Senin, September 23, 2013
13
MOSCOW-(IDB) : Hingga kini belum ada kepastian kapan jet tempur masa depan Rusia Sukhoi Perspektivniy Aviatsonnoi Kompleks Frontovoi - Aviatsii (PAK - FA) / T 50 -proyek pesawat tempur generasi kelima- memasuki layanan.


Keraguan ini didorong oleh masalah pada subsistem utamanya, penundaan juga karena untuk mengenalkan pesawat lebih lanjut ke layanan, dan rencana Rusia yang menginginkan India agar turut membiayai sebagian dari biaya penelitian dan pengembangan lebih lanjut dari T-50 .

Biro desain radar Rusia NIIP, pemasok utama radar untuk T-50, telah mengembangkan prototipe model radar N050 active electronically scanning array (AESA). Dan menurut seorang analis kedirgantaraan Rusia yang berkecimpung dalam program T-50, hasil uji terbang dari radar N050 yang dipasang di salah satu pesawat uji ke-4 T-50 memang sangat mengesankan. 


Namun N050 masih produk rakitan tangan dan saat ini kapasitas basis industri NIIP untuk memproduksi N050 secara massal belum ada, kata analis yang sama. Dan lagi, PPMs (transmit/receive modules) untuk N050 masih diproduksi di perusahaan elektronik militer Istok dalam skala terbatas, yang membuat biaya radar menjadi mahal. Dalam nada yang sama, analis itu juga mengatakan bahwa panel komposit T-50 adalah juga handmade yang masih menggunakan teknologi dasar.

Rancangan mesin final untuk pesawat generasi kelima ini juga masih diatas kertas, ahli industri dirgantara Rusia mengatakan. T-50 yang terbang saat ini masih menggunkan mesin yang sama dengan yang dipakai Su-35 yaitu Saturn 117S, dan untuk sementara tampaknya mesin inilah yang akan digunakan untuk batch produksi awal T-50.


Menurut para ahli industri kedirgantaraan Amerika Serikat,  bila tidak ada perubahan berarti pada T-50 maka bisa dipertanyakan apakah pesawat ini benar-benar berdesain low-observable. Beberapa aspek dari T-50 seperti konfigurasinya saat ini akan menghasilkan RCS yang sangat tinggi, serta IR, dan signature. Tentu ini akan memberikan musuh celah untuk mendeteksinya.


Faktor lain adalah program T-50 dianggap ekonomis hanya jika India melangkah untuk setidaknya membeli pesawat ini sebanyak 250 unit, dan juga akan ikut mendanai upaya penelitian dan pengembangannya. Tapi India berencana untuk mendapatkan hanya setengahnya saja (120-an). Ditambah lagi situasi India saat ini dalam program MRCu-nya (modernisasi AU) yang lebih memilih Dassault Rafale dari Perancis ketimbang pesawat Sukhoi/MiG Rusia. 


Jika situasi di India ini "memburuk," bisa saja India malah mengurangi lagi porsi untuk T-50-nya. Namun tetap saja, selain kendala keuangan untuk mengakuisisinya, T-50 jelas lebih superior ketimbang pesawat-pesawat yang dimiliki India saat ini, juga Dassault Rafale.
Sumber : Artileri

13 komentar:

  1. indonesia ikut nimbrung ajee...india cm mw 120 unit...sisa nya kita ajeee..hehehehehehe..#ngayal kaleeeeeeee :d

    BalasHapus
  2. Hehehe memangnya gampang apa...tinggal beli, seperti yang sering didengung-dengungkan blogger disini (indonesia harus punya puluhan ato ratusan T-50 PAKFA kata raka anom, hehe). Proyek rancang bangun pesawat itu nggak mudah.F 22 raptor saja...butuh waktu kira2 20 tahun buat operasional sejak terbang roll out pertama kali di awal 90an...

    BalasHapus
  3. admin.. ini berita nya udah 3 hari yg lalu,, di http://www.artileri.org/. apa ga ada yg lebih baru?

    BalasHapus
  4. jangan kawatir gan, itu strategi ruski supaya asu snang dlu, tapi....

