Senin, April 08, 2013
41
JAKARTA-(IDB) : Pasukan khusus itu merupakan asset nasional yang mana negara berhak dan bertanggung jawab untuk menjaga atas kredibilitas yang dimiliki oleh pasukan khusus. Merupakan hal yang patut dibanggakan karena kredibilitas Pasukan Khusus dalam dunia Global pada saat ini menduduki peringkat yang ke tiga. Dengan demikian hal itu juga sekaligus tantangan yang harus dipertanggung jawabkan.
 
Demikian dikatakan Wamenhan, Sjafrie Sjamsoeddin saat memberikan pengarahan tentang Peran Kopassus dalam peperangan di Abad 21 kepada perwira di lingkungan Kopassus, pada Apel Dansat Kopassus T.A 2013, Senin (8/4) di Ksatrian Grup-1 Kopassus Serang, Banten.

Lebih lanjut Wamenhan menjelaskan bahwa mempertahankan kredibilitas Kopassus juga sebagai salah satu peran dari pasukan khusus didalam sistem pertahanan negara yang berada di posisi regional power dengan situasi politik, ekonomi, pertahanan dan kesatuan nasional yang stabil.

Wamenhan juga mengungkapkan masih banyak lagi peran-peran lain yang dimiliki Pasukan Khusus di dalam lingkup kekuatan militer, diantaranya Kopassus adalah satu embrio dari cermin kekuatan bersenjata yang patut dibedakan dengan satuan khusus lainnya.

Disamping itu menurut Wamenhan, Pasukan Khusus harus memiliki dimensi internasional atau referensi agar bisa berperan dalam kancah dunia internasional. Hal tersebut sebagai dampak dimana negara harus membuka hubungan peran pasukan khusus dengan negara-negara di dunia internasional. “ Pada saat pasukan khusus berada pada level internasional, anggota Kopassus harus memiliki kemampuan dan kualitas yang sama dengan pasukan internasional lainnya,” kata Wamenhan.

Ditambahkan Wamenhan, Pasukan khusus dengan berbagai strategi yang bervariasi dan khusus dapat berperan untuk selalu memberi warna dalam fenomena peperangan dan pertempuran.

Pada kesempatan tersebut, Wamenhan menghimbau kepada Anggota Kopassus untuk memiliki ciri-ciri yang sama dari anggota pasukan khusus di dunia internasional. Salah satunya mencakup professionalitas baik dalam pengetahuan militer dan persenjataan yang harus dapat diaplikasikan kedalam suatu keterampilan saat menjalani tugas-tugas operasi. Ditambahkan Wamenhan ciri-ciri tersebut harus tetap terpelihara dan menjadi pegangan seluruh anggota Kopassus, karena sudah menjadi kewajiban moral dan moril serta kewajiban professional Kopassus.





Sumber : DMC

41 komentar:

  1. Aku dukung kopasus.
    Premannisme brantas...

    BalasHapus
  2. Hanya orang bodoh bin tolol yg membela premanisme DPR goblok/ komnasham goblok tolol

    BalasHapus
  3. brantas preman..tegakkan supremasi hukum..negara harus tegas dalam hal ini..

    BalasHapus
  4. Dukung kopassus

    https://m.facebook.com/SatuMiliarDukunganUntuk11Kopasus?id=124827167707175&_rdr

    BalasHapus
  5. Mmmhhh, Koppasus ..............I loved it!!!

    BalasHapus
  6. sip pertahankan kopasus tambah terus anggota kopasus

    BalasHapus
  7. Pertahankan & tingkatkan kredibilitas Kopassus di dunia internasional..tingkatkan kemampuannya, tambah lg persenjatannya dan tambah lagi 1 Grup dg 3 batalyon dg lokasi di jawa Timur..i love kopassus, jayalah NKRI, bubarkan komnas HAM, bubarkan setara institute, bubarkan imparsial dan LSM sejenisnya yg tidak ada MANFAATnya sama skl buat rakyat indonesia

    BalasHapus
  8. Kopassus adalah satuan elite kita yang sangat disegani dan ditakuti oleh asing.Karena prestasinya yang sudah mendunia.
    Jadi wajar bila sepak terjangnya selalu menjadi berita didunia internasional.

    Apapun penilaian asing terhadap kopassus tidak mempengaruhi penilaian masyarakat kitaterhadap kopassus.
    Dikarenakan sama kadarnya dengan penilaian ORANGTUA terhadap ANAKNYA.

