....!!!

      Hapus
  4. Sepertinya saya ƍäª terlalu optimis utuk pengembanganya Karena yg di kembangkan itu f35 punya amrik mungkin indo akanbagian tot hanya setengahnya Dan saya yakin amrik ƍäª akan sepenuh hati untuk membaginya, kita lihat perkembangan selanjutnya semoga ini hanya firasat ku saja,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  5. ini berita pencitraan menhan berita palsu pastilah muncul terrus , aturannya dana riset proyek gagal di publikasikan sudah berapa triliun amblas ? ...

    BalasHapus
  6. Iyaaa ,,, proyek KFX jalan terus dipercepat OK OK sajalah,,, yang paling penting tetap jalan dengan pengadaan skwadron Sukhoi tambahan ,,, agar kita tidak kecolongan

    BalasHapus
  7. bner ntu yg di kate ano 11:04..klo mo kasarnye,mungkin korea bener mo mempercepat project kfx,tp bkn berarti ifx yee..nah,korea kan pasti butuh bantuan teknologi tinggi dr amerika/sekutunya,nah tentunya ade deal2 di blakang ntu yg cm amerika dan korea yg mengetahuinya..penentuan nasib ifx indonesia mungkin ade dlm klausul yg mereka buat ntu,klo ngliat aksi indonesia dlm kasus bocornye penyadapan amerika/auatralia,bs jd korea dipakse amerika dan sekutunye utk mencoret name indonesia sbg partnership dlm project joint strike fighter tsb sbg imbalan dr teknologi yg mereka berikan kpd korea,indonesia tentu butuh alasan..nah amerika yg piawai memainkan peran tsb,die bs memciptakan 1001 alasan dgn kondisi yg mane indonesia tdk mampu memenuhinye..korea ane pastikan nurut ame amerika,ntulah yahudi,org arab blg yahud..artinye nomer atu,paling hebat kaga ade tandingannye hehe

    BalasHapus
  8. Percepatan pengembangan KFX itu termasuk bagian strategi inteljen AS.. ingat.. korea selatan termasuk salah satu sekutu utama AS...
    Agar konsentrasi pengadaan Alutsista TNI jadi terganggu ( indonesia terlalu berharap TOT KFX dari korea selatan yang korea selatan sendiri masih kesulitan dalam usaha pengembangan KFX yang sebagian teknologinya menggunakan proyek F35 milik AS)
    Atau setidak tidaknya bisa mengendurkan niat pemerintah untuk mengadakan Alutsista dari negara non AS dan antek -anteknya karena indonesia sudah tau bahwa alutsista yang ditawarkan AS dan antek- anteknya kepada indonesia selalu kualitasnya dibawah alutsista milik negara tetangga..
    Dengan tenggat waktu yang agak lama dalam kekosongan Alutsista TNI yang mumpuni maka dengan mudahnya kita akan di dikte lagi oleh pihak As dan sekutunya...
    Perlu diingat bahwa AS dan sekutunya sekarang lagi mengincar SDA indonesia dengan bukti mereka sudah mengalihkan sebagian armada tempur dan pasukannya dari Afganistan, Iraq dan pangkalan pangkalan lainnya ke pangkalan sekitar wilayah indonesia..
    Jadi intinya jangan terlalu berharap akan proyek KFX korea, fregat belanda.. penuhi dulu Alutsista yang mumpuni yang kemampuannya sekelas alutsista KS Kilo, Sukhoi, Fregat/ destroyer dan S300 yang bisa membuat gentar wilayah kawasan.
    Untuk perawatan para teknisi kita sudah terbiasa dengan perawatan alutsita yang dimiliki dengan perawatan yang sangat baik
    Dan apabila semuanya dirasa sudah cukup baru kita adakan pengembangan secara mandiri lewat lisensi, TOT dll.. by. E-Kafa

    BalasHapus
  9. Hahahaha omong kosong doang.kena tipu sama menhakam purnomosu dan korea sipit

    BalasHapus
  10. Kalau KS Kilo, Sukhoi, Fregat/ destroyer dan S300 sdh ada, apa yg kurang?? Rudal!! negara harus mampu memproduksi rudal secara massal terutama jk terjadi perang berkepanjangan. Negara harus mempererat kerjasama militer dgn Rusky, semakin cepat semakin baik.. KFX/IFX??? Batalin ajah, buang-buang waktu dan uang. Amrik tak akan suka Indo maju dan korea adalah sekutunya..
    Sy setuju dgn Ano 14:46 dan 15:20..

    BalasHapus
  11. Korsel ternyata juga membantu penyadapan aushit, jadi semua ini bullshit, semua hanya taktik sekutu AS untuk memperlemah Indonesia, JANGAN TERTIPU, tetap jalin kerjasama erat dengan rusky dan china untuk alutsista, Sukhoi dan rudal C-705 wajib hukumnya

    BalasHapus
  12. maju trus KFX/IFX........tapi bolehlah kita terima tawaran rusia juga tuk kerjasama buat pesawat sukoi tempur dan teknologinya bisa diadopsi pengembangan IFX.....

    BalasHapus
  13. Ada baiknya Pemerintah gk usah kerja sama dengan sekutu AS dalam TOT alutsista. Berhubungan sering terjadinya pasang surut hubungan RI dengan AS. Kelabakan RI bila sdh dpt Alutsista dari sekutu AS bahkan AS sendiri, trz besok2 kena embargo lg yah ribet jg. Mending TOT aja sm Rusia serta perbanyak Sukhoi dan Kapal selam KILO.

    BalasHapus