Sabtu, Juni 14, 2014
0



SURABAYA-(IDB) : Taruna Akademi TNI dan Polri mengunjungi sarang petarung Korps Marinir, yang diterima langsung oleh Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso di Bhumi Marinir Karang Pilang, Surabaya, Jum’at (13/06/2014).

 


Kunjungan para Taruna dan Taruni ini adalah dalam rangka Bhineka Eka Bhakti (BEB) Tahun 2014 yang menitikberatkan pada pengetahuan dan wawasan para Taruna dan Taruni tentang ciri khas suatu satuan, tugas dan fungsi dari tiap-tiap Satuan operasional TNI dan Polri, serta peninjauan peralatan Alutsista dan demontrasi atau peragaan latihan, yang nantinya dapat menjadi bekal untuk meningkatkan kompetensi dan daya pikir Taruna dan Taruni untuk mencapai profesionalisme yang memiliki keahlian expertise ketarunaan, responsibility dan jiwa korsa atau lebih dikenal dengan Esprit De Corps.

 


Dalam kunjungan Taruna dan Taruni Akademi TNI (Taruna Akmil, Taruna AAL dan Taruna AAU) yang berjumlah 753 para Taruna yang terdiri dari 411 Taruna dan 38 Taruni serta 304 Taruna Akpol ( 254 Taruna dan 50 Taruni), yang dipimpin oleh Dirmin Akademi TNI Laksma TNI Bambang Riatmaja, Danmenchandradimuka Akademi TNI Kolonel Paskas Lintong Siregar, Kakor Bintarsis Akpol Kombes Pol Hery Wibowo, para Danyon Taruna Akademi TNI, para staf Akademi TNI dan para pengasuh Taruna.

 


Dalam sambutannya, Komandan Pasmar-1 mengatakan kegiatan Bhinneka Eka Bhakti dilaksanakan untuk membekali para Taruna dan Taruni tentang tugas dan fungsi satuan-satuan TNI dan Polri, disisi lain kegiatan ini juga bertujuan untuk membuka wawasan, pandangan dan pemahaman serta penghayatan para Taruna dan Taruni tentang identitas, ciri khas dan jati diri satuan-satuan TNI dan Polri.


Lebih lanjut, orang nomor satu dijajaran Pasmar-1 tersebut mengatakan disamping tujuan-tujuan di atas, tujuan yang terpenting dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan jiwa dan semangat integrasi dan menjalin kebersamaan serta kekompakan antara TNI dan Polri.”tegasnya.



 
Setalah selesai memberikan sambutan Komandan Pasmar-1 memaparkan Tugas Pokok Korps Marinir kepada para Taruna dan Taruni TNI/Polri, setelah memaparkan tugas pokok Korps Marinir, dilanjutkan dengan pemutaran film Profil Korps Marinir, sesi tanya jawab dan dilanjutkan dengan tukar menukar cendra mata yang dilaksanakan di Indoor Sport.

 


Selesai kegiatan di Indoor Sport para Taruna dan Taruni berkesempatan menyaksikan berbagai demonstrasi diantaranya, demonstrasi Terjun Payung oleh prajurit Batalyon Taifib-1 Mar, demonstrasi penembakan Meriam Howitzer 105 MM oleh prajurit Resimen Artileri-1 Marinir, dan demonstrasi bela diri Karate oleh para prajurit Pasmar-1serta peninjauan Kesenjataan yang dimiliki Korps Marinir di lapangan apel Karangpilang,Surabaya.

 


Diakhir acara para Taruna dan Taruni mempertunjukkan Yel-yel Taruna TNI dan Taruna Polriserta ditutup dengan demonstrasi Haka-haka oleh para prajurit Pasmar-1.





Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Purwadi, para Asisten Pasmar-1, Danmenart-1 Mar Kolonel Marinir M. Nadir, Danmenbapur-1 Mar Letkol Marinir Iwan Hermawan, Danlanmar Surabaya Letkol Marinir Ludi Prastyono serta para pejabat teras dijajaran Marwiltim.




Sumber : Kormar

0 komentar:

Posting Komentar