Kamis, Juni 30, 2011
0
TEHRAN-(IDB) : Seorang komandan Angkatan Laut Iran mengatakan, angkatan laut negara ini serius melakukan tugas-tugas di perairan internasional untuk memberikan keamanan kepada kapal-kapal kargo Iran dan asing.
 
Wakil Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Sayyid Mahmoud Mousavi mengatakan pada Rabu (29/6) bahwa Angkatan Laut Republik Islam Iran akan memanfaatkan semua peralatan dan fasilitas untuk menjaga dan mempertahankan kapal komersial Iran maupun negara lain di perairan internasional.

Laksamana Mousavi mencatat bahwa angkatan laut Iran sejauh ini telah mengawal sekitar seribu kapal kargo dan tanker minyak serta berhasil menggagalkan sejumlah serangan bajak laut di Teluk Aden, perairan yang terletak di lepas pantai tenggara Somalia di Tanduk Afrika.

Dia menambahkan bahwa angkatan laut Iran akan segera membangun pangkalan pelayanan terapung di Selat Bab-el-Mandeb untuk menunjang kerja kapal-kapal patroli antara Laut Merah dan Teluk Aden.

Angkatan laut Iran sedang melakukan patroli aktif di perairan internasional, termasuk Teluk Aden, Laut Merah dan utara Samudera Hindia. 

Menurut Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari, lingkup operasi angkatan laut Iran telah meningkat menjadi 2.000 kilometer persegi dari 400 kilometer sebelumnya.

Teluk Aden, yang menghubungkan Samudera Hindia dengan Laut Merah, Terusan Suez, dan Laut Mediterania, adalah rute tersibuk yang dilalui oleh lebih dari 20.000 kapal per tahun tujuan Asia, Eropa, dan Amerika. 

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar