Selasa, Mei 31, 2011
0
WASHINGTON-(IDB) : Program ulang-alik NASA yang telah berlangsung 30 tahun merampungkan space walk terakhir yaitu berjalan kaki keluar dari wahana luar angkasa di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

Astronot Mike Fincke dan Greg Chamitoff melakukan space walk selama 7,5 jam untuk menyelesaikan tugas pembangunan ISS yang menjadi bagian NASA. Demikian laporan NASA, Sabtu (28/5).

Tim astronot akan kembali ke bumi dalam beberapa hari dengan pesawat ulang-alik Endeavour yang menjalankan misi penerbangan terakhirnya.

Satu penerbangan ulang-alik dijadwalkan diberangkatkan bulan Juli untuk mengantarkan pasokan ke ISS.

ISS kini berukuran sebesar lapangan sepak bola dan bisa menampung enam penghuni tetap yang menjalankan eksperimen ilmiah dan meneliti kondisi yang memungkinkan misi angkasa lebih panjang, termasuk perjalanan ke Mars.

Menjelang akhir space walk ke-164 dan terakhir, astronot Chamitoff mengatakan "Dua belas tahun membangun dan 15 negara (ikut serta) dan (stasiun) ini menjadi Parthenon di langit, dan semoga menjadi jalan ke masa depan kita. Selamat kepada semuanya atas rampungnya perakitan."

Pesawat Endeavour dijadwalkan kembali ke bumi hari Rabu nanti. Pesawat ulang-alik tersebut kemudian akan dipersiapkan untuk menjadi atraksi pameran publik di Pusat Ilmu Pengetahuan California (CSC) di Los Angeles.

Rusia masih berencana untuk melakukan space walk di ISS dan akan menambah setidaknya satu ruang lagi ke struktur stasiun angkasa luar itu. Rusia juga akan mengantar astronot ke ISS.

0 komentar:

Posting Komentar