Jumat, Januari 11, 2013
27
JAKARTA-(IDB) : Komisi I DPR RI berharap Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI AD dapat mengkaji lebih mendalam lagi rencana pembelian heli serbu dari Amerika Serikat, Apache. Kajian dilakukan dari segi anggaran, urgensi, dan manfaatnya dalam kondisi saat ini.

Kepada JurnalParlemen, Jumat (11/1), Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan, pembelian itu sejauh ini akan menggunakan anggaran reguler TNI AD. "Anggarannya akan dibebankan ke belanja rutin TNI AD. Sehingga itu akan sangat mengganggu pemenuhan kebutuhan operasional rutin TNI AD sendiri, karena jumlahnya besar," ujarnya.

Kedua, kata Mahfudz, dalam perkembangannya ternyata ada kenaikan harga yang cukup fantastis, hingga mencapai di angka 70 juta dolar AS per unitnya. "Saya tidak tahu apakah kenaikan harga Apache ini karena persoalan paket kontraknya memasukkan elemen-eleman lainnya atau apa. Itu yang nanti masih akan didalami di Komisi I melalui Panja Alutsista."

Peningkatan harga ini, menurut Mahfudz, tentu akan semakin membebani anggaran TNI AD. Apalagi, hingga saat ini juga belum ada kepastian bahwa Kemenkeu akan menutup pos itu untuk menggantikan alokasi belanja rutin yang sementara ini dibebankan untuk pembelian Apache. "Jadi menurut saya, karena dua hal itu menjadi penting bagi Kemhan dan TNI AD untuk kembali mengkaji lagi lebih dalam," ujarnya.

Selain itu, kata Mahfudz, jika dilihat skala prioritas, sebenarnya pembelian Apache tidak terlalu mendesak. "Kita bisa alihkan pada kebutuhan yang lebih multifungsi, seperti pembelian helikopter angkut Chinook. Karena itu juga bisa dipakai untuk kendaraan angkut sekaligus juga sebagai pesawat yang dioperasikan selain perang, seperti dalam penanggulangan bencana alam," jelas Mahfudz.

Mahfudz  mengakui, di APBN 2013, rencana pembelian Apache telah dimasukkan dalam program pengadaan TNI AD. Namun, rencana tersebut hingga kini belum pernah secara resmi dan khusus dibahas Komisi I. "Saya kira Komisi I nantinya juga akan mencoba mendetailkan pembahasannya dalam rencana pembelian alutsista 2013 ini," ujarnya.

Hal itu penting agar dapat dipastikan TNI AD tidak terganggu secara anggaran. Juga agar hal itu tidak terus menambah beban kredit ekspor. "Karena salah satu arahan Presiden kan ternyata harus meminimalkan kredit ekspor."

Seperti diketahui, Kemhan pada 2013 ini tetap akan melanjutkan rencana pembelian helikopter Apache dari AS. Rencana pembelian delapan helikopter Apache Longbow AH 64 D itu sudah dikabulkan oleh Kongres AS.




Sumber :  Jurnamen

27 komentar:

  1. Mengapa harus dikaji lagi, sudah cepetan belinya, mumpung dikasih utang, gitu aja kok repot amat, yang penting punya dulu. Bener nggak???

    BalasHapus
  2. ini sih..kong kalikong..coba amati harga apache india/korea selatan...mending beli yg murah tapi dapat banyak..wong senjata apache,super cobra,havoc,kamov sama aja...ngemplang aja kerjanya

    BalasHapus
  3. Hah.. Naik lagi menjadi 70 juta dolar AS per unitnya GOKILL..
    Ganti saja pak jangan terlalu di paksakan!!
    Mmm.. Kayaknya Ada maksud terselubung dengan kenaikan harga apache AH-64D..
    MENDINGAN di ganti sama
    KA-50 Black Shark atau Mi-28 aja pak menhan dan dpr.
    Kualitas tetap terbaik dan nggak jauh dari apache AH-64 block 3.
    Cukuplah untuk menjaga leo dkk.. Hehehehe
    usul !! "kalau untuk keseimbangan kawasan (yg lg hot cetar membahana kaya lcs) dengan terpaksa" kayanya harus ambil chinook..
    Semoga tersampaikan!!

