Selasa, Maret 19, 2013
19

SEOUL-(IDB) : Tanggal 14 maret lalu, pesawat latih lanjut T-50i pesanan Indonesia sukses melakukan terbang perdana. Uji terbang dilakukan di Korea Selatan dengan pilot uji dari KAI selaku produsen T-50. Indonesia sendiri memesan sebanyak 16 buah senilai 400 juta dollar.






 
Pesawat ini nantinya akan menggantikan peran pesawat HS Hawk Mk-53 dan tergabung dalam skadron udara 15. Pilot-pilot TNI-AU sendiri kini tengah berlatih di Korea Selatan untuk mengoperasikan pesawat ini. Direncanakan, pada tahun ini pula T-50 pesanan Indonesia sudah tiba di tanah air.




Sumber : ARC

19 komentar:

  1. dateng'a barengan ga min..??

    admin yg baik slalu menjawab pertanyaan dari sang pembaca

    BalasHapus
  2. sekalian ama persenjataannya enggak ni pesawat?

    BalasHapus
  3. Indonesia itu beli yang T-50 atau T/A-50 sih? kalo T-50 jelas ngga ada persenjataan apa pun, T/A-50 aja kemampuan angkut senjata terbatas.... mudah-mudahan paling nggak yang versi T/A-50

    BalasHapus
  4. ckckck... pasti ada senjatanya lah... pengganti tugas skwadron Hawk tu...

    BalasHapus
  5. Pesawat latih T50 GE sangat cocok untuk latihan manuver bagi pilot2 yang belum pengalaman...

    BalasHapus
  6. dari satu skadron yang dibeli, sebagian adalah T50 dan sebagian lagi T/A-50. Kalo yang T/A50 senjata standarnya paling kanon. kalo rudal dan bom kita pasang sendiri. kalo bom pake buatan dalam negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang adja coy, soal kawin silang senjata TNI paling jago dah...

      Hapus
  7. pesawat ini lebih berfungsi sebagai pelatihan advance dan juga akrobatik. persenjataan dasar kemungkinan ada utk melatih pilot tentunya.

    contoh tahapan :
    Grob - T-50- F16

    BalasHapus
  8. Fungsi pswt ini adlh latih lanjut. Dr Grob trs KT -1 wong bee baru ke T-50 Golden Eagle. Pswt ini dpt di fungsikan sbg pespur terbatas. Ada kanon, ada roket n pylon di wing tuk bom. Avionik dg HUD n manuver di udara sy rasa msh kalah dg pswt L-159 atau L-39 spt yg sdh ditunjukan "Brietling" di Halim PK.

    BalasHapus
  9. yang masih penasaran ttg rudal Sukhoi kita, ada tuh kita sdh punya sejak 2011..
    silahkan kunjungi
    http://www.defense-studies.blogspot.com/2013/03/sipri-report-transfer-persenjataan-ke_19.html

    BalasHapus
  10. Kang.roes
    Dulu njenengan kan bilang gt.
    Kalo beli L159 Ato L39 Gak bisa langsung.
    Harus beli dari pihak ke tiga. Jadi tambah mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dulu Bro. Yg nyata kita beli dr Korsel. 440 juta USD 16 unit. Dulu dg dana segitu dpt L-39 "albatross" lbh dr 100 unit, tapiiii duluuu.

      Hapus
    2. Ya sekarang disyukuri aja ya kang Dah dapet t/a 50.

      Hapus
  11. dibanding L159 nek aku lebih pilih T/A-50, teknologinya lebih terkini, yang berarti pula banyak kendala teknik yang harus diatasi. aerodinamic filosofinya T/A-50 lebih advanced. soal jeroan sih tergantung duit kita.
    dari namanya yang T/A-50 kira kira fungsinya ya Trainer/Attact (serbu ringan). Lain dengan pesawat sejenis pesanan Pilipin, yang itu memang dibebani tugas yang jauh lebih berat, jadi kemungkinan punya pilipin jam terbangnya lebih cepet abis.

    BalasHapus
  12. Filipina kan cuma itu pespurnya..
    Jadi resikonya akan cepat habis jam terbang + gak sesuai untuk air superiority

    BalasHapus
  13. Kok beli brg seperti itu lbh baik tambah dikit beli jf 17, latih pilot langsung pake fighter......wkwkwk

    BalasHapus
  14. bung roes,dari video promo dan vid akrobatik T-50 & TA-50 yg saya liat di youtube pd ajang ADEX 2011 terlihat sekali dari segi avionik,HUD dan manuver2 lebih baik T/TA-50 daripada L-159 (sy sdh sempet koleksi vid tentang pespur ini),dalam dogfight maupun kemampuan serang darat versi TA-50 saya nyakin lebih baik dari L-159 apalgi versi FA-50..hehe2x

    BalasHapus
  15. Marga sukro jga Ada istilah T/A gocap min ?

    BalasHapus