Rabu, Agustus 17, 2011
0
BEIRUT-(IDB) : Tepat 66 tahun yang lalu merupakan momen yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia. Seluruh komponen bangsa tumpah ruah menyatukan visi dan misi mereka di medan laga, dan tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 visi dan misi bangsa telah tercapai, yakni meraih kemerdekaan setelah sekian tahun dalam cengkeraman penjajah. 
 
Dan kini, peristiwa heroik itu dikenang kembali melalui upacara yang dilaksanakan oleh segenap warga Negara Indonesia baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri, tidak ketinggalan pula Kontingen Garuda Indonesia yang sedang melaksanakan missi perdamaian di negeri seribu konflik Lebanon. 

TNI di Lebanon melaksanakan upacara bersejarah tersebut di pusatkan di dua lokasi yakni di Lapangan Sudirman Camp dimana wilayah tersebut merupakan wilayah UNIFIL Head Quarter dan Sector East. Selain itu TNI juga mengirimkan wakilnya untuk mengikuti jalannya upacara detik-detik proklamasi di kantor KBRI Beirut, Rabu (17/08/2011)

Di wilayah Naqoura atau UNIFIL HQ upacara berlangsung dan diikuti oleh satuan gabungan diantaranya Satgas FHQSU, Satgas Indo FPC, Staff Officer for UNIFIL. Satgas Indomedic, Satgas CIMIC dan Satgas MCOU serta Satgas CIMIC. Sedangkan di Sector East diikuti oleh anggota Satgas SEMPU, Sector East Mil Staff dan Satgas Indobatt.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih yang yang dikomandani oleh Kapten Inf Gustiawan dengan inspektur upacara Kolonel Pnb Yulianta berlangsung secara khidmat dan lancar tersebut dihadiri oleh tamu undangan yakni para komandan kontingen jajaran UNIFIL, beberapa tokoh masyarakat yang berada di wilayah operasi masing-masing kontingen/satgas. Tidak ketinggalan pula UNIFIL Force Commander, Maj Gen Alberto Assarta Ceuvas dan Deputy Force Commander, Berig Gen Santhi Bonfanti berkenan hadir dalam acar tersebut khususnya di Sudirman Camp, Naqoura.

Selesai kegiatan pokok, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi pemenang lomba dan personel berprestasi yang kegiatan lomba tersebut dilaksanakan sebelumnya. Kecabangan olah raga yang diperebutkan diantaranya pertandingan Futsal, pertandingan Bola Volly, Bulutangkis dan Tenis Meja. 

Walaupun acara tersebut dilaksanakan secara sederhana dan ditengah-tengah suasana puasa namun tidak mengurangi semangat bagi anggota untuk antusias dalam memeriahkannya. Seluruh kecabangan olah raga tersebut di pertandingan khusus sesama kontingen garuda atau antar tim/seksi.

Tasyakuran Dan Buka Bersama
 
Pada sore harinya dan masih dalam rangkaian kegiatan yang sama dilaksanakan upacara penurunan bendera merah putih yag dilaksanakan pukul 19.00 waktu Lebanon. Akhirnya, acara peringatan HUT RI tahun 2011 ditutup dengan acara Tasyakuran dan dilanjutkan dengan buka Puasa bersama antara prajurit Kontingen Garuda khususnya yang berada di lingkungan UNIFIL HQ dengan tokoh masyarakat Lebanon Selatan yang dipusatkan di Dining Hall Sudirman Camp. Acara buka bersama yang dihadiri oleh para Komandan Kontingen Negara lain, para pejabat Mayor/Mokhtar, tokoh agama setempat.

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar