Rabu, Agustus 21, 2013
34
SITUBONDO-(IDB) : Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Purwadi mewakili Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington secara resmi membuka latihan bersama Korps Marinir TNI AL dengan United States Marine Corps (USMC) di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jatim, Selasa, (20/8/2013).


Latihan bersama dengan nama Lantern Iron 13-1 yang diikuti oleh prajurit Batalyon Taifib-1 Marinir dan US MARSOC tersebut berlangsung mulai 20 Agustus 2013 hingga 6 September 2013.

 Dalam amanatnya yang dibacakan Asops Dankormar, Komandan Korps Marinir mengatakan bahwa situasi global khususnya keamanan maritim menuntut kesiapan Korps Marinir secara optimal. Untuk mencapai tingkat kesiapan yang optimal, prajurit Korps Marinir yang profesional dituntut untuk memiliki standar tertinggi dalam hal teknik dan taktik guna menangani berbagai situasi yang berkembang, sehingga dengan pelaksanaan latihan Lantern Iron 13 – 1 semua tuntutan dapat terpenuhi.


Latihan kali ini, lanjutnya, memfokuskan pada permasalahan pertempuran di darat dan di laut mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaannya. Kedua belah pihak akan saling bertukar pengetahuan, khususnya materi kemampuan Intai Amfibi, perang hutan dan sniper melalui metode teori hingga praktek di lapangan.



 
Sementara itu, Letkol Marinir Edy Cahyanto selaku Komandan Satgas Latihan mengatakan tujuan latihan Lantern Iron 13 – 1 yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik dan taktik prajurit Taifib serta menjalin kerjasama/persahabatan dengan prajurit US MARSOC dalam bidang militer.


Materi yang dilatihkan, lanjutnya, meliputi teori di kelas dan praktek di lapangan, untuk teori di kelas meliputi pertolongan pertama korban perang (Medical/Tactical Combat Casualty Care), dan identifikasi serta tindakan terhadap bahan peledak (Demolition Identification dan reaction), sedangkan untuk praktek dilapangan, materinya meliputi menembak sniper, operasi renang rintis (scout swimmer operation), raid amfibi, pengintaian pantai (beach landing technique), jungle and sea survival dan berganda (full mission profile).


“Latihan Bersama Lantern Iron 13 – 1 melibatkan 77 prajurit, 66 prajurit Taifib-1 Mar dan 11 prajurit US MARSOC, dengan menggunakan daerah latihan di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran untuk materi teori dan menembak, sedangkan untuk materi lainnya dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur Lampon Banyuwangi,” tambahnya.


Turut hadir dalam kesempatan tersebut Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Edi Eka Susanto, Dandim Situbondo Letkol Arm Sugeng Riyadi, Kapolres Situbondo AKBP Erthel Stephan, Paban Sops Pasmar-1 Letkol Mar Amir Kasman, Komandan PLP Baluran Letkol Mar Agus Gunawan Wibisono dan beberapa pejabat TNI/Polri diwilayah Situbondo.






Sumber : Kormar

34 komentar:

  1. Usa n indon ~ majikan n babu
    Majikan sedang ajarin babunya cara kerja yg baik n benar, supaya freeport aman tidak ada yg protes, kalo ada yg ungkit" soal freeport kan sdh diajarin cara mengatasinya oleh majikannya, maka dari itu diberikan hibah ep-16 dan disetujui penjualan heli apace dgn harga yg tak bisa disebutkan(rahasia), kalo ada para demonstran yg macam" tinggal pencet tombol maka keluarlah api neraka memusnahkan para demostran itu, majikan siap mengajarin babunya >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari pada malon n inggris ~ anjing n majikan...keh..keh..keh.. 8-)

      Hapus
    2. sepertinya kamu tahu persis memgenai babu. apa kamu ini anak babu ya ? atau anak haram dari hubungan gelap babu ya ? hahaha...

      Hapus
  2. knapa lon iri hati ya eg bagus untuk kesehatan lon

    BalasHapus
  3. hehehehe ada anjing malonte tuh :d (h)

    BalasHapus
  4. Dia bukan malon, tapi orang kita yang suka mancing di air santan, alias provokator.