    @Bung Bole
    Bung bole bisa menceritakan memorabilia pengalamannya tentang kopassus.
    Untuk menambah wawasan generasi muda sekarang...
    monggo cak ditunggu pencerahannya

    BalasHapus
  9. Hidup bung boleroes

    BalasHapus
  10. Kalau sudah profesional alutsistanya ditambah terus dong buat 3 angkatan. Mereka khan pasti mikirin juga equipment yg seimbang dengan tetangga2. Buat Polri & aparat hukum lainnya tegakkan hukum, jangan pandang bulu, jadi rakyat & 3 angkatan tidak gerah dan panas.

    BalasHapus
  11. Preman kok di pelihara

    BalasHapus
  12. Hidup TNI....!!!
    Hidup Kopasus....!!!
    Para Ksatria bangsa & negara Indonesia....!!!

    BalasHapus
  13. wah bung Boler nongol juga di judul ini.

    Tp menrut ane pelanggar ham sejati adalah yang membiarkan premanisme merajalela di bumi nusantara ini. Silakan kalian tebak siapa yg membiarkannya? Itu yg secara hukum positif memiliki kewenangan dalam menjaga keamanan, kenyamanan dan ketentraman masyarakan. Dan selama ini mereka itu cuma tidur ngorok gedein kemaluan doang. Razia preman itu cuma omong kosong. Seharusnya kalo mereka merazia preman yg mendata bukan mereka, tapi KORAMIL, KODIM, KOREM, atau KODAM sekalian. Itu preman bakalan takut kalo berbuat ulah lagi. Karena persepsi preman2 itu, kalau mereka berbuat ulah maka mereka akan diciduk oleh minimal dari KODIM dan dimatiin serta mayatnya dibuang ke sungai besar seperti peristiwa petrus. Jadi kesannya benar2 menakutkan bagi preman2 itu. Tidak seperti sekarang, sekarang didata besok bikin onar besoknya lagi au ah gelap (kata petugasnya).

    BalasHapus
  14. Penembakan 4 preman oleh anggota Kopassus sama sekali tidak menurunkan kredibilitas Kopassus, justru sebaliknya langkah tegas dan terpuji 11 Anggota Kopassus tersebut menambah harum nama Kopassus di kalangan rakyat Indonesia. Karena mereka telah membebaskan warga dari tekanan & ancaman preman yang ternyata sebagian anggota preman tersebut adalah aparat penegak hukum yang seharusnua melindungi masyarakat

    BalasHapus
  15. DAMN I LOVE RED BARRET...

    BalasHapus
  16. Tp hendaknya pula profesionalitas TNI termasuk kopassus,lbh diarahkan utk pertahanan NKRI dari ancaman luar dan dlm negeri.
    Minimalkan permusuhan kpd rakyat,kecuali yg jelas2 mengganggu hankamnas RI.
    Utk menghadapi makar2 yg tak bersenjata hrs dihadapi dg intelijen. Jk mrk sdh terus terang dg makar dan angkat senjata,barulah dihadapi dg kekuatan senjata.

    BalasHapus
  17. Aku suka sekali klo liat latihan Kopassus, sigap, brwibawa dan gerakan'y yg serba cepat... Good Luck Kopassus..

    BalasHapus
  18. bangga punya kopassus... ^_^

    BalasHapus
  19. Knapa petrus gak di hidupkan lagi ya

    BalasHapus
  20. ayo kita galang massa buat demo mgebebasin 11 kopassus kita...
    we love kopassus!

    BalasHapus
  21. Ayoooo kita bantai Malonnnn....

    Seranggggg

    Wakakakakaaaa

    BalasHapus
  22. dipapua kita turut berduka cita atas gugurnya prajurit satu wahyu prabowo yang di BKO kan dari kesatuannya Kopassus Grup 1 Serang Banten karena diserang oleh milisi-milisi Organisasi Papua Merdeka. Saya mengusulkan agar Prajurit Kopassus dari satuan 81 Gultor dan Parako kandang menjangan serta serang banten berlatih dikerumunan hutan kota ditugu monas, agar memberi warning pada kedutaan besar amerika serikat bahwa jika Papua lepas dari NKRI, berarti Kantor Kedutaan itu harus rata dengan tanah berikut juga para penghuni-penghuninya. MEREKA ADALAH DALANG DARI ORGANISASI PAPUA MERDEKA.

    BalasHapus
  23. dipapua kita turut berduka cita atas gugurnya prajurit satu wahyu prabowo yang di BKO kan dari kesatuannya Kopassus Grup 1 Serang Banten karena diserang oleh milisi-milisi Organisasi Papua Merdeka. Saya mengusulkan agar Prajurit Kopassus dari satuan 81 Gultor dan Parako kandang menjangan serta serang banten berlatih dikerumunan hutan kota ditugu monas, agar memberi warning pada kedutaan besar amerika serikat bahwa jika Papua lepas dari NKRI, berarti Kantor Kedutaan itu harus rata dengan tanah berikut juga para penghuni-penghuninya. MEREKA ADALAH DALANG DARI ORGANISASI PAPUA MERDEKA.

    BalasHapus
  24. dipapua kita turut berduka cita atas gugurnya prajurit satu wahyu prabowo yang di BKO kan dari kesatuannya Kopassus Grup 1 Serang Banten karena diserang oleh milisi-milisi Organisasi Papua Merdeka. Saya mengusulkan agar Prajurit Kopassus dari satuan 81 Gultor dan Parako kandang menjangan serta serang banten berlatih dikerumunan hutan kota ditugu monas, agar memberi warning pada kedutaan besar amerika serikat bahwa jika Papua lepas dari NKRI, berarti Kantor Kedutaan itu harus rata dengan tanah berikut juga para penghuni-penghuninya. MEREKA ADALAH DALANG DARI ORGANISASI PAPUA MERDEKA.

    BalasHapus
  25. kalau dipikir pikir
    Alasan pak Harto menahan para tahanan politik yaitu karena pak harto tau jika mereka dipakai pada pemerintahan, pasti Indonesia akan hancur dan mengalami kesenjangan, dan sekarang sudah dibuktikan para tahanan politik orde baru dibebaskan & mengambil alih kekuasaan. sekarang lihat sendiri apa yg terjadi pada Indonesia !!!!

    BalasHapus
  26. Saya klik dari : http://hankam.kompasiana.com/2013/04/09/inilah-ungkapan-kekecewaan-prajurit-kopassus-544437.html

    Inilah Ungkapan kami Prajurit Baret Merah yang Kecewa dgn knyataan yg trjadi,..

    1. “Kami di paksa mengaku“

    Kita di korbankan demi jabatan kawan,.

    Kami sedih,,,,mulai sekarang roh BARET MERAH sudah tiada.

    Kau boleh bangga tapi kami kcewa,,,sampai2 demi jabatan, kami sampai di korbankannnnnn

    Biar kalian tau aja,kami di paksa dan dikorbankan demi jabatan.

    Utk interen,kami semuanya kcewa,

    Hari ini kasad mengumpulkan seleuruh pamen,dan pati seluruh indonesia di balai komando cijantung. cijantung.

    Jiwa dan hati kami hancur,,,,,,,kami kcewa sama KASAD yg nota bene bapak kami malah mengecewakan kamiiiiiiiiiii,,,,

    Demi namanya bersih, karna suatu saat mau duduk di partai, dia mengorbankan anggotanya

    2. Agar di tekankan apabila ada keluarga/saudara/teman yg bertanya ttg masalah kasus tersebut, diberitahu bahwa kita sbg prajurit kopassus mengaku terlebih dahulu atau kita memiliki jiwa kesatria.

    Sebarkan ke seluruh pers

    Ini lah penekanan pimpinan kami.

    Kami di sini sudah pasrah dan siapp klau kami di bubarkan, biar negara hancur sama preman. Lihat d aceh bendera GAM sudah berkibar, knpa DPR ngak ngurus GAM. Nnti ujung2nya TNI d jdkan pion2 berperang, demi k utuhan NKRI..bullsit smua pemerintah NKRI jaman sekarang ini…jd kangen sm pemerintahan orde baru(pak harto) dmn cr pemimpin yg sm jiwanya sm pak harto. Mungkin d alam sna, pak harto sedih lihat NKRI jaman sekarang ini……….

    Kami bersumpah tidak akan memilih partai terkorup yang penuh tikus2 berdasi

    Saya tidak menambah atau mengurangi isi pesan tadi. Bisa benar bisa juga keliru seperti akun idjon djanbi. Dan mungkin juga pesan ini sudah beredar luas di public. Saya tidak bisa memverivikasi kebenarannya. Namun saya sudah melaksanakan amanahnya sebarkan ke seluruh pers. (din).

