Jumat, September 16, 2011
0
BANGKOK-(IDB) : Tentara Nasional Indonesia dan Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand sepakat mewaspadai perkembangan politik di Laut China Selatan.

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono di Bangkok, Kamis (15/9/2011), menjelaskan, Indonesia-Thailand sepakat meningkatkan kerja sama intelijen, operasi, dan latihan bersama.

Menghangatnya suasana keamanan di Laut China Selatan dengan tampilnya kekuatan China, serta kerusuhan di negara yang telah maju sekalipun, secara tidak langsung akan berdampak pada situasi keamanan di kawasan ASEAN.

"Sebagai dua negara anggota ASEAN yang memiliki perbatasan maritim perlu waspada dan senantiasa siaga dengan kemungkinan terkena imbas dampak buruk dari bergejolaknya situasi keamanan di beberapa wilayah tersebut," kata Agus seusai pertemuan Sidang ke-5 Indonesia Thailand High Level Committee (ITHLC) tahun 2011 di Bangkok, Thailand, 13-15 September 2011.

Panglima TNI menyatakan, Indonesia dan Thailand tidak mungkin terlepas dari fenomena perkembangan lingkungan global yang dinamis, perkembangan dinamika keamanan di berbagai negara, seperti yang terjadi di Tunisia, Mesir, Suriah dan Libia, ditambah situasi keamanan di Pakistan dan Afganistan, juga di Semenanjung Korea.

Indonesia dan Thailand memiliki sejumlah agenda latihan dan patroli bersama. 

Sumber: Kompas

0 komentar:

Posting Komentar