Minggu, Agustus 18, 2013
14
MiG-29M2

MOSCOW-(IDB) : MiG-29M2 adalah pesawat tempur multifungsi buatan Rusia, "invisible" dan terbuat dari bahan komposit dan ditutupi dengan lapisan yang membuatnya sulit dideteksi radar musuh, sekaligus memiliki manuver yang baik.

Dalam waktu dekat, jika Serbia dan Rusia jadi menandatangani perjanjian pinjaman untuk pembelian pesawat tempur MiG-29M2 dan sistem rudal pertahanan udara S-300, maka kemampuan tempur udara Serbia akan meningkat signifikan. Berapa lama lagi pilot Serbia baru bisa menerbangkan pesawat tempur tersebut? Semua tergantung kapan pinjaman akan disetujui Rusia dan kapan pabrik MiG menerima uang mukanya.

Direktur Jenderal perusahaan Rusia untuk produksi pesawat MiG, Sergei Korotkov, mengatakan dalam wawancara dengan RIA Novosti bahwa pesawat tempur Rusia ini (MiG-29M2) harganya lebih murah dan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pesaingnya. MiG-29M2 adalah pesawat modern multifungsi, setiap pilot Serbia pasti akan cepat terbiasa dengan pesawat ini, karena mereka sudah sejak lama menggunakan MiG-29. Tidak diperlukan pelatihan yang lama bila hanya untuk menggunakan perangkat dan tekniknya.

MiG-29 versi lama adalah pesawat interseptor yang biasanya ditugaskan untuk mempertahankan daerah tertentu, dan MiG varian terbaru mampu melaksanakan misi-misi lain, karena dipersenjatai dengan senjata berakurasi tinggi. MiG-29M2 selalu efektif untuk memukul target di darat dan di air, selain tentu saja efektif untuk menghadapi lawan di udara. MiG-29M2 mampu lepas landas atau mendarat di jalan aspal biasa dan terbang di semua kondisi cuaca, ujar Korotkov.

MiG-29M2 bisa dipesan dalam bentuk satu atau dua kursi pilot. Untuk MiG dengan satu kursi pilot, maka ruang yang kosong diganti dengan tanki bahan bakar tambakan. Jika dua kursi pilot, kursi yang satunya lagi dapat digunakan oleh instruktur atau operator.

Keunggulan lainnya dari pesawat tempur ini adalah dapat menggunakan senjata buatan Rusia dan asing, yang menjadikannya kompetitif di pasar, kata Korotkov sembari menambahkan bahwa mereka yang tahu dengan harga pasti sadar bahwa harga MiG-29M2 secara signifikan jauh lebih murah dari pesawat-pesawat barat seperti Eurofighter, Rafale atau pesawat buatan Amerika. Harga MiG juga bisa bervariasi tergantung dari permintaan pelanggan.

Dia menjelaskan bahwa MiG-29M2 dan MiG-35, keduanya versi terbaru, adalah pesawat yang sama. Nama MiG-35 digunakan pembeli dari dalam negeri (militer Rusia), sedangkan sebutan MiG-29M2 adalah untuk versi ekspor.

Di dunia ini tidak ada kriteria pasti yang disetujui bersama tentang apa yang menjadi syarat pesawat tempur generasi ke-5, namun secara tidak resmi juga diakui bahwa ada beberapa fitur yang mensyaratkannya. Misalnya, salah satunya adalah minim/tidak terlihat sama sekali oleh radar lawan. Seri MiG yang terbaru sudah dilengkapi fitur ini walaupun tidak "sesiluman" T-50 atau F-22 Raptor.

Korotkov juga mengatakan bahwa 29 negara di dunia ini sudah menggunakan MiG-29, dan bahkan Amerika Serikat juga memiliki pesawat ini yang mereka gunakan untuk melatih pilot mereka.






Sumber : Artileri

14 komentar:

  1. pesawat jelek, paling banyak hancur, sasaran pespur Barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. masya sih malh barat yg bakal ancur f 22 udah disingkirkan sukhoi 50 park fa apa yang ditakutin timur sekarang...

