Sabtu, November 09, 2013
34
Semua Korban Jatuhnya Heli MI-17 Milik TNI AD Sudah Ditemukan

KALIMANTAN-(IDB) : Semua korban Helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat yang jatuh di daerah Kecamatan Baku Hulu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, sudah berhasil ditemukan. Sebanyak 13 penumpang tewas dan enam penumpang mengalami luka bakar.

Kapuspen TNI Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul,  Sabtu 9 November 2013, mengatakan bahwa korban yang selamat seluruhnya telah dibawa ke rumah sakit setempat.

"Seluruh korban jatuhnya helikopter sudah ditemukan, sebanyak 13 orang tewas dan enam orang mengalami luka bakar. Korban yang selamat langsung dibawa ke rumah sakit," ujar Iskandar saat dihubungi VIVAnews.

Seperti diketahui Helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat berangkat dari Tarakan, Kalimantan Utara, sekitar pukul 09.09 WITA pagi tadi menuju perbatasan Malaysia dengan mengangkut 1.800 kilogram logistik untuk keperluan pembangunan pos perbatasan di Long Bulan atau daerah Tunjungan, Malinau melalui pos Apauping.

Seharusnya Helikopter MI-17 tiba di pos Apauping pada 10.06 WITA, tetapi hingga pukul 10,10 WITA pesawat belum mendarat.

Ini Dugaan Penyebab Helikopter TNI AD Jatuh di Kalimantan Utara

Kapuspen TNI Laksamana Muda, Iskandar Sitompul mengungkapkan dugaan awal penyebab jatuhnya Helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat di daerah Kecamatan Baku Hulu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Menurutnya, secara tiba-tiba helikopter kehilangan power (tenaga) hingga akhirnya jatuh dan menyebabkan 13 orang tewas serta 6 mengalami luka bakar.

Helikopter tersebut membawa 21 penumpang yakni 13 orang warga sipil dan 8 anggota TNI. "Seluruh korban sudah ditemukan, yang selamat sudah dibawa ke rumah sakit terdekat," katanya.

Pihaknya akan segera melakukan investigasi terkait penyebab insiden nahas tersebut. Terutama soal mendadak hilangnya tenaga (power) helikopter yang baru dibeli 2-3 tahun lalu. "Kita akan segera kirim tim untuk investigasi masalah itu. Apakah ada masalah teknis atau yang lainnya," ujar dia.

Helikopter itu berangkat dari Tarakan, Kalimantan Utara, sekitar pukul 09.09 WITA pagi tadi menuju perbatasan Malaysia dengan mengangkut 1.800 Kg logistik untuk keperluan pembangunan pos perbatasan di Long Bulan atau daerah Tunjungan, Malinau melalui pos Apauping.

Seharusnya Helikopter MI-17 tiba di pos Apauping pada 10.06 WITA, tetapi hingga pukul 10.10 WITA pesawat belum mendarat.






Sumber : Vivanews

34 komentar:

  1. Alhamdulillah...semua korban diketemui....

    BalasHapus
  2. mana tu yg sering menyombongkan alutsista tni lbh hebat dr negara2 tetangga,kejadian ini menelanjangi kondisi riil alutsista indonesia,dan ini bkn insiden yg pertama(mdh2an yg terakhir) menimpa tni..tp itulah kondisi yg sebenarnya,biar kita menyombongkan diri dan melecehkan negara tetangga tetapi kenyataannya kondisi mereka jauh lbh baik dr kita,kita (bkn tni) cm mempermalukan bangsa dgn bualan anak kecil,menyombongkan diri dgn melecehkan negara lain seolah olah kita lbh hebat,ternyata skrg terjawab sudah!
    Stop koment merendahkan negara lain,menjalin hubungan baik adalah salah satu tujuan asean dibentuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ne nama nya musibah ge apes aja... yg lebih hebat ntu buatan pt, DI kayak heli bell, cn 235, c 295 itu yg paling hebat terbukti kualitas nya blm pernah ada yg jatoh2 ampe sekarang... ya mudah2 an ampe di pensiunin kagak pernah ada yg jatoh...

      Hapus
    2. Heli mi 17 terkenal tangguh ,75 % misi PBB memakai mi 17 yg rada aneh dan gak masuk akal heli mi 17 di pakek angkatan darat jatuh hampir saban hari . Ini menyangkut duwit rakyat harus di investegasi team independen harus di ikutkan .
      Bagus nya angkatan darat kasih buatan barat biar bekas umur ratusan tahun di jamin gak bakal jatuh jatuh takut di investegasi ini fakta .

