Rabu, September 04, 2013
15

BANYUWANGI-(IDB) : Dengan dipandu oleh para prajurit Batalyon Intai Amfibi-1 Marinir, sejumlah Marinir Amerika (US MARSOC) menjelajahi Taman Nasional Meru Betiri, desa Rajegwesi, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dengan melakukan materi latihan Jungle Survival dan Sea Survival, Selasa, (3/9/2013). 


Serka Marinir Tri Purwito dengan didampingi sejumlah pelatih dari Intai Amfibi-1 Marinir lainnya begitu bersemangat dalam memberikan penjelasan tentang tata cara bertahan hidup di hutan dan di laut dengan memperkenalkan sekaligus mempraktikkan cara menangkap dan memasak sejumlah binatang buas, antara lain: biawak, ular, dll serta memperkenalkan berbagai jenis tanaman hutan yang bisa dimakan secara langsung (tanpa harus dimasak terlebih dulu). Selain itu juga diperkenalkan berbagai macam hewan laut yang bisa dimakan.



Sejumlah prajurit Marinir Amerika pun cukup antusias dalam mengikuti materi latihan yang diberikan para pelatih andal dari Korps Marinir TNI AL tersebut. 

Meski mulanya terlihat agak geli, beberapa prajurit Marinir Amerika terus melakukan tekadnya untuk mencoba mencicipi sejumlah Botani dan Hewani yang telah dicontohkan terlebih dulu oleh para pelatih. 

Bahkan beberapa diantara mereka ada yang mencoba menangkap ular dan biawak serta menelan telur biawak mentah.


Untuk materi Sea Survival dilaksanakan di pantai Batu dan Teluk Hijau yang masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri desa Rajegwesi, kecamatan Pesanggaran, kabupaten Banyuwangi, Jatim


Kegiatan yang dikomandani oleh Letkol Marinir Edi Cahyanto tersebut merupakan bagian dari rangkaian latihan bersama Korps Marinir Indonesia–Amerika dengan sandi Lantern Iron 13–1 yang berlangsung hingga 6 September 2013.





Sumber : Kormar

15 komentar:

  1. Bat ano ano yang dikit dikit bilang "rahasia militer'' baca noh...militer kita ngajarin militer asing bagaimana bertahan hidup di hutan Indonesia.Jangan salah ,suatu saat Asu bisa jadi musuh.Ingat betapa rapatnya Irak dengan asu kemudian malah jadi musuh.Demikian juga Iran ,asu teman dekat iran dulunya....Rahasia senjata selagi kita beli dari luar pasti di umumkan dan semua orang tahu kecuali kita bikin sendiri.Peace bro ano ano..

    BalasHapus
  2. Bangga dan mengkhawatirkan. Belakangan banyak latihan yang dilakukan TNI kita dgn negara lain termasuk US. Semoga Survival ini bukan taktik dari US yang sedang memetakan georafis darat dan laut akan kekuatan TNI kita. Mengingat pangkalannya yang berada di pulau kanguru. Bravo untuk TNI....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem bro..saya khawatir ini strategi pengenalan kultur rimba dan laut untuk dipetakan dlm peperangan bila terjadi konfrontasi dg usa dan sekutu2nya...ingat penyadapan yg dilakukan inggris dan usa thdp presiden yg kemudian dibagikan ke ausi,(by:liem ban piet)

      Hapus
  3. indon mulai ketakutan..., usa udah kepong indon dari segala penjuru..., indon akan diblasah sama usa...; :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes ofcourse we are afraid especially with your traitor attitude as our neighbours ... western slaves !!!

      Hapus
    2. woi malonanjing, ngapain lo dimari..., hus.hus.hus.. pergi sono..dasar bangsa maling asia :-b

      Hapus
    3. seandainya kami diserang, kami bangga bisa melawan negara penjajah nomor satu didunia, daripada hanya jadi kacung seperti negara anda!

      Hapus
    4. Lama2 najis juga sama kelakuan saudara haram si malon kondang ini...hih

      Hapus
    5. Untuk ano ano semua... Ano 20.54 itu kayaknya bukan malaysia..
      Di lihat dari segi kata"ny itu orang melayu pontianak / mlainkan org indonesia sendiri... Kata"nya aja bisa di lihat..

      Dia cuma ingin mmerusak persatuan NkRi kita ..

      Hapus
    6. munafek cem dia ni, tunggu saje pasti celake

      Hapus
    7. Haha.. Kami bangsa pejuang bray... Dunia juga tahu sejarah perjuangan kakek dan nenek moyang kami. Dan kami sebagai darah muda indonesia akan melanjutkan perjuangan mereka jika hal itu sampai terjadi.
      Haha sekalean loe ikud juga lon. Biar rame.. Hahaha

      Hapus
  4. Itu malon cuweking aja ...

    Gak apa-apa ... kita yang sipil aja tahu bahayanya, apalagi TNI mereka pasti ga akan kasih semuanya ...

    Setuju banget dengan ano 19.54, memang ga ada teman dan musuh yang abadi,... yang abadi adalah kepentingan ...

    Kepentingan kita sekarang yaa itu 24 unit F-16, 8 unit Apache ... heheheheh

    BalasHapus
  5. Paling2 nyerah gara gara digigit nyamuk kayak beberapa tahun yg lalu tentara asu kan besar badan doang . . . !

    BalasHapus
  6. ITU pakaiannya tentara USA seperti KAOS berkerah kalau di tiru bagus juga biar TNI tambah gesit kalau tiba-tiba ada serangan tiggal di lapisin rompi anti peluru "ready for fight".
    just say....

    BalasHapus
  7. asu sambil nyari ks kita...dr jenis apa...

    BalasHapus