Senin, Oktober 10, 2011
0
TEHRAN-(IDB) : Seorang pejabat senior kedirgantaraan Iran mengkonfirmasikan rencana Tehran meluncurkan satelit canggih baru yang akan mereka peta beresolusi tinggi dan foto udara dari seluruh lokasi di penjuru dunia seperti yang terlihat dari luar angkasa.
 
IRNA Ahad (9/10) melaporkan, Kepala Departemen Dukungan Teknis Satelit di Universitas Sains dan Teknologi Tehran, Hossein Bolandi, mengatakan Iran akan mengirim Zafar (Triumph) satelit ke ruang angkasa pada tahun 2012.

Pejabat kedirgantaraan Iran itu menjelaskan bahwa Zafar memiliki bobot 90 kilogram dan akan ditempatkan di orbit pada radius 500 kilometer. Zafar akan menjalankan misinya selama satu setengah tahun dan akan merekam gambar dengan resolusi 80 meter kemudian mengirimkannya ke stasiun di bumi.

Bolandi menegaskan bahwa sistem kontrol satelit Zafar tiga kali lebih akurat daripada Navid (Herald) satelit.

Navid adalah satelit berbobot 50 kilogram, produksi dalam negeri, yang dapat mengambil gambar pada ketinggian rendah sekitar 250-375 kilometer dari bumi.

Rektor Universitas Sains dan Teknologi Tehran, Muhammad-Saeid Jabalameli mengumumkan rencana peluncuran satelit Navid pada hari Sabtu (8/10).

Menurut Jabalameli, Navid telah lolos uji coba dan akan dikirim ke pusat peluncuran untuk dimasukkan ke orbit dalam tiga hingga empat bulan mendatang.

Sumber : Irib

0 komentar:

Posting Komentar