      Hapus
    3. ano 03.22 justru mesin tempur rusia itu tangguh... ane lupa tank ampibi jenis apa itu paling tua yg dimiliki INA dah 40th lebih...


      @ano 20.25 yaaa namanya aja musibah gan... mau mndarat tiba2 kehilangan tenaga... caranya yaaaa pihak rusia coba bntu investigasi

      Hapus
  3. kayanya salah FOTO deh, itu kan bukan heli yg cukup buat ngangkut 21 orang. hehe

    BalasHapus
  4. Heli rusia payah!!!
    Bagusan heli Bell ato kuger rakitan ane di PT.DI...

    BalasHapus
  5. mengapa skrg justru mengatakan "heli rusia payah"..
    Bknkah yg jd alat utk menyombongkan diri dgn jiran adalah alutsista made in rusia? Sperti yg sering dibahas Sukhoi su27 su30 su35 bhkn pak fa,missil s300,ks kilo..merendahkan alutsista negri2 tetangga..dimana2 kesombongan dan melecehkan org itu adlh perbuatan yg ga bner,jgn lg kita suka sok hebat..org jg tau koq yg mana benar dan yg mana cm omong besar,kasihan tni dipermalukan sm bangsanya sendiri.
    Terus maju tni,rakyat yg berfikiran rasional akan selalu berada di belakang anda!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama nya juga kecelakaan semua mesin pasti bisa ada kerusakan nya liat aja kapal selem punya malon waktu itu juga rusak gak bisa nyelem.. lagian malon bukan cuman melecehkan aja tapi maling pulau, ngaku2 kebudayaan batik, tari pendet, reog ponorogo punya mereka juga jadi wajar donk kalo bales ngelecehin juga... hidup harus adil donk hehe..

      Hapus
    2. Bung Ano 20.25 & 21.03
      Sy kira anda org yg sama
      Sy coba mengingatkan anda ini adalah musibah yg bs menimpa siapa saja,sy pribadi cukup prihatin melihat kejadian ini dan mendukung segera dilakukan penyelidikan atas kejadian ini.sy sgt setuju dgn komen anda jgn merendahkan,melecehkan negara lain dan menyombongkan alutsista TNI.sy jg setuju ini jg bkn insiden yg pertama,kondisinya saat ini adalah negara sedang mencoba membangun dan membenahi alutsista TNI dan tentu sj mendapatkan dukungan dr segenap rakyat yg cinta terhadap tanah air nya (termasuk ano" yg ada disini) yg tdk rela TNI nya di pandang sebelah mata oleh militer yg kata'y paling jaguh serantau ASEAN ini,lihat lah mereka saat mereka merasa paling kuat kesenjataannya,merasa plg modern kwalitas alutsistanya mereka seenak'y melecehkan bangsa ini,lupakah anda dengan peristiwa sipadan-ligitan,ambalat penyiksaan/pemerkosaan/pembunuhan TKI kita,penghinaan terhadap lambang negara kita/lagu kebangsaan kita/bendera negara kita.sy bs mengerti kenapa ano" disini bersikap seperti itu,kita semua pun tdk mau bermusuhan dgn sesama kita tp mau kah bung menerima terus menerus di sebut Indon bodoh/keturunan babu/TKI kita yg berusaha bekerja halal disebut pelacur/tukang jamban.kok esensi dr komen anda yg terlihat justru anda menyerang bangsa ini dimana posisi anda saat org" Malaysia itu yg kata'y satu rumpun dan terpelajar melecehkan,menyombongkan,menghinakan,merendahkan bangsa ini?atau justru anda dibelakang bertepuk tangan dan merongrong.komen anda sendiri seolah" bijaksana tp bermakna menghinakan bangsa ini,tdk benar bahwa "TNI dipermalukan sama bangsa nya sendiri" bangsa yg mana yg anda maksud?coba tanyakan kpd User nya scr lgs (TNI)?TNI itu dr rakyat utk rakyat itulah sebab'y sangat di cintai oleh rakyat bangsa ini,sy rs justru anda yg kurang dewasa menilai scr tdk obyektif,justru komen anda yg terlihat mempermalukan anda sendiri,dan menelanjangi anda sendiri.klo merasa paling benar dan rasional tolong koreksi ano" yg lain scr santun.menurut sy itu baru bijak.saran sy skrg saat nya anda berbelasungkawa atas peristiwa yg terjadi dan mendorong user utk lbh dibenahi lg.thk's sdh mau berdiskusi dgn santun...

