Selasa, Februari 04, 2014
27
TEHRAN-(IDB) : Iran telah memproduksi pesawat tempur jet generasi baru rancangan dalam negeri dan dikembangkan oleh para ahli lokal.
 

Generasi baru dari jet tempur Saeqeh (Petir) itu dilengkapi dengan dua kokpit terpisah, kata Wakil Komandan Angkatan Udara Iran, Brigadir Jenderal Alireza Barkhor pada hari Ahad (2/2).

 

Pesawat itu akan diresmikan dan dioperasikan dalam beberapa bulan mendatang, katanya.

 

Jet tempur ini mampu membawa dan menembakkan berbagai jenis roket, bom dan rudal, serta dilengkapi dengan sistem radar produksi dalam negeri.

 

Pesawat baru ini juga memiliki manuver tinggi serta akselerasi cepat, dan dapat beroperasi dengan tingkat kekeliruan minimum.

 

Sebelumnya, Iran telah meluncurkan versi lama dari jet tempur Saeqeh pada pertunjukan udara pada bulan September 2010.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, Iran mengukir prestasi besar di sektor pertahanan dan mencapai kemandirian dalam produksi perangkat keras dan sistem militer penting.

 

Sebelumnya pada bulan November, Iran meluncurkan pesawat tanpa awak terbesarnya bernama Fotros.

 
Pesawat nirawak Fotros dapat digunakan untuk operasi pengintaian dan pengawasan, dan berpotensi melaksanakan operasi tempur lengkap dengan roket tipe udara-ke-permukaan dan berbagai jenis roket.




Sumber : Irib

27 komentar:

  1. Itulah hasilnya jika suatu negara di embargo begitu lamaaa,,, potensi kemandirian bangsanya dipaksa muncul!
    Indonesia harus menjaga momentum kemandirian yang sudah diperlihatkan oleh industri alutsista nasional kitammm jangan mengendor karena mentang-mentang Barat sekarang seolah tersenyum dan memberikan semua yang kita pesan ! kita harus tetap berusaha untuk mandiri alutsista! semoga!

    BalasHapus
  2. Kata siapa indonesia mandiri ?.... soal industri dirgantara kita lebih maju dari iran bedanya iran sang ...peminpin tidak beryali budak barat contoh : pt DI sampai sekarang masih bercokol dengan produksi pesawat non jet , padahal kalau indonesia mau dari sdm nya punya kemampuan bikin pesawat jet tapi aneh ....dukungan dari peguasa tidak ada sama sekali untuk jadi negara mandiri , fakta yata 1 juta % indonesia hanya jadi lumbung celengan sekutu " boeing terselamatkan order besar lion air lines dari bahaya ancaman ke bangkrutan .

    BalasHapus
  3. coba lihat kebelakang..dulu iran tidak punya usaha kedirgantaraan...tapi sekarang mereka bisa membuat pesawat.malahan sekelas jet tempur....lahhhh kitaaa..punya PT DI.belum bisa bikin jet seperti ini...bukankah insinyur2 kita lebih pinter dari iran...aneh
    harusnya sekarang kita udah seperti china..bisa bikin jet tempur siluman..

    BalasHapus
  4. Spek pesawatnya belum jelas...udh di puji habis-habisan...!! Radarnya pakai apa ? Mesin pakai apa ? Sistem senjatanya pakai apa ? Rudalnya pakai apa ?....kalau di lihat sepintas mirip F5E Tiger, jangan2 cuman hasil modifikasi F5E Tiger jadi 2 engine jet...ini pesawat generasi ke 4 atau 4++ juga ga jelas...!! Sedangkan PT DI yg sedang berusaha buat pespur generasi 4++ dgn Korea malah di caci maki.... ( ini demokrasi bung bebas ngomong... Silahkan !!! Bebas mengkritik asal jgn mencaci maki dan menjelek-jelekan bangsa sendiri... )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul memang konon katanya rancang body Saeqeh adalah Copy dari F5 dan juga F14 tomcat,..bisa dilihat dari bentuk moncong dan ekornya..kedua jenis pesawat ini dimiliki oleh Iran warisan Rezim Syah dulu..

      Hapus
    2. BANYAK BICARA.BILANG AJA KAMU KAMU SEMUA IRI.DENGKI. KALAU MAU DI BANDINGKAN KEMANDIRIAN IRAN SAMA INDONESIA.JAUH SEKALI, INDONESIA BUTUH 100 TAHUN BRU BISA MENYAMAI IRAN. INI ADALAH FAKTA NYATA.. RUDAL2 IRAN BEGITU MENCENGANKAN JANGKAUANYA..DRONE.RADAR MILITER.KAPAL PERANG. PESAWAT TEMPUR..MALAH IRAN MEMPRODUKSI RUDAL ANTI KAPAL TERCEPAT,AMERIKA AJA BERPIKIR 1000X... LHAT BAGAIMANA TEKNOLOGI IRAN MENJATUHKAN DRONE CANGGIHNYA AMERIKA... KALAU LHAT RUDAL INDONESIA. GK ADA APA2.INDONESIA CM TAU BUAT ROKET ITU PUN MASH BELAJAR.DAN KALAH MA ROKET HAMAS..PT DI BUAT PESAWAT SEKELAS IRAN GK AKAN MAMPU DLM JANGKA 50 TAHUN.. APA ITU PANSER ANOA.IRAN AJA DA BUAT. SY BUKAN MEMUJI IRAN.TPI MEMANG KENYATAAN MENBUKTIKAN.DAN DUNIA MELIHATNYA..BUKAN ISAPAN JEMPOL BELAKA.. INDONESIA MANA ADA PERNAH MEMBUAT DUNIA TERKAGUM ATAS CIPTAANYA... ANDA ANDA ANDA YG BODOH.JUJUR AKU JIJIK MELHAT ANDA IRI. JAGAN CM KOMEN.TAPI BUAT.JGN MENHARAPKAN ORG KAYA.. ORANG BODOH.TOLOL. SUKU YG MEMBUAT MALU INDONESIA. JAWA.SUNDA. INILAH SUKU PALING BNYAK MISKIN. SUKU DNGAN PELACURAN TERBESAR.

      Hapus
    3. ano 15.16 tidak seorang pun bisa melihat kelebihan bangsanya kalau hanya berkomentar miring sambil mabok kecubung.

      Hapus
    4. ano 15.16 Situan sok tau dan pintar kita ini lagi mabok kecubung sambil koment makanya pake huruf besar semua, baca komentmu serasa pengen pup..

      Hapus
    5. Bro ano 15:16...kok jadi sewot & emosi..??!! Kalem aja mas bro nganggepin...kepala boleh panas tapi hati dingin.. Hihihii...nulis kok hurup besar semua...

      Hapus
    6. Ya Allah semoga ano 15.16 dilaknat di neraka jahanam seperti ayahnya,dr azhahari yg sudah menjadi asisten firaun di neraka jahanam, amin...amin...yrba...

      Hapus
  5. Bener bgt.. ini pesawat jiplakan f5 tiger blakang niru f18 hornet.. tp kliatan msh sperti light fighter blom bisa berbicara banyak di udara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Bro, Awalnya pasti copy paste karena kalau membuat dan mencari model sendiri nanti malah meragukan yang akan pakai atau membeli,setelah ketemu ilmunya mereka baru ber improvisasi.
      Contohnya Lenovo,itu pabrikan Computer,tablet maupun smartphone asal china yang sekarang produknya sudah men dunia,awalnya juga nempel ke Apple,sekarang produk Lenovo larisnya minta ampun bak kacang goreng......

      Hapus
    2. betul bro.indonesia taunya mengirim pembantu rumah ke seluruh dunia. Makanya indonesia khususnya jawa timur paling terkenal di dunia karna GUDANG PEMBANTU RUMAH. Indonesia blm tau buat apa2.. Cm orang yg komen puji2 mulut besar. Enaknya di robek mulutnya. Pengen q ludahi mukanya

      Hapus
  6. Itu uav fotros iran saingannya mq-9 reaper...

    BalasHapus
  7. Gak yakin iran bisa bikin pesawat tempur, hanya alat propaganda doang sama halnya pesawat siluman yang digembar gemborkan dimedia, kalau memang itu pesawat andalan kenapa diumbar dimedia. Kalau PT DI mau konsen untuk bikin pesawat tempur pasti bisa, masalahnya kembali lagi kemasalah ekonomi ordernya cuma memenuhi pesanan TNI, sementara kalau bermain disegmen sipil banyak mendapat order suku cadang dari dalam dan luar negeri perputaran uangnya akan lancar. Kecuali kalau pemerintah mau mengorder banyak dan memberikan banyak modal insentif untuk riset maka PT DI akan fokus kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 14.37.KAO BODOH Y.TOLOL Y.KAO PENGAMEN Y. DIKIT DIKIT PT DI.APA ITU PT DI, GAK BISA MANDIRI..KALAU DLU GAK DI BANTU KEUANGAN DA HANCUR.. MANA ORANG2 PTDI MAU MANDIRI MEREKA CMA MENHARAP BANTUAN DRI PEMERINTAH. KALAU PTDI JAGO BUKTIKAN DONK.. CM MENEMPEL MA AIRBUS MILITERI, INGAT Y PT DI BUTUH 10000 TAHUN BRU BISA MEMBUAT JET TEMPUR SENDIRI,INOVASI SENDIRI..INDONESIA BRU BISA BUAT JET TEMPUR KALAU ADA ORANG SEKELAS HABIBIE JUMLAHNYA 100 ORANG. INI CMA BERLOMBA2 MASUK POLITIK. ANJING KAO

      Hapus
    2. ano 15.26 Kamu lagi datang bulan ya, kenapa musti pake emosi ngata2in saya bodoh , tolol anjing, kalau situ emank wujud apa??..., di Alam demokrasi ini semua bisa mengemukakan pendapat dengan bahasa terukur, bukan bahasa binatang atau sebangsa lainya. Hargailah sedikit pendidikan anda, itupun kalau anda punya pendidikan.