      Hapus
  2. iya betul-dulu th 1993 si TUDM bangga pede se ASEAN gara2 pake 18 fulcrum-ehh kabarnya skarang fulcrum jiran udah fhaseout?..biaya operasional mahal-apakah MIG29/35M2 juga gak beda mahal?to blog indo defence sy mau tanya:16 jet T50 strike EAGLE TNI kbar datang september-mudah2n cepat dikirim dan tidak undur2 lg-juga -ko artileri 155mm caesar/astros/leopard2 dll kok belum dikirim2 sih-kapan datang nya-lama amat sih-janji2 mulu.smoga segera datang.trimz

    BalasHapus
  3. tetep su35 incaran lawan sepadan F35 pesen dipincuk....

    BalasHapus
  4. Dikatakan jelek sih relatif, tergantung operatornya (dulu banyak dijatuhkan oleh pespur barat kala dipakai Iraq dan serbia). Yang jelas waktu dilakukan latian bersama antara USAF dan MiG 29 ex milik Jerman Timur, pilot2 NATO punya catatan bahwa dari segi avionik di kokpit, MiG 29 kala itu (awal 90an) kalah dengan standar NATO, tetapi mereka angkat topi soal kelincahan dan rudal yang digotong MiG 29 kala itu, yaitu AA 11 archer. Pesawat ini memang tidak bisa dibandingkan dengan pespur kelas berat macam Su 27 family coz dia digolongkan sebagai pespur menengah macam F-18 Hornet.

    BalasHapus
  5. MIG29 fulcrum punya kategori TOP-dalam catatan panjang kekalahan dogfight-secara spek si fulcrum emang categori papan atas di dalam demo-kertas-dan fakta melebihi power F15 eagle-tapi sayank fakta utama membuktikan laen:di gulfwar-MIG29 serbia di konflik balkan di bogem KO oleh F16 belanda dll-belum lagi MIG29 si TUDM yg belum apa2 dan cuman dipake FLYPASS di istana raja malaysia udah di grounded fhaseout-MIG29 TUDM butut reyot-mungkin si MIG29 TUDM kalah KO juga bila di dogfight dengan A4 SKYHAWK-OV10 BRONCO-he he

    BalasHapus
  6. Pesawat yg cantik buat menembak para demonstran dalam radius 100km sudah dapat memusnahkan para demonstran maupun fpi, sangat cocok diakuisisi oleh nkri(kan harga mati) beli 1skuadron sdh cukup tuh, tahun depan bbm boleh dinaekkan deal

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju... pesawat ini juga sangat cantikuntuk digunakan menembak kepalamu dari jarak 100meter!!! hi ano 10.57, NKRIharga mati setuju saya, tapi NKRI jg harus bersih dari pelacur, koruptor, minuman keras, judi,preman dll. yg tegas berani hadapi itu semua tuh FPI!! polisi malah dapat setoran!!! ganti saja polisi dgn FPI!!!

      Hapus
  7. memang pesawat yang jelek....walau manuvernya diatas F-15, tapi yang paling menentukan pada saat pertempuran dan sejarah pertempuran mengatakan MIG 29 SASARAN EMPUK PESAWAT BARAT ARTINYA PESAWAT JELEK

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow.F-15 hornet itu mampu di deteksi radar ngx perlu migg deh cukup misil ajah pasti acoor...

      Hapus
  8. woy,antonim lo gax bisa buat pesawat aja geh.mending bisa or g
    itu migg baru tekno nya lebih canggih bro lo jadi gil sendiri f-15 itu mudah di deteksi sasaran empuk su 35,su 47,migg 29 dan migg 35.F-22.aja barat itu kalah brais.pesawat barat and amrik itu cuma bagus bagusin aja padahal kualitas teri....?tekno rusia lebih canggih amrik aja dia ajak perang syuria gax berani amerika dan sekutu nya...mana amrik cuma majang di l.mediteran nyerang gax barat itu fuck...

    BalasHapus
  9. woy.antonim pesawat mig itu canggih dari pada mungkin lo thu yg lama lo orang jadul f 15itu pesawt jadul kacangan hahaaa...pesawat mig itu canggih nya brais lo aja gax bisa buat pesawat sewot gila lo.sendiri lo ya.pesawat bra tu hanya katanya bagus tapi geblek .mana barat di tantang perang ama timur aja ngax berani rusia nantang malah gax berani huuu.mana barat malah majang di mediterania ktanya nyerang syuria.mana giliran rusia and cina baru bilang mau bantu belum di bantu udh takut mglah gax jadi nyerang.sukhoi and migg itu malah yang jadi sasaran itu pesawart barat .masya pesawat f-22 yg di bilang canggih padahal dalam nya bobrok fuck you...

    BalasHapus