    BalasHapus
  5. klo indonesia nimbrung dkit" hrs TOT, nah mereka mau gak.?? tp jgn kaya TOT di kroya cm boleh melihat. :d

    BalasHapus
  6. WAH RUSIA AJA MASIH MENGALAMI KENDALA YANG LUAR BIASA...TAPI INDONESIA KELIATANNYA GAK KALAU DIPIMPIN AMA BJ HABIBIE GITU....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau soal pesawat terbang pasti Indonesia maju dibawah Habibie, tapi berapa pulau lagi yang harus hilang selain Timor Timur yaa??? wakakakakakakak

      Hapus
    2. ano 14:39
      ente type orang yg lebih suka melihat/menilai hasil daripada proses ya?
      harus diluruskan nih..
      mr.Habibie waktu itu berada dibawah tekanan dunia internasional, jd siapapun presidennya waktu itu, akan akan mendapat tekanan yg sama oleh komunitas internasional.
      karena memang TimTim hanya secara de vacto kita aneksasi, dan menjadi wilayah yg paling boros untuk dihidupi.
      mr.Habibie waktu itu hanya dapat peran "the right man at the wrong time".
      walopun begitu beliau seorang presiden yg sangat produktif dengan masa jabatannya yg sangat pendek.

      Kalau tanya pulau yg lepas (yg seharusnya benar2 milik NKRI), yg lebih tepat bukan ditujukan ke mr.Habibie tp kabibet presiden sesudahnya yg hanya bisa menjual asset penting milik negara ke luar negeri

      Hapus
  7. indonesia harus melirik rusia untuk bekerjasama sebagai negara ke tiga untuk pengembangan T-50 ini, batalin aja kfx yang gak jelas dengan korea itu.

    BalasHapus
  8. semoga indonesia join juga ke proyek pak fa... amiiin.. :>)

    BalasHapus
  9. Semuanya pasti ada proses...buat pesawat langsung jadi hebat banget dong...mustahil kalau ngak ada kendala dulu

    BalasHapus
  10. di bawah kepeminpinan baru hanya hitungan bulan pastilah tiga serangkai proyek pak fa t50 bakal berlanjut rusia india dan indonesia pastilah itu asal dengan sarat indonesia di pinpin bukan penjahat bisanya memperkaya diri .anti krupsi . kita tunggu 2014 era baru presiden baru . alutsista bukan barang bekas atau class 2 .

    BalasHapus
  11. ANDA PUTUS SEKOLAH / KULIAH ?!
    MEMBUTUHKAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH ?! INGIN MERUBAH MASA DEPAN MENJADI JAUH LEBIH BAIK ?!
    ATAU ANDA MEMBUTUHKAN DOKUMEN PENTING LAIN ?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP UNTUK MELAYANI DAN MEMBANTU KESULITAN ANDA UNTUK MEMENUHI DOKUMEN DOKUMEN PENTING YANG ANDA BUTUHKAN.

    PELAYANAN KAMI PROFESIONAL KARENA KAMI AKAN MEMBERIKAN BUKTI, BUKAN SEKEDAR JANJI.
    DOKUMEN YANG KAMI SEDIAKAN AMAN - TERDAFTAR DAN TIDAK AKAN ADA MASALAH DIKEMUDIAN HARI KARENA UNTUK KEAMANAN LEGALITAS KAMI BERANI MENJAMIN.
    RAHASIA IDENTITAS PEMESAN AKAN KAMI PASTIKAN AMAN DAN TERJAGA .
    AMAN UNTUK MELANJUTKAN JENJANG PENDIDIKAN. AMAN UNTUK MELAMAR KERJA. AMAN UNTUK TEST CPNS.
    AMAN UNTUK MASUK TNI / POLRI


    DAFTAR HARGA IJAZAH SEKOLAH / UNIVERSITAS :

    IJAZAH SD : 4.000.000
    IJAZAH SLTP : 4.000.000
    IJAZAH SMU : 4.000.000
    IJAZAH D3 : 6.000.000
    IJAZAH S1 : 8.000.000
    IJAZAH S2 : 16.000.000


    UNTUK INFORMASI LEBIH JELAS SILAHKAN ANDA KIRIM PERTANYAAN MELALUI EMAIL : 085736927001.ku@gmail.com
    ATAU SMS KE : 085736927001

    KAMI AKAN BERUSAHA MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI KARENA KEPERCAYAAN YANG ANDA BERI AKAN MEMBANGUN KINERJA TERBAIK KAMI.

    www.pembuatanijazah.blogspot.com
    www.jasapembuatanijazahpalsu.blogspot.com

    BalasHapus