    BalasHapus
  5. Ternyata di Indonesia banyak pengkhianat bangsa, sungguh kasihan para pahlawan kita yang sudah berjuang dengan menumpahkan segala harta , darah dan doa.. TAPI MEREKA DENGAN SEENAKNYA MENIKMATI SEGALA KARUNIA BANGSA INI TANPA PEDULI PENDERITAAN DAN PERJUANGAN BANGSA INI...
    ANO 10.16 SADARLAH SEGALA KUTUKAN DAN KEBENCIAN BANGSA INDONESIA AKAN MENYERTAIMU...

    BalasHapus
  6. Malaysia.negara yg penuh utang.utang negara 56% utang rakyt 67%dri PDB'nya. Org2 melayu di hina di negarnya sndiri ma org cina. Ekonomi 90% dikuasai kaum cina.apa gk sadar. Raja2nya di hina oleh kaum cina. Partai DAP dngn bngga mengusir secara halus kaum melayu keluar dri pulau pinang. Ktnya ada uang.ada mobil. Mobil pun kredit 15 tahun cw proton.perodua. 60%rkyt malysia guna mobil bekas uda berumur 20 tahun.rumah2 pun dindin papan. Mana2 hutan. Lhat indonesia dngan KDNK 1'1 trilliun. Dngn kelas pertengahan 140 jta org.. Coba lhat kelantang.perak kedah terengganu pahang semua kampung. Aku pernh pergi tamping negr sembilan masya allah blm pernh aku lht di indonesia.cri pulza 7 kilometer bru jumpa. Hutan mana2.kereta buruk2. Taxi jelek2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aksen malon ni.di malon mobil disebut "kereta".ketemu disebut "jumpa"

      Hapus
    2. omongan provokator yang bisanya adu domba.

      Hapus
  7. KATA KATA MUTIARA DARI JENDERAL SUDIRMAN KITA "Ibukota negara boleh jatuh, presiden boleh ditawan, tapi TNI tidak pernah menyerah. Benteng terakhir republik ada dalam hati para prajurit."...."HIDUP JENDERAL SUDIRMAAAAAAANNNNNNN"

    BalasHapus
  8. Wahai rakyt indonesia.kalian bisa bngga hdup di indonesia.lhat nanti tahun 2014 pemerintah larang ekspor bhan mentah tambng. Apakah bisa beroperasi kilang2 di malysia. Lhat cikarang kmpleks industri terbesar di asia tenggara. Apa yg bisa di bnggakan dngn mlysia. Ekonomi di jajah ma kaum cina. Lhat la mall2 besar gk ada 1 sen pun saham org melayu..semua dimiliki org asing.lhat ESSO dimiliki philipina.1 sen gk ada saham org melayu.apa di tengah kuala lumpur ada org melayu jawbnya gak ada. Org melayu lari ke pinggir kampung.yg dikota 99% org cina ma india.org cina bilang kaum melayu pemalas. Maknya bnyk org cina gk beli bensin di petronas krn ktnya nanti uang itu untk bantuin org2 melayu gk krja.bnyk melayv jadi pencuri. Pemungut sampah. Wahai rkyt indonesia malaysia skrg berpech. Kaum cina ingn menjadikan malysia negara republik. Dlu benderanya uda di sebar di jalan.

    BalasHapus
  9. Wahai rakyt indonesia lhatla perdana mentri malaysia dngan bngga mengatakan bhwa dia adalah org BUGIS.di kantornya cm ada replika perahu phinisi.trz wakil perdana mentrinya muhyiddin yasin dri pagoh pun org BUGIS lhat ketua bursa saham malaysia tajuddin atan pun org BUGIS.mantan ketua mentri melaka. Mantan ketua mentri johor pun BUGIS. Mpe raja johor dan selanggor keturunan BUGIS. Mentri dalam negri skrg org jawa dri yogyakarta. Apa lg cm org2 melayu bodoh gk mengetahui sejarahnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. PROVOKATOR
      ga ada hubungannya dimari.

      Hapus
    2. Bukan provokator.tpi kenyataan.lhat org melayu lari msuk hutan.yg dikota kaum cina. Mudah2han indonesia peran ma malysia.gk usah repot kaum cina ma pendukung anwar pasti bntuin. Soalnya kaum cina n anwar mau jdikan malysia NEGARA REPUBLIK MALYSIA. Rakyt indonsia pasti mendukung. Jelas2 kaum cina benci melayu.lhat singapura permalukan malysia

      Hapus
  10. 12.30 kamu anjing. Kamu dimana rumahmu di mana babi.sy akan dtang anjing.babi.

