Senin, Agustus 15, 2011
0
TAIPEI-(IDB) :  Hanya beberapa hari setelah memamerkan rudal Hsiung Feng III, yang diklaim dirancang khusus untuk "membunuh" kapal induk, Taiwan dikabarkan sedang mengembangkan varian yang lebih canggih dari rudal tersebut.

Lin Yu Fang, anggota parlemen Taiwan yang duduk di Komite Pertahanan Nasional Taiwan, Minggu (14/8/2011), mengatakan, negeri pulau itu sedang mengembangkan varian rudal "pembunuh kapal induk" yang bisa ditembakkan dari peluncur mobil yang mudah bergerak di daratan.

"Versi baru yang ditembakkan dari darat akan memiliki daya jelajah yang lebih jauh dan membawa hulu ledak yang lebih berat," tutur Lin, membandingkan rudal baru itu dengan pendahulunya.

Saat ini, Hsiung Feng III dirancang khusus untuk menjadi rudal yang ditembakkan dari kapal dan telah dipasang di kapal-kapal fregat dan perahu rudal Taiwan. "Hsiung Feng III bisa melesat sangat cepat sehingga sangat sulit bertahan dari rudal ini," ungkap Chiang Wu Ying, deputi proyek riset rudal tersebut.

Menurut para pengamat, rudal ini mampu melesat dengan kecepatan Mach 2 atau dua kali kecepatan suara, dan bisa mengenai sasaran yang berjarak hingga 130 kilometer.

Perlombaan senjata dan kekuatan militer diduga akan makin marak di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara, yang dipicu negara-negara di kawasan tersebut terhadap pertumbuhan kekuatan militer China yang sangat pesat. 

Sumber: Kompas

0 komentar:

Posting Komentar