    BalasHapus
  4. Soal harga jgn dijadikan alasan g jadi beli, walau harganya jadi lebih mahal dari harga yg sekarang ditawarkan, nggak masalah yang jadi masalah adalah "mbayar"nya nanti, kelangsungan operasional materialnya, dan masalah perawatan dan pemeliharaannya nanti. itu yang perlu dimasalahkan.Jadi bukan material Alutsistanya, bukan harga yang ditawarkan dsb-nya. Ngerti.!!!

    BalasHapus
  5. HANYA PERBANDINGAN bisa di cek dimari GAN

    Black Shark:
    http://www.youtube.com/
    watch?v=4RITbQHLLhU
    Apache:
    http://www.youtube.com/
    watch?v=UOIsDJsH1kw

    BalasHapus
  6. beli mi-35 aja,kayak'e lebih jagoan tuh,TNI jg sudah punya sebelumnya.Beli Apache pa gak takut kena embargo.....

    BalasHapus
  7. mi-nya sudah kena formalin bro, jadi kalau di beli nanti bikin kanker perut. mendingan beli yang lain ajah,

    BalasHapus
  8. mi 35 juga sudah jagoan...modif aja kanon utama mi35,pakai sensor kamera+joy stick remote..sangar itu.......lagian apache itu lho mesinnya lemah...jadi pergerakan lambat,jadi sasaran empuk rudal SAM/manpads...lagian kita bodoh sebodohnya..korea selatan dg anggaran sama dapat banyak..kita dapat 8???la la..itu uang rakyat lho..ingat...mending super cobra/havoc/kamov 52.....aneh..apache lebih mahal dari su 27....mending banyakin beli su 27 dulu

    BalasHapus
  9. Nggak ada yang jagoan lagi, karena mi-nya sudah kecampur formalin, jadi bahaya untuk perut kita, lebih baik kalau ada duit bikin mi sendiri campur telur jadi deh mi- telor. OK? Ok, dong!!!

    BalasHapus
  10. Makanya anehkan kemaren ditulis harganya $40jt,setau wa memang pasaran apache longbow AH64D di tahun 2013 $50jt-$60Jt++ tergantung specnya,apalagi yg pake kondenya canggih(wuihh bisa dapet SU35 ato SU37),bandingkan dgn MI28N harganya $18jt-$20jt++(kemungkinan TOTnya ada lagi),nahh klo apache yg $40jt ini specnya apa?Standar kopong ato ompong lagikah?mencurigakan..mana nggak boleh diotak-atik lagi sama PT DI,mau dibakar aja harus izin sama si sam..nggak dibeli,personel yg bakal ngoperasiinnya dah pd mupeng..piye iki..mumet mkire ah..~~

    BalasHapus
  11. survey 7 dari 10 orang setuju beli super cobra.
    hehehehe

    BalasHapus
  12. Beli senjata dari amerika sudah harganya mahal (tergantung kita menguntungkan mereka atau nggak), kita diperlakukan kaya orang minjem aja ... Kalo ada alternative lain mending cari yang lain aja of course dengan memberikan best value for money.

