Sabtu, September 17, 2011
0
MADRID-(IDB) Kementerian Pertahanan RI terus berusaha meningkatkan kemampuan pertahanan sekaligus berkontribusi untuk ekonomi nasional, Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan di Madrid.

Hal itu dikatakan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sjafrie Sjamsoeddin seusai kunjungan kehormatan kepada Deputi Menteri Pertahanan Spanyol Constantino Mendez Martinez dan staf lengkap, sebelum meninjau industri pertahanan Spanyol (15/9/2011).

Dalam pertemuan, Wamenhan didampingi Wakasad Letjen TNI Budiman, Dirjen Strahan Mayjen TNI Puguh Santoso, Kabaranahan Mayjen TNI Ediwan P, Asrena Kasau Marsda TNI Rodi Suprasodjo.

Selain itu juga Dubes RI Madrid Adiyatwidi Adiwoso, Athan Kol. Caj. Erry Herman, Dirut PTDI Budi Santoso, Direktur Restrukturisasi PT PPA Saiful Haq, Kasubdit Perjanjian Kelautan Ditjen HPI Kemlu Rizal R, Kol. Tek Sujatmiko dan May. Laut (KH) Isam Adi.

Wamenhan menyampaikan kepada Martinez maksud kunjungannya, yakni untuk meningkatkan kerjasama bilateral Kementerian Pertahanan kedua negara, kemudian meninjau industri pertahanan Spanyol.

Dalam pertemuan itu Wamenhan menjelaskan bahwa Kementerian Pertahanan RI siap meningkatkan kerjasama dengan Kementerian Pertahanan Spanyol, sekaligus mengapresiasi isi protokol yang telah dibahas kedua pihak.

"Berkaitan dengan industri pertahahan, Indonesia mendukung kerjasama saling menguntungkan," ujar Wamenhan.

Bersama Martinez, Wamenhan memastikan kerjasama RI-Spanyol di bidang pertahanan bisa difinalisasikan dan berharap agar dokumen kesepakatan bisa segera ditandatangani oleh Menteri Pertahanan kedua negara pada awal 2012.

Disebutkan, dokumen tersebut mencakup empat substansi. Pertama, kerjasama bidang pertahanan menyangkut kebijakan pembangunan kekuatan pertahanan. Kedua, kerjasama antar-militer kedua negara. Ketiga, kerjasama sains dan teknologi. Keempat, kerjasama industri pertahanan.

"Empat hal ini perlu kita ikat di dalam satu simpul dokumen kesepakatan antara kedua negara, sehingga koridor government to government (G to G) itu menjadi acuan dan dasar bagi para implementator kedua pihak," tegas Wamenhan.

Menurut Wamenhan, Spanyol menanggapi sangat positif dan antusias. Mereka sepakat dengan keinginan Indonesia untuk mempercepat proses menuju kesepakatan kerjasama bidang pertahanan tersebut.

Sebelumnya Wamenhan menyampaikan salam dari Menteri Pertahanan RI dan ucapan terimakasih atas peranan pemerintah dan Angkatan Bersenjata (AB) Spanyol dalam membantu korban tsunami di Aceh.

Disampaikan pula apresiasi atas kerjasama yang baik antara AB Spanyol dan TNI dalam operasi menjaga perdamaian di Lebanon di bawah bendera Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Sumber: Detik

0 komentar:

Posting Komentar