      Hapus
    3. tau tuh ano 21.03 kayak nya sengaja bener nunggu ada musibah sama tni supaya dia bisa ngeluarin unek2 nya biar indonesia keliatan nya lemah gitu... gak ada sangkut paut nya coy antara musibah ama saling melecehkan beda jurusan... apa jgn2 ada keluarga ente yg kawin ama orang malon ya,, atau ente make mobil proton ya.. preetttt...

      Hapus
  6. kena tembak dgn missile atm malaysia...hehe alfatihah buat terkorban...

    BalasHapus
  7. Waduh.sumpitan dayak mungkin..

    BalasHapus
  8. Prihatin !!!!
    model helikopter buatan rusia jelek, masih bagusan helikopter chinook usa lebih tangguh mampu bawa angkut mobilisasi seperti tank ...

    BalasHapus
  9. Setahu saya semua alutsista buatan rusia sangat tangguh dibanding buatan barat yang canggih namun cengeng. Kekurangannya umur alutsista buatan rusia lebih pendek (terutama alutsista udara,contohnya F16 tni au dan mig 29 tudm mana yg dipensiunkan lebih dulu)daripada buatan barat,selain itu harga komponen buatan rusia masih dimonopoli oleh rosoborontexport,sdg buatan barat banyak dipasaran dan dibuat oleh negara2 yg sdh mendapat licensi dari produsennya. Sekarang yang jadi pertanyaan saya,mungkinkah ada kesalahan teknis/perawatan dari heli tsb? Atau heli ni dibeli bekas tapi dibilang baru ke publik? Bisa juga heli ni type mil 8 tp dibilang mil 17 yg notabene bermesin lebih kuat?! Wallahuallam aja lah....

    BalasHapus
  10. saudaraku sebangsa dan setanah air mari kita mengheningkan cipta sejenak untuk para pahlawan yg gugur dlm tugas negara di kalimantan utara.... dan mari kita berdoa untuk para prajurit cyber (griliawan) kita yg sedang berusaha mengembalikan harga diri bangsa ini dari pihak Australia... kobarkan api perjuangan..........

    BalasHapus
  11. Turut beduka. Lihat pesawat ulang alik Chalenger yg meledak. Lihat roket braze M yg gagal mbawa satelit Indonesia. Ada yg lebih kuasa dari teknologi buatan manusia. Semoga keluarga korban diberi ketabahan.

    BalasHapus
  12. Pernah sekali saya bertanya pada seorang mekanik di puspenerbal juanda, beliau pernah bilang kalo disuruh milih dia bakal milih helikopter rusia.
    Heli rusia terbukti kuat, bajanya kuat, daripada buatan us.
    Padahal itu kata "Mekanik" puspenerbal yang tiap hari ngurusin heli

    BalasHapus
  13. Kok kata kapuspen mengangkut anggota TNI AD dan para pekerja, kok ada nama perempuan ya di list,jangan2.....jangan.....nyambi angkut sipil alias airline gelap

    BalasHapus
  14. mate tak nak tepejam,bole tak sikit nak berbagi kate ni..ape kabar indon?..baek baek keeh..
    Tak salah dengar ade accident.,helicopter indon down keh?tentera indon bematian yeh,kesian!
    mane helicopter utang pule tak ye haaaahaaaahahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa itu mati dalam tugas kami sebut pahlawan kalo tak berani mati macam laskar joged2 kalian ya jgn jadi laskar jadi tukang kebun sawit saja.. masalah heli hilang 1 santai saja itu pt.di lagi merakit banyak ada heli bell dan ec cougar pesanan tni.. hacker2 kami pun sedang menyerang aussie karena negara kami di sadap kami balas.. dan negara kalian malon juga kan di sadap dgn aussie jgn diam saja donk lawan juga.. takut ya ?? kata nya kalian teman aussie apa itu nama nya fpda.. fpda tai kucing sesama fpda kok di sadap bodoh...

      Hapus
  15. Heli mi 17 pesanan indonesia , hampir bersamaan dengan datangnya pesanan malysia , malysia memesan hampir 15 heli mi 17 avionic lebih moderen sampai sekarang tidak ada masalah di pakai malaysia , kami hanya prihatin dan ikut berduka mi 17 sudah makan korban sudah 2 bulan ini sudah dua heli jatuh .