    BalasHapus
  11. Lu yg babi dan anjing!!! Alamat gw kalo lu babi laki datang aja di terminal serang jalan sultan hasnudin nmr 24 banten, nama panggilan gw ucak, sangat amat sy tunggu babi biar kita coba saling sembelih!!! Gw tunggu secara terang2an atau pun diam2!!! Sekali lg gw tunggu!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke nama qw mamat ntr qw datang anjing.kt buktikan bugis makassar ma serang anjing. Qw di ciracas lu turung di kampung rambutan babi.ane org jaktim

      Hapus
  12. PADA BNYK BICARA LO SEMUA SETAN!!!LO JG YG DI TERMINAL SERANG,LU GEMBEL YAK MAENANNY DI TERMINAL?PANTES U GA PUNYA OTAK,OTAK UDANG U DASAR!!by :Adrian Kalibata city hebras/06

    BalasHapus
  13. OtAk gw lebih dari elu anrian kalibata tai babi

    BalasHapus
  14. broo,,,kalau anda nggak seneng tinggal di indonesia silahkan anda keluar dari indonesia,nggak usah seperti banci yang cuma bisa buat kata-kata yg provaktif dan ngadu domba..saya tau coment yang paling atas itu orang indonesia.

    BalasHapus
  15. Lebih Indonesia Malaysia Singapur, pokok asean bikin aliansi aja. Kalau perlu sumpah pocong sehidup semati satu saudara saling menghormati, diawali dari kita, yang di forum ini, semua orang. Amien.

    BalasHapus
  16. Comment yg paling gak usah ditanggapi. dia itu anak babu..

    BalasHapus
  17. Woy woy komentnya jadi pada ngawur.......Admin nya mana hapus tuch koment yg bikin resah. beda pendapat boleh haknya masing2 tapi pake tata krama

    BalasHapus
  18. Keren keeeereeeen komentarnya...semoga di negeri ini ga ada lagi tawuran bocah bocah sok jago yg sekedar meluapkan ke egoisan semata. Pasti diskusinya pake sudut ilmu pengetahuan dan santun....semoga,bismillah .

    BalasHapus
  19. wow komen nya segala isi kebun binatang di sebutin semua hehehe mantap dan unik.... lanjutkan

    BalasHapus
  20. Semakin ketawa ini oknum yang ingin lihat hancurnya Indonesia.

    BalasHapus
  21. Gw hanya ketawa liat komenya, katanya uda ada taraf pendidikan yang tinggi, tapi kok kayak orang yg gk perpendidikan, yg d luar RI, itu urusan negaranya, biar diajari cara sopan santun. Ini blog militer om, bukan ajang cari masalah provokasi. klo mau debat, sono d kaskus sono, biar gk buat rusuh d sini

    BalasHapus
  22. SERANG ANJING.BABI. Gk ada bukti. Lo datang di makassar.qw penggal kepalamu anjing. Cm jago kandang semua.anjing kamu serang. Kamu gk bisa dtang di makassar lo dtng di tanjung priok atau di cijantung.q bolak balek jakarta makassar. Ngomog kyk anjing.babi kamu.org serang ktnya bnyk ilmu hitam kalau di makassar cm dimakan mentah ilmu hitammu.

    BalasHapus
  23. Ayo SULAWESI.KALIMANTAN. PAPUA. buat negara sendiri.ikut dngan makassar. Kalian tau tau di kalimantang mayoritas org bugis kuasai perdagangan.ditarakan.papua.ayo kta sama2 MERDEKA. SULAWESI.KALIMANTANG.PAPUA kitorang semua basaudara.

    BalasHapus
  24. Serang itu gudang babu.mau cri babu dtng je ke serang.org malysia mau cri babu ke serang aja. Semua perempuan sana jadi babu di malysia. ANJING SERANG.BABI SERANG. KAPIR LO SERANG.

    BalasHapus
  25. ceritanya ni provokator mau ngrusak suasana... CERITANYA......

    BalasHapus
  26. admin tukang sensor nya mana neh

    BalasHapus