Jumat, Oktober 07, 2011
0
TNI AU Dihadiahi 24 Pesawat Tempur F-16 Dari AS

JAKARTA-(IDB) : TNI Angkatan Udara mendapat kado 24 unit pesawat tempur jenis F-16 dalam perayaan Hari Ulang Tahun TNI ke-66. Pesawat tersebut didapat secara cuma-cuma dari Amerika Serikat. "Kami mendapatkan pesawat F-16 tempur dari Amerika Serikat (AS) secara grant," tutur Wakil Menteri Pertahanan, Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin, kepada wartawan usai mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Gedung MPR/DPR, Senayan, jakarta, Rabu (5/10).

Namun, Sjafrie tidak ingin penyebutan grant diartikan sebagai hibah. "Grant dalam arti ini bukan hibah lho ya tapi pemberian cuma-cuma. Jadi jangan ditafsirkan hibah karena nanti pemahamannya berbeda," ucapnya.


Dengan adanya penambahan pesawat tempur jenis F-16, maka TNI AU akan memiliki satu squadron tambahan. Dan penambahan pesawat F-16 akan menambah koleksi pesawat tempur TNI sebanyak 34 pesawat. Selain penambahan satu squadron pesawat tempur, penambahan lain, yakni satu pesawat angkut yang nantinya juga akan ditambah dengan meningkatnya anggaran Alutsista untuk TNI.

Sumber : SCTV 

Amerika Serikat Hibahkan 24 Pesawat F16 Untuk TNI

Kementerian Pertahanan akan melakukan modernisasi terhadap Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI apabila pembahasan pagu anggaran yang diajukan sebesar 64 trilliun tersebut disetujui oleh DPR dan Pemerintah.

Menurut Wamenhan, Sjafrie Sjamsoedin anggaran tersebut akan difokuskan pada seluruh institusi TNI.

"Kita mau fokuskan adalah bagaimana modernisasi AD, AU dan AL. Oleh karena itu angkatan darat sekarang akan membeli, male detector tank, meriam polutser 155 mm yang kita belum punya sebelumnya, kemudian menambah helikopter serang, menambah peluru kendali multy rocket sistem, kemudian membeli anti pesawat serang atau mistral. Itu yang kita lakukan," ujar Sjafrie kepada wartawan di Jakarta, Rabu (5/10/2011).

Sedangkan untuk TNI Angkatan Laut kata dia akan menambah kapal diatas permukaan dan kapal selam baru. Pembelian kapal selam itu sudah direncanakan sejak tahun 2005 lalu.

"Untuk angkatan udara pesawat tempur dan pesawat angkut. Pesawat tempur kita akan menambah Squadron F16 dengan cara grand dari Amerika Serikat. Grand itu adalah pemberian secara cuma-cuma. Sehingga kita di prioritaskan oleh Amerika Serikat sebanyak 24 unit. Jadi kita tidak membeli pesawat tapi kita diberi pesawat. Nah pesawat itu yang di upgrade itu memerlukan anggaran," kata dia.

Sjafrie mengharapkan pada Oktober 2014 dapat segera melakukan latihan dengan mendapatkan sebanyak 24 pesawat F16 tambahan. Artinya TNI AU akan menambah 1 squadron F16.

"Kalo kita mau jumlah berarti kita punya stok 35 pesawat F16. Dan ini masih dalam proses pembahasan oleh DPR," pungkasnya.

Sumber : Okezone

Wakil Menhan: AS Prioritaskan Grant untuk Indonesia 

Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan, Amerika Serikat telah memilih memprioritaskan Indonesia dalam pemberian pesawat tempur jenis F-16 secara cuma-cuma atau grant. Padahal, menurutnya, saat ini puluhan negara antre demi mendapatkan pemberian grant tersebut dari Amerika.

Hal itu terbukti karena Amerika Serikat memberikan 24 pesawat tempur F-16 kepada TNI Angkatan Udara di HUT TNI ke-66 yang jatuh hari ini [baca: TNI AU Dihadiahi F-16 dari AS].

"Perlu diketahui, sudah sekian puluh negara yang mengantre ingin mendapatkan grant dari Amerika Serikat," kata Sjafrie kepada wartawan usai rapat kerja dengan Komisi I DPR di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10). "Grant itu adalah pemberian secara cuma-cuma. Sehingga kita diprioritaskan oleh Amerika Serikat sebanyak 24 (pesawat).

Sjafrie menambahkan, pesawat tempur yang akan diberikan itu nanti juga harus diupgrade dan ditingkatkan lagi teknologinya. Untuk meng-upgrade dan meningkatkan teknologi tersebut, maka diperlukan anggaran. Anggran tersebut berasal dari penambahan anggaran terhadap Alutsista TNI dari APBN. "Nah, anggaran tersebut akan digunakan untuk meng-upgrade pesawat tempur F-16 itu," ucapnya.

Dengan adanya Penambahan pesawat tempur jenis F-16 ini maka TNI AU akan memiliki satu squadron tambahan. Penambahan 24 pesawat F-16 sekaligus menambah koleksi pesawat tempur TNI jenis F-16 sebanyak 34 pesawat.

 Sumber : SCTV

0 komentar:

Posting Komentar