    BalasHapus
  13. entah kalau apache super duper canggih..superior quality..mampu kayak comando berani lawan 100 heli serang terus menangan....lha wong senjatanya sama aja dg lainnya....tuh....jet heavy fighter sangat kurang....entah kalau apache ada service entertainment para pejabat dg berlian....wong harga dan fitur dg yg ditawarkan korea..harganya kok jauh beda???....ini namanya kemenhan+dpr tak tau diri didukung rakyat,malah khianat

    BalasHapus
  14. alah kelakuan DPR kaya "TAI ANJING"so mengkaji untuk alasan penghematan,padahal mereka ini yang betul2 antek asing,selalu menghalangi pembelian alutsista modern utk TNI,biar TNI lemah&mudah digempur musuh.Padahal anggota DPR itu di senayan cuma numpang makan&buang tai dong,tapi yang harus nanggung,seluruh rakyat INdonesia.

    BalasHapus
  15. lihat dulu perbandingannya Harganya juga beda bro!!
    AH64 Apache Vs KA52 Alligator The Final Match 2010
    http://bit.ly/13oqsVG

    BalasHapus
  16. mesti kalo beli cuma nuruti pengen tp gak melihat kebelakang...
    gak kapok2 dikadalin sama om sam,di pikir lebih jauh pak menhan,kalo cuma sukur beli aja tukang becak yo bisa jadi menhan...
    uang rakyat tuh buat beli jngan disia-siakan,gak punya nasionalisme blaz menhan n DPR....

    BalasHapus
  17. Headline News!!!
    AS mengadu kepada WTO untuk Indonesia karena Indonesia mengetatkan impor produk hortikultura dari AS.

    BalasHapus
  18. ea di kaji dl,d itung kira2 dpt upeti nggak..
    .dasar kajingan.

    BalasHapus
  19. ya udah, beli apachenya 4 aja, sisanya buat beli kamov 52 1 skuadron..hehehe...

    BalasHapus
  20. Yg mau dibeli itu kayaknya yg paling modern Ah-64e bukan D.

    BalasHapus
  21. Salah semua yg mau dibeli ah-64b alias apache helicopter-64b=boong.

    BalasHapus
  22. Nih gan bocoran baru brg yg bakal dibeli Kemenhan ama DPR..ati2 "Special Case" above top secret..dari wikiliks nih...lengkap ama specnya..
    http://www.durfee.net/startrek/c_galaxy.html
    Gimana mantapkan....?

    BalasHapus
  23. kalo beli pasti boleh di otak atik dong bebas namanya juga beli.. tapi kalo gak boleh di otak atik ama aja nyewa itu mah... nah ne apache masuk kategori nyewa apa beli... kalo beli produk2 militer mendingan ke russia gak ada embargo2 an.. blajar dari kesalahan masa lalu aja deh.. yg mau masuk ke lubang yg sama khan cuman keledai tul gak...

    BalasHapus
  24. Wah sayang padahal dapet TOT 80% untuk PT DI itu hehehee,lagian ngapain juga belanja molo ke Amrik ntar dibokong lagi baru tau,brg antik PD II aja mo dikaramin dijadiin sasaran tembak harus izin segala,apalagi heli yg kyk gini,kebijakan Amrik kan sudah jelas nggak bakal ngasih alutsista yg kualitasnya setara atau diatas sekutunya kepada negara non sekutunya,atau mungkin kita sudah menjadi sekutunya? wallahuallam...

    BalasHapus
  25. Jangan terlalu dipaksakan mengingat harganya yg sangat mahal apalagi beli bekas, alternatif lain masih banyak, buatan rusia tdk kalah tangguh dan jelas lebih murah

    BalasHapus
  26. Hehehe Kalau Masalah Apache jangan salahin DPR bro, DPR sudah jauh-jauh hari tidak Izinin Kemhan Beli thu APes...

    Sekarang ini ditentukan oleh Pak Menhann, and ada juga yang nyebutin ada kongkalikingkong juga dalam pembelian Apache ini berarti anda menyebutkan Pak Menhan "Main-main juga dalam pengadaan alutsista ini???"

    Kalo gwa sih terserah mau Rusei atau Amrik yang penting Heli serang canggih harus dibeli dalam jumlah yang Efektif untuk menyudutkan tetangga

    BalasHapus