Sabtu, Maret 29, 2014
3
WASHINGTON-(IDB) : Belanja terbesar pertahanan Australia untuk menghadirkan satuan Joint Strike Fighter (JSF) sebanyak 14 buah jet tempur F-35, saat ini dikategorikan "tak terjangkau" disebabkan faktor ketersediaan.

Demikian terungkap dalam sidang komite di Kongres AS, Rabu (26/3/2014) malam waktu setempat. Komite ini mendengar keterangan bahwa pesawat F-35 "tak terjangkau" untuk saat ini.

Australia sebelumnya telah memesan sebanyak 14 buah pesawat F-35 kepada AS, dan dua di antaranya diharapkan akan dikirim ke Australia tahun ini.

Harga sebuah pesawat F-35 berkisar 130 juta dollar.

Pesawat F-35 disebut-sebut sebagai pesawat tempur paling canggih di dunia, yang didesain untuk menyerang dari udara dan dari darat tanpa terdeteksi radar musuh.

Komite Pertahanan Pemerintah Australia sebelumnya diperkirakan akan mengajukan tambahan permintaan F-35 sebanyak 58 buah bulan depan.

Kepala Program JSF dari AS Letjen Chris Bogdan, mengunjungi Australia dua pekan lalu dan menyatakan, ketersediaan dan pemeliharaan pesawat-pesawat ini "belum cukup baik".

Menurut keterangan yang terungkap dalam komite Kongres AS disebutkan, masalah software bisa menyebabkan penundaan produksi.

"Kami juga mempertimbangkan masalah kelayakan, masih sangat berisiko," kata Michael Sullivan.

Anggota Kongres AS dari Partai Democrat Loretta Sanchez menyatakan tiga versi pesawat F-35 ini berada di bawah standar kelayakan yang direncanakan.

Disebutkan, Australia berisiko membayar lebih mahal atas pesawat pesanannya karena negara seperti Italia, Turki dan Kanada menunda pembelian mereka.

Saat ini pesawat F-35 sudah diproduksi namun masih terus mengalami penyempurnaan.

Angkatan Udara Amerika sendiri saat ini mengoperasi 58 buah pesawat F-35.

Pabrikan pesawat Lockheed Martin diperkirakan memproduksi 35 buah F-35 tahun ini.




Sumber : RadioAustralia

3 komentar:

  1. di kira nya gampang mau mengoperasi kan dan memelihara alat canggih.... he he he rupa nya mas Aussy cuma mau main gertak sambal ama Indonesia, mendingan kayak Korea Utara masih pakai MIG21

    BalasHapus
  2. Ini kan strategi pengkaburan radiness arsenal jadi jgn terkecoh...tetap pasang mata telinga asah otak perbesar otot TNI/BIN

    BalasHapus
  3. Biasa strategi militer ndak beda dg mainan anak2, ada yg lugu mengatakan punya kelebihan ada pula yg cerdik malahan sok bloon dan kita jangan masuk perangkapnya. Benar, bro.......

    BalasHapus