Senin, Juni 04, 2012
0
CAM RANH BAY-(IDB) : Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta menyebut lokasi pelabuhan yang pernah mereka pakai untuk pangkalan militer di masa Perang Vietnam, pelabuhan Teluk Cam Ranh, bisa dipakai kembali untuk mendukung peran militernya di kawasan Asia Pasifik.

Pernyataan itu disampaikan Panetta, Minggu (3/6/2012), saat berkunjung ke Vietnam. Kunjungan itu sekaligus menjadi simbol kuat upaya Washington memperdalam kembali ikatan dengan negara bekas musuhnya itu, terutama untuk menyaingi pengaruh China di kawasan.

"Akses bagi kapal-kapal Angkatan Laut AS di fasilitas pelabuhan ini bisa menjadi komponen kunci. Kami juga melihat pelabuhan itu sebagai sebuah potensi yang teramat besar," kata Panetta di atas geladak kapal kargo AL AS, USNS Richard E Byrd, yang tengah sandar di pelabuhan itu.

Panetta menegaskan, keberadaan pelabuhan di Teluk Cam Ranh itu sangatlah penting dalam pergerakan kapal-kapal perang AS dari pelabuhan mereka di Pantai Barat dan pangkalan-pangkalan mereka di kawasan Pasifik. 



Sumber : Kompas

0 komentar:

Posting Komentar