Selasa, September 18, 2012
0
BANGALORE-(IDB) : India berencana meluncurkan wahana luar angkasa yang mengorbit Planet Mars pada November 2013. Waktu ini dipilih karena pada saat itu Mars alias Planet Merah sedang berada pada jarak yang sangat dekat dengan Bumi.

Pihak India berniat menempatkan wahana luar angkasa pada sebuah orbit yang elips untuk mempelajari atmosfer dan mendeteksi adanya kehidupan di permukaan Mars.

Proyek ini akan menandai langkah lain dari program luar angkasa India yang ambisius. Tiga tahun lalu India berhasil menempatkan wahananya di permukaan Bulan. Langkah ini akan diikuti dengan pengiriman wahana luar angkasa berawak pada tahun 2016.

Menurut Kepala Riset Luar Angkasa India (ISRO) K Radhakrishnan, sebagaimana dikutip kantor berita AP, Selasa (18/9/2012), misi tak berawak ke Mars ini akan menelan biaya hampir 5 miliar rupee atau sekitar Rp 810 miliar. Langkah ini memberikan kebanggaan secara nasional bagi India, sekalipun tidak sedikit kritik pada pemerintahan di New Delhi yang belum juga mengatasi masalah kemiskinan dan kurang gizi di kalangan anak-anak.

Pada September 2009, wahana luar angkasa Chandrayaan-1 milik India membuktikan adanya air di permukaan Bulan. Hal ini membuktikan bahwa India sebagai negara dengan kemampuan luar angkasa dan punya pengalaman hebat dibanding negara-negara lain yang punya pengalaman luar angkasa. Sebagai informasi, AS, Rusia, dan China termasuk dalam negara yang sudah mengirim misi ke Mars. 



Sumber : Kompas

0 komentar:

Posting Komentar