Senin, Januari 13, 2014
47
MAGETAN-(IDB) : Sampai hari ini PT Korean Aerospace Industries (KAI) Telah mengirimkan 14 dari rencana 16 pesawat latih tempur T-50i Golden Eagle pesanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Pesawat-pesawat latih tempur T-50i Golden Eagle ini masuk dalam Skadron Udara 15, terdiri dari 8 pesawat berkelir aerobatic scheme biru garis kuning menyala dan 6 pesawat berkelir biru loreng yang siap meningkatkan kekuatan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) di Lanud Iswahjudi.

Berikut foto yang diambil dari formil Kaskus :







Sumber : Kaksus

47 komentar:

  1. T 50i vs f 5 tiger
    Spesifikasi:
    - T50i harga tanpa persenjataan sekitar $21 juta ato sekitar 210 miliar. ( lebih mahal).
    - f 5 tiger harga tanpa persenjataan sekitar $2.1 juta ato sekitar 21 miliar. (lebih murah)
    - T 50i panjang 13.14 m, tinggi 4.94 m
    -F 5 tiger panjang 14.45 m, tinggi 4.08 m
    - T50i berat kosong 6.470 kg
    - F 5 tiger berat kosong 4.349 kg
    - T 50 i kecepatan maksimum 1.770 km/h (hampir sama)
    - F 5 tiger kecepatan maksimum 1.700 km/ ( cuma berbeda 70 km/h )
    - T50i range 1.851 km
    - F 5 tiger range 1.405 km, ferry range 3.700 km
    - T 50i service ceiling 14.630 m (lebih rendah)
    - F 5 tiger service ceiling 15.800 m ( lebih tinggi)
    - T 50i persenjataan aim 9, aim 120, agm 65 maverick
    - F 5 tiger persenjataan aim 9, aim 120, agm 65 maverick ( senjata sama)
    - T 50i sejarah pertempuran belum ada
    - F 5 tiger sejarah pertempuran pada 2 desember 1982 F 5 tiger iran berhasil menembak jatuh mig 25 iraq.
    - T 50i operator korea selatan dan indonesia
    - F 5 tiger operator puluhan negara di dunia termasuk us navy yg sampai saat ini masih aktif digunakan.
    Kesimpulannya T 50i dan F 5 tiger memiliki keunggulan dan kegunaan yg hampir sama. Tetapi yg sangat membedakan adlh harganya yg sgt berbeda jauh T 50i sekitar 210 miliar sedangkn F 5 tiger sekitar 21 miliar. Intinya kita ini......?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga F5 baