Kamis, Februari 23, 2012
0
LEBANON-(IDB) : KRI SIM – 367 melaksanakan latihan Boarding Exercise (Boardex) dengan kapal perang Bangladesh BNS MADHUMATI P-911. Serial latihan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi KRI SIM-367.

Boardex adalah  latihan pemeriksaan dan penggeledahan di laut yang dilakukan oleh unsur MTF terhadap kapal-kapal yang termasuk dalam daftar mencurigakan (suspect),dimana pemeriksaan dan penggeledahan ini dilaksanakan secara kooperatif.

Pada latihan kali ini KRI SIM 367 disimulasikan sebagai kapal yang diperiksamemberikan data-data yang sesuaidenganexpected list yang dimilikiolehunsur MTF sehinggamenuntutuntukdilaksanakanpemeriksaan.

Pelaksanaan latihan diawali dengan prosedur hailing dimana BNS MADHUMATI P-911 selaku unsur MTFdi AMO memperoleh data yang mencurigakan terhadap kapal suspect kemudian menurunkan 1 tim boarding party dan 1 RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) lengkap dengan senjata ringan dan alat deteksi untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap ABK, muatan maupun dokumen kapal suspect. Latihan dinyatakan selesai setelah Tim Boardex  BNS MADHUMATI P-911 menemukan simulasi barang terlarang berupa serbuk yang diduga sebagai barang narkotika.

Selesai latihan Dansatgas Maritim TNI Konga XXVIII-C/UNIFIL Letkol Laut (P) Agus Hariadi mengucapkan selamat kepada Dan Tim Boardex BNS MADHUMATI P-911 karena latihan ini berjalan baik, aman dan lancar sesuai dengan Standart Operation Procedure (SOP).

Sumber : Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar