Rabu, September 04, 2013
0
MEDITERANIA-(IDB) : “Peran pemeriksaan dan penggeledahan, peran pemeriksaan dan penggeledahan,” demikian terdengar bunyi omroep KRI Diponegoro-365 yang akan melaksanakan latihan bersama dengan kapal perang negara Turki TCG Ruzgar P-344 dalam serial Boardex (Boarding Exercise) di Area of Maritime Operation (AMO) di Laut Mediterania Lebanon, Sabtu, (31/8).

Boardex adalah latihan pemeriksaan dan penggeledahan di laut sesuai Standard Operations Procedure (SOP) dan Role of Engagement (ROE) terhadap kapal-kapal yang dicurigai. Pelaksanaan latihan diawali dengan penyelidikan awal yakni prosedur “DEKENITETIKO” (dideteksi-dikenali-dinilai-tentukan-tindakan dan komando), selanjutnya pendekatan terhadap sasaran dan pengiriman tim pemeriksa mulai dari naik ke kapal, pemeriksaan terhadap legalitas ABK, dokumen, muatan kapal dan kegiatan kapal maupun kapal itu sendiri. Tujuan dari latihan ini melatih kesiapan personel tim VBSS (Visit  Board Search  and Seizure) unsur MTF serta melatih kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan boarding. 

Dalam skenario latihan kali ini kapal kargo MV Small Star, diperankan oleh TCG Ruzgar, sedang berlayar dari Tartous (Suriah) menuju Beirut.  Setelah diadakan Hailing terhadap MV Small Star dan meminta intensi dari MIO (Maritime Interdiction Operation) Commander, selanjutnya MIO Commander memerintahkan melaksanakan Boarding.  

Kapal kargo Small Star berbendera Itali tersebut dicurigai menyelundupkan senjata dan barang-barang  terlarang. Di sini  KRI Diponegoro sendiri bertindak sebagai kapal pemeriksa, yang pada saat itu sedang melaksanakan patroli sektor.

Selanjutnya Komandan KRI memerintahkan tim VBSS untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap MV Small Star. Tim yang beranggotakan 8 orang tersebut meluncur dengan menggunakan satu sekoci/RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat)

Pergerakan satu RHIB menuju Kapal kargo dari Itali tersebut dilaksanakan secara cepat dan dalam pengawasan dari KRI Diponegoro dengan menempatkan prajuritnya di meriam 20 MM dalam kondisi siap tembak.

Tim VBSS melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap ABK MV Small Star yang berkumpul di geladak buritan. Secara paralel tim juga melaksanakan pemeriksaan di anjungan dan ruangan-ruangan untuk mencari barang-barang terlarang/berbahaya atau ilegal. Disimulasikan dalam pemeriksaan tersebut tidak ditemukan senjata ilegal maupun barang terlarang yang akan diselundupkan ke Beirut. 

Dengan demikian kapal tersebut dinyatakan clear dan tidak berbahaya. Selanjutnya latihan pemeriksaan dan penggeledahan (Boardex) dengan TCG Ruzgar dinyatakan selesai, latihan berjalan aman dan lancar.






Sumber : Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar