Rabu, Februari 26, 2014
5
Salah satu desain Tank Pindad
Salah satu desain Tank Pindad

JAKARTA-(IDB) : PT Pindad dan FNSS Turki rencananya akan menyelesaikan pengembangan prototipe tank medium nasional, pada awal tahun 2016. 

Pengembangan design tank ini tidak mengacu pada ACV-300 atau tank-tank buatan Turki lainnya seperti yang disampaikan Kadispen TNI AD Brigjen Andika Perkasa.

“Sedangkan design-nya tidak merujuk ke tipe ACV-300 tapi di design sendiri oleh PT Pindad dengan mempertimbangkan kebutuhan user (TNI AD),”

Pindad dan FNSS akan merampungkannya dalam Forum Intergrated Planing Team Meeting. Dari situ juga akan dilakukan riset dengan TNI AD agar bisa digunakan sesuai dengan kondisi geografis negara Indonesia.

Prototype Tank Pindad hull-nya mirip BMP2
Prototype Tank Pindad hull-nya mirip BMP2


Berat tank medium ini akan berada di kelas 20-25 ton. Kanon yang digunakan berkaliber 105 mm bukan 120 mm. Dalam road map yang dibuat, chasis tank ini untuk kavaleri dengan silhouette maximum 2.5 meter.

Light Tank Anders 105 mm
Light Tank Anders Polandia dengan turret CT CV 105 mm Belgia

Chasisnya untuk tank ini, termasuk tinggi turret dan kanonnya. Nah, yang menarik chasis tank ini dapat dikembangkan menjadi amphibious, sehingga bisa dipakai oleh marinir Indonesia.


disain-tank-pindad
Desain artistik Tank Pindad/ Nasional

Untuk kerjasama dengan Jerman dalam Transfer of Technology tank, hingga kini pemerintah masih melakukan pembicaraan. Rencana kerjasama dengan Jerman akan berkaitan dengan kontrak pengadaan Tank Marder yang dibuat bersamaan dengan kontrak tank Leopard oleh Kementrian Pertahanan.



Sumber : JKGR

5 komentar:

  1. Mantap, maju terus Pindad maju terus Indonesiaku semoga mandiri teknologi terkhusus Aljutsista lebih cepat terwujud

    BalasHapus
  2. dari ngobok2 mesin hasilnya nanti akan lebih memuaskan
    seperti halnya ANOA kita

    bakal panjang ini ceritanya
    haha

    BalasHapus
  3. itu kayanya bukan tank pindad dah yg gambar ke 4, itu BMP nya russia. kalo bener tuh tank nasional wah bakal mirip abis tuh sm BMP russia. mungkin lg sedikit mabok yg naro gambar

    BalasHapus
  4. AKU BANGGA JADI ANAK INDONESIA SEHAT,KUAT RAJIN BELAJAR ......

    BalasHapus
  5. TNI perlu memasukan tank Obrum ADVANCED STEALTH MBT dalam katalog rencana pembelian Alutsista TNI, meningat kemampuan stealth tank ini yg tidak ada duanya di dunia...
    Kita bisa pelajari teknologinya... saya yakin dalam 3-5 tahun kita biskuasia teknologi stealth tank ini
    Brovo.......... kemandirian Alutsista TNI...
    coba klik di : https://www.youtube.com/watch?v=b-LupA0YkeU

    BalasHapus