Selasa, November 01, 2011
0
JAKARTA-(IDB:  Wamenhan selaku wakil Menhan RI, Jumat (28/10) menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Pertahanan Kementerian Pertahanan New Zealand John Mc. Kinnon beserta rombongan, di Kemhan Jakarta. Maksud kunjungan delegasi New Zealand ke Kemhan kali ini dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral kedua negara khususnya antara dua Kementerian Pertahanan.
 
Dikatakan Wamenhan, hubungan baik kedua institusi telah terjalin lama, hal ini dapat terlihat dari kunjungan beberapa staf senior militer dan sipil ke New Zealand. Kunjungan ini menurut Wamenhan merupakan titik awal atau starting point bagi kedua negara untuk berbuat lebih banyak lagi khususnya di bidang pertahanan.

Menurut Wamenhan, inilah saat yang tepat bagi kedua institusi untuk mengembangkan ide-ide yang sesuai yang dapat dimasukan dalam agenda kerjasama, mengatur manajemen dengan bekerja bersama-sama serta menginventarisir pokok-pokok atau poin kerjasama yang dibutuhkan kedua negara. Atas dasar agenda kerjasama yang dibangun kedua negara, diharapkan kedua Menhan dapat menandatangani perjanjian kerjasama pertahanan dalam waktu dekat.

Sebelum bertemu Wamenhan, Delegasi Kemhan New Zealand berkesempatan untuk bertemu dengan Sekjen Kemhan Marsyda TNI Eris Herryanto, S.Ip., M.A. di ruang kerjanya. Dalam pertemuan singkat tersebut, Sekjen memberikan informasi tentang Keketuaan Indonesia dalam ASEAN Defense Minister’s Meeting (ADMM) selama setahun ini. Sekjen mengatakan beberapa pokok-pokok penting dan beberapa pertemuan telah dilakukan Indonesia selama setahun menjadi Ketua ADMM diantaranya adalah joint declaration seperti Peace Keeping Operation, ASEAN Defense Industry Collaboration dan Maritim Security di Laut China Selatan.

Selain itu Sekjen Kemhan RI mengatakan bahwa sepuluh Menteri Pertahanan anggota ASEAN berkesempatan juga untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Leon Panetta minggu lalu di Bali saat berlangsungnya ADMM Retreat 2011.

Sekjen Kemhan New Zealand menyatakan bahwa kunjungannya ke Kemhan dimaksudkan untuk melanjutkan hubungan baik yang telah terjalin antara kedua negara selama ini melalui pembangunan kerjasama baik di bidang pendidikan maupun pelatihan. Diharapkan hal tersebut akan terealisasi dalam waktu dekat. Selain itu juga Sekjen Kemhan New Zealand menginformasikan tentang bilateral meeting yang akan diselenggarakan di Jakarta pada bulan depan.

Turut hadir mendampingi Wamenhan diantaranya Sekjen Kemhan Marsyda TNI Eris Herryanto, S.Ip., M.A., Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Puguh Santoso, S.T., Dirkersin Brigjen TNI Wahyu Suhendar, S.M, Dirjakstra Brigjen TNI I Wayan Midhio, Dirangstra Brigjen TNI Paryanto dan Kapuskom Publik Brigjen TNI Hartind Asrin.

Sumber : DMC 

0 komentar:

Posting Komentar