      Hapus
    3. ano 15.26 cara anda berkomentar sebenarnya anda menunjukkan jatidiri anda. Buktikan juga kalau Indonesia baru bisa bikin pesawat tempur 10000 tahun lagi, analoginya dari mana? jangan cuma bisa cuap2 tanpa referensi yang jelas, sok merendahin PT. DI dan sesama warga negara Indonesia. Kalau kamu bisanya apa? apa cuma bisa ngamuk2 aja terus koment pake huruf besar semua kkkkkkk...nah sekarang renungkan siapa sebenarnya yang tolol....

      Hapus
    4. Ha..ha..ha...jangan2 bro ano 15.26 ini bekas pegawai PT DI yg di pecat, terus sakit hati... Makanya kalo ada komen ttg PT DI..darah tingginya langsung kumat.. Spt org yg benci banget sm PT DI...

      Hapus
    5. Semua bermula saat negara maling menyerang blog ini, hati" anak buahnya noordin m top sdg bergerilya,,

      Hapus
  8. Ada Intelijen musuh yang memang tugasnya sehari-hari adalah melancarkan komen2 diseluruh blog yang menyangkut Indonesia yang sifatnya adu domba,,, ada juga intel asing berkedok LSM yang pakai orang-orang kita sendiri untuk memecah belah,,, memprovokasi,,, memana-manasi,,, itulah bagian dari Perang Asimetris !
    Anjing-anjing asing itu masuk lewat semua jalur di negara ini untuk membuat kita lemah dan saling tidak percaya,,, ada yang berkedok mister-mister, ada yang berkedok abah-abah, ada yang berkedok pakcik-pakcik,, ada yang berkedok agan-agan, mas-mas,,,

    Pokoknya kalau kita terlalu liberal mereka akan buat komen seolah-olah protest,,, kalau kita terlalu nasionalis mereka makin protes juga ,,, terlalu agamis diprotes juga ,,,, itulah taktik mereka untuk memecah kita,,, menimbulkan kegamangan diantara generasi muda,,,

    Saudara-saudaraku sebangsa,,, kita harus cerdas menghadapi mereka,,, biarkan saja mereka berkomentar negatif,,, kita tidak boleh terpancing! Bangsa kita dibagian dunia ini memang dari dulu berdiri sendiri,,, negara-negara boneka Barat sekeliling kita tugasnya memang menghancurkan NKRI,,, karena bangsa ini kalau Bhineka Tunggal Ika nya berhasil akan membuat mereka terancam !

    Jadi biarkan saja oknum-oknum dalam negeri binaan asing mengonggong,,, bangsa kita harus tetap maju !

    Kalau segelintir orang yang berkomen negatif terhadap bangsanya sendiri karena latar belakang pribadi terkait sejarah yang pahit,, yah biarkan saja,,, itulah proses pendewasaan sebuah bangsa !
    Sumpah Pemuda untuk bersatu itu diikrarkan puluhan tahun sebelum kita merdeka 1945,,, terbukti dalam perjalanannya tetap sakti sampai sekarang ! Hidup NKRI !

    "Saudaramu dari Indonesia Timur"

    BalasHapus
  9. Udh yg penting sekarang indonesia harus bangkit maju mandiri dan harus mencontoh negara2 yg sdh pernah diembargo seperti salah satunya iran yg bisa mandiri dan menjadikn sanksi sbg dorongan motivasi utk lebih berusaha agar bisa mandiri. Iran saja bisa mandiri walaupun diberi sanksi yg bertubi tubi, saya yakin indonesia pasti bisa bahkn lebih asal ada kemauan dan mau berusaha keras. Jangan takut utk memiliki mimpi sampai setinggi langgit walaupun nantinya kita hanya bisa sampai setinggi gunung. Tidak masalah walau nantinya kita tidak bisa membuat kapal selam nuklir tapi sedikit tidak kita sdh bisa membuat rudal antar benua.

    BalasHapus
  10. Yg jelas babgsa kita bangsa tukang kritik tp gak ada yg becus kalau masalah teknologi,motor aja bikinan jepang APA lg bikin pesawat,,makanya bangsa asli tdk akan maju kalo mulut nya doang yg pintar,,ngakulah pda bego,,,

    BalasHapus