    BalasHapus
  16. Kecelakaan alutsistailiter biasa itu... usa aja berkali2 ngalaminya. Tapi setidaknya kalo ada kecelekaan berarti itu barang dipake. Naaahhh yg nggak pernah kecelakaan barangnya dipake nggak ???? Kayak tetangga sebelah... ato sdh wajar dimeseumkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inilah musibahnya...yang anyar lagi selalu jatuh..apalagi kalo nanti yang hibahnya...hayoo

      Hapus
  17. Gak usah komentar macem2.... inikan gara2 perawatan pesawat. Suatu ketika dulu pesawat sipil indonesia sampei dilarang memasuki europa..kerna budaya perawatan pesawat yang diambil remeh. Budaya ini juga ada pada pesawat tentara....dipikir lho..

    BalasHapus
  18. Maap Ano20.25 nantang dogfight yah- apa maksudnya dia itu- komen kok asal tahayul saja-lempar batu sembunyi tangan- *fakta sebaliknya* jangan kait2 kan donk" insiden MI17 dg parameter malaysia- tidak sinkron- kecelakaan tidak hanya terjadi di RI saja* sering terjadi pula kecelakaan pesawat di MALAYSIA seperti : seringJATUHNYA helikopter NURI- MIG29- HAWK208- F5 TIGER- dll milik TUDM- ucapan belasungkawa untuk korban heli MI17- catatan: dari total 16 MI17pesanan AD- jumlah belum lengkap 16 kan* yg baru diterima baru mencapai 12 MI17 dikurangi 2 yg jatuh:10 MI17- sisa 4 lagi kapan dikirim tuh- termasuk MI35 dari total pesanan 8 yg diterima baru5 MI35- bravo NKRI-

    BalasHapus
  19. MALON SENDIRI YG SUKA CARI PERKARA-teruslah kau malonTOTALCONFIDENT- BERKOAR2 TRUSS- DATENG GAK DIUNDANG*PULANG GAK DISURUH*( bukan ngebangga2 in TNI) tapi FAKTA meski heli TNI jatuh- komparasi secara quality/ quantity pswt army aviasi RI masih di atas punya nya malaysia: RI 38 BELL412HP/ EP-30 NBO105-18 BELL205-5/8 MI35-10/14 MI17-8 EC COLIBRI- 12 casa NC212/CARIBAU- plus pesanan 8 SUPER APACHE AH64E-20 FENEC DLL- ditambah koleksi puluhan/ seratusan heli milik AU/ AL-segi kondisi quality tidak lah tertinggal- THAILAND- FILIPIN- KOREA- JERMAN army pun hingga sekarang masih pakai BELL205 HUEY IROQUISE- untuk RI semoga tingkatkan lagi aspek maintenence/ kewaspadaan supaya insiden tak terulang lagi- trims

    BalasHapus
  20. ditunggu informasi yg lebih detail

    BalasHapus
  21. Busyet...cicilan belom lunas udah jatuh...bawa cewe lagi ngapain juga di sono...itu heli punya negara woiii jangan di bikin heli mesum makanya jadi sial...apapun alasannya!!!

    BalasHapus
  22. betol sangat..heli indon sawan kene hantu borneo haahaahha
    belom kene bullet malaysia dah down kene hantu borneo haahaaahaa nak fight sm malaysia,iye keeeeeh..kesian!

    BalasHapus
  23. selidiki trus panggil tu pabrik yg buat nya minta tanggung jawab nya.. apaan masa heli baru udah 2 kali loss power.. trus pesawat latih jerman juga mau mendarat kok landing gear nya gak mau turun.. bukti nyata ke menhan kalo lebih aman pake produk dalam negri ampe hari ini di pake di banyak negara tapi gak ada tuh berita jatoh2 segala..

    BalasHapus
  24. indon punye weapon tak boleh buat battle lah,tak punye kwaliti hahahhah...sukhoi indon kwaliti nombor tige,boleh buat training sahaja hahhaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau tau senjata itu berkualitas atau tidak maka nya di pake apaan senjata tempat ente cuman jadi pajangan doank gak pernah di pake...

      Hapus
  25. Sy Usul to anonymous2 sebangsa tanah air- hiraukan aja-propokasi dari ano2 malon ect- sebab gimanapun aksi propokatip mereka SUDAH TIDAK POPULER/ BAKAl TIDAK POPULER -TAK LAKU jangan digubris-biarkan saja mrk trus2 an berbual-

    BalasHapus