Kamis, Mei 03, 2012
0
SURABAYA-(IDB) : Satuan Tugas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-C PBB (UNIFIL) tiba kembali di Surabaya, Kamis, setelah melaksanakan tugas sebagai pasukan perdamaian dunia di Lebanon selama delapan bulan sejak September 2011.

Kedatangan Satgas Kontingen Garuda (Konga) dengan menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sultan Iskandar Muda-367 di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, disambut Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Djoko Teguh Wahojo, dan jajaran petinggi lainnya.

Suasana haru dan gembira terlihat saat anggota keluarga, istri dan anak-anak dari personel Satgas Konga ikut menyambut kedatangan mereka di pinggir dermaga.

Selama penugasan di Lebanon sejak berangkat pada 3 September 2011, KRI Sultan Iskandar Muda membawa 100 orang personel, terdiri dari 88 awak buah kapal, tujuh orang kru heli dan pilot, dua dokter dan paramedis, dua penyelam, dan seorang anggota Kopaska.

KRI Sultan Iskandar Muda dari jenis Sigma Klas Korvet Belanda itu, merupakan armada ketiga TNI AL yang ikut andil mengemban misi perdamaian dunia dalam Satgas Maritim Kontingen Garuda di Lebanon.

Sebelumnya, armada pertama yang bertugas sebagai Satgas Maritim TNI Konga UNIFIL adalah KRI Diponegoro-365 (2009) dan dilanjutkan KRI Frans Kaisiepo-368 (2010).

Pada pekan depan, giliran KRI Sultan Hasanuddin-366 yang diberangkatkan sebagai pengganti untuk melanjutkan tugas pengamanan perdamaian dunia di Lebanon.

Pangarmatim Laksda TNI Agung Pramono mengatakan, penugasan di luar negeri sebagai pasukan perdamaian PBB yang mewakili negara merupakan sebuah kebanggaan besar bagi prajurit matra laut TNI AL.

"Kalian telah menjalankan misi sebagai duta bangsa dengan baik. Penugasan ini juga kebanggaan bagi Koarmatim dan mudah-mudahan bisa menjadi cambuk bagi prajurit lainnya," katanya.

Sumber : Antara

0 komentar:

Posting Komentar