Selasa, November 08, 2011
0
SURABAYA-(IDB) : KRI Banda Aceh (BAC)-593 yang tergabung dalam unsur laut Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Laut (Satgaspamwila) KTT ASEAN ke-19/2011 dan sekaligus bertindak sebagai kapal markas bertolak menuju daerah sasaran. Kapal Perang itu bertolak dari Dermaga Semampir, Koarmatim, Ujung Surabaya, Selasa (8/11).

Selain KRI BAC-593, unsur lain yang terlibat dalam Satgaspamwila ini yaitu KRI Sura (SRA)-802, KRI Kerapu (KRP)-812, KRI Selamet Riyadi (SRI)-352, KRI Karel Satsuitubun (KST)-356), 1 Heli Bell HU-417, 3 Tim Kopaska, 1 Tim Dislambair, dan 1 Tim Kesehatan. Turut on board di KRI BAC-593 adalah Komandan Guspurlatim Laksamana Pertama TNI Sulaeman Banjar Nahor, M.Sc

KTT ASEAN ke-19 yang dilaksanakan di Bali pada tanggal 17 November  mendatang tersebut, merupakan konferensi yang dihadiri oleh para pemimpin dan pejabat tinggi negara-negara ASEAN, Sekjen PBB, serta para pemimpin negara-negara yang memiliki kepentingan dengan ASEAN, yaitu Amerika Serikat, Rusia, China, India, Australia, Selandia Baru, Jepang dan Korea Selatan.

Unsur Satgspamwila ini nantinya akan melaksanakan pengamanan aspek laut, seperti patroli laut serta melaksanakan penyekatan dan pengamanan laut, sebagai salah satu upaya guna mencegah terjadinya segala kemungkinan yang bertujuan untuk menggagalkan kegiatan konferensi serta mengantisipasi berbagai situasi kontinjensi lainnya.

Sumber : Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar