Rabu, Mei 25, 2011
0
JAKARTA-(IDB) : Tiga Kapal Perang Angkatan Laut Perancis FS Mistral (L9013), FS Georges Leygues (D640), dan FS Vendemiare (F734) mengadakan kunjungan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (24/5).

Kedatangan kapal-kapal Perancis disambut Asops Danlantamal III Kolonel Laut (P) Christh Paath. Kunjungan ketiga kapal perang Perancis ini dalam rangka untuk mempererat hubungan persahabatan dan kerjasama antara Angkatan Laut Perancis dengan TNI AL.

Menurut Kadispen Lantamal III Mayor Laut (Kh) Agus Susilo Kaeri, SS, MSi; dari ketiga kapal Perancis yang sandar di dermaga Tanjung Priok ini yang menjadi perhatian yakni FS Mistral
merupakan kapal jenis Amphibious Assault dan merupakan kapal terbesar dari dua kapal lainnya yang berjenis Frigate. 

Kapal FS Mistral ini panjang 199 meter dan berat penuh 21.300 ton dan mampu membawa helikopter ringan sebanyak 35 buah serta mampu mengangkut pasukan sebanyak satu batalyon.

Selama lawatannya di Indonesia kegiatan prajurit Kapal Perang Perancis antara lain melaksanakan kegiatan Courtesy Call ke Pangarmabar, Danlantamal III, Walikota Jakarta Utara, serta Kepala Otorita Pelabuhan. Selain kunjungan resmi kebeberapa pejabat TNI AL kru Kapal Perang Perancis ini juga akan melaksanakan kegiatan open ship dan eksibisi/pameran mini dengan Program French Defence Industry Exhibition di FS Mistral serta melaksanan kegiatan olahraga bersama dengan prajurit Lantamal II
 
Sementara itu Komandan FS Mistral Captain Noreau dalam kunjungan kehormatan ke Danlantamal III Brigjen TNI (Mar) Arief Suherman, kemarin yang diterima langsung oleh Danlantamal III di Ruang Tamu, Markas Komando Lantamal III Gunung Sahari. Dalam pertemuan itu dibicarakan antara lain rencana menggelar olahraga bersama cabang sepakbola dan rugby antara prajurit AL Perancis dengan Prajurit TNI AL.

Danlantamal III yang kebetulan sebagai Ketua Yanus Rugby TNI AL menyambut gembira ajakan dari Komandan Kapal Perancis ini. Pertandingan persahabatan dengan prajurit AL Perancis ini bisa dijadikan barometer kemampuan Tim Rugby TNI AL yang usianya masih tergolong muda, karena baru dibentuk sekitar dua bulan yang lalu oleh Kasal Laksamana TNI Soeparno.

Danlantamal III saat menerima tamu dari Angkatan Laut Perancis ini didampingi antara lain, Asintel Kolonel Laut (T) Wahyu Mujiono, Aslog Kolonel Laut (T) Suhariyanto, dan Aspers Kolonel Laut (E) FY Nevy Dwi Soesanto, ST. 

Sumber: HarianPelita

0 komentar:

Posting Komentar