Sabtu, Mei 25, 2013
0
Latihan Centrixs

Prajurit TNI Angkatan Laut dan US Navy melaksanakan pelatihan tentang Alat Komunikasi Elektronika Combined Enterprise Regional Information Exchange System (Centrixs exercise) yang akan digunakan untuk mendukung Satuan Tugas (Satgas) Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness and Training (Carat) 2013 pada kegiatan manuvra di laut (sea Phase) di Ruang Rapat, Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta, Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Jumat (24/5).

Kegiatan Centrixs exercise merupakan kerjasama antara TNI Angkatan Laut dengan US Navy dalam bidang pengenalan alat komunikasi yang berbasis website dengan Combined Enterprise Regional Information Exchange System.

Dalam Centrixs Exercise yang diikuti lima personel komunikasi elektronika dari US Navy dan enam personel TNI Angkatan Laut tersebut, dilatihkan bagaimana cara mengirimkan informasi atau berita dari suatu pangkalan ke kapal yang berlayar dan antar kapal serta bagaimana dengan mudah mengetahui keberadaan posisi kapal kawan maupun lawan melalui sistem jaringan yang digunakan di kapal perang.

Latihan Perang Kota 

Prajurit Marinir TNI Angkatan Laut melaksanakan latihan perang kota bersama Marinir Amerika atau United States Marine Corps (USMC) di daerah Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Antralina, Jawa Barat, Kamis (23/5).

Latihan perang kota merupakan salah satu materi latihan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2013, melibatkan Satuan Setingkat Peleton (SST) yang dilaksanakan Marinir Indonesia dan Amerika.

SST Marinir TNI Angkatan Laut gabungan dari Batalyon Infantri (Yonif) jajaran Brigif-2 Marinir yang berjumlah 27 personel di bawah pimpinan Letnan Dua Marinir Galih. H melaksanakan latihan taktik perang kota seperti pemantapan latihan tanda-tanda visual dalam patroli, teknik melintasi bangunan serta tehnik penyerangan pemukiman dan kota.

Disamping itu, latihan perang kota kali ini juga untuk melihat sejauh mana taktik maupun teknik yang digunakan antara Marinir kedua negara apabila terjadi gesekan dari pihak yang tidak bertanggung jawab dan bagaimana cara penyelesaiannya.

Latihan Sea Phase di Laut Jawa, Selat Sunda Dan Samudera Hindia 

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afload Readiness And Training (Carat) 2013 antara TNI Angkatan Laut dan US Navy Kolonel Laut (P) Edi Sucipto yang sehari-harinya menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta, memimpin latihan manuvra di laut (sea Phase) dengan dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (24/5).

Dansatgas Latma Carat 2013 yang on board di kapal markas KRI Sultan Iskandar Muda-367 mengatakan, latihan sea Phase yang akan berlangsung hingga tanggal 26 Mei 2013 mendatang, selain melibatkan unsur laut juga melibatkan unsur udara dari TNI Angkatan Laut dan US Navy.

Latihan bersama tahap laut (Sea Phase) akan dilaksanakan di perairan Laut Jawa, Selat Sunda dan Samudera Hindia dengan melibatkan antara lain unsur kekuatan TNI Angkatan Laut yaitu KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan KRI Oswald Siahaan-354, sedangkan unsur kekuatan Amerika Serikat melibatkan USS Tortuga LSD-46 dan USS Charles Momsen DDG-932.

Pada latihan sea Phase tersebut akan melaksanakan serial latihan yang meliputi VBSS-MIO, Formation Steam, ASWEX/EMATT (Expendable Mobile ASW training Target, DCEX (Dammage Control Exercise) / Drill, FLASHEX (Flashing Exercise), PUBEX (Publication Exercise) dan NSIC (Night Steaming In Columm), GUNEX (Gunery Exercise) dengan menggunakan target HSMST (Hight Speed Manouver Surface Target), MISSILEX (Missile Exercise) dengan menggunakan target BQM-74, SAREX (Search and Rescue Exercise), DLQs (Deck Landing Qualifiqations)/Cross Deck Landing, DIVTAC (Tactical Formation in Divsion), PHOTEX (Photo Exercise)





 
Sumber : Koarmabar

0 komentar:

Posting Komentar