    BalasHapus
    Balasan
    1. pesenan Capres atau komnas preman mana ni? gak laku klw buat jelekin KASAD! Kopassus itu pasukan khusus, gak sebanding dgn preman tai itu. Nunggu preman itu keluar penjara atau bayar kelompok lain yg satu penjara dgn preman itu lebih OK & pintar drpd serbu penjara sipil. Apa yg dperbuat yahrs dpertangungjawabkan dan 11 orang itu disiapkan untuk menghadapi perang melawann musuh negara atau pemberontak!!! Bukan nyerbu LAPAS.

      Hapus
  27. Kok justru menurut saya Indonesia sekarang jauh lebih baik dan lebih maju,lebih makmur dari zaman pak Harto yahh

    BalasHapus
  28. Menanggapi ungkapan prajurit baret merah yang kecewa….. “Kami bersumpah tidak akan memilih partai terkorup yang penuh tikus2 berdasi”, sejak kapan tentara ikut dalam pemilihan umum? Bukannya selama ini TNI tidak boleh terlibat dalam partai politik?, ini sepertinya ada sekelompok org yg ngaku kopassus biar buruk namanya, kopassus tidak pernah terlibat pemilu / memilih dalam pemilu dan selalu tunduk terhadap pimpinan, ada yg mengail di air keruh, tapi setengah goblok…..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak usah heran dengan GRUP MEDIA PALMERAH itu. Perhatikan berita2nya.. dan berita2 jelang TIMTIM lepas miring kemana.. termasuk penusuk Republik dr belakang, menggunting dalam lipatan. Anon 9 april 20.46 elu termasuk kelompok itu.

      Hapus
  29. buat Anonim 9 April 20.46

    Jiwa dan hati kami
    hancur,,,,,,,kami kcewa sama
    KASAD yg nota bene bapak
    kami malah mengecewakan
    kamiiiiiiiiiii,,,???
    NOTE : berarti Dia mengaku sebagai anak dari seorang TNI yg mempunyai jabatan di sana. Jadi ini bukan anggota TNI DONG YG MENGELUH??

    2. Demi namanya bersih, karna suatu saat mau duduk di partai, dia mengorbankan
    anggotanya?? Gw tau siapa yg di maksud dlm tulisan ini..
    Arah dan tujuan si penulis sudah terbaca !!
    ANTEK HAM SEPEDES INIkah PERMAINANNYA???
    JADI ILFIL GW SAMA ORG YG MENGATAS NAMA MANUSIA SEMACAM KOMNAS HAM DLL..

    Media macam apa itu yg menulis artikel seenak tepok jidat dan pantat 3x??
    Yg saya mau tanya itu sumber di bayar brapa anon 20.46 dan pesenan siapa??

    BalasHapus
  30. tugas tentara memback up polri menjaga pemilu supaya aman bukan nya ikutan pemilu gemana sih berita nya... mau partai itu korup atau enggak ya bukan urusan mereka... ngaco tuh yg bikin2 berita nya...

    BalasHapus
  31. kompasiana dipercaya, siapa yg nulis juga gak tahu, ngantuk...

    BalasHapus
  32. Admin'e nang endi ? koq gak posting-posting maneh
    Cuti op Turu Min ?? Min.. Min..

    BalasHapus
  33. knapa gak masuk kp.ambon di cengkareng klo emang mau brntas narkoba.. Mafia/preman berseragam jg banyak dsana.. Buktikan dong dari dulu disergap sana sini tapi ttp aja subur.. Jangan tanggunglah klo mau ngebersihin negara ini buktikan jgn cuma omong doang. Lumayan tuh buat pencitraan kopassus sehabis tragedi cebongan

    BalasHapus
  34. Admine turu ki, mosok kalah postingan karo blog liyo sing wis gonta ganti postingan, dasar admin mbeler, kakehan tutru. Ganti tho postingan sing rodo bobot ojo berita koran.

    BalasHapus
  35. Mana britanya admiiinn bosen tah???

    BalasHapus
  36. hidup kopassus, pilar bangsa..hancurkan musuh2 negara n musuh2 rakyat..rakyat mendukungmu..hancurkan pengkhianat bangsa..i love you pulll..

    BalasHapus
  37. iya neh mana adminya beritanya ini2 mulu gak ada update nya... intinya mah udah aja rakyat indonesia tetap mendukung kopassus titik...

    BalasHapus
  38. Jangan2 admin nya blog ini, yg di tangkap KPK kemaren ya??? Kok begitu ada yg ketangkep KPK senen kemaren eeh ni brita langsung ngadat!!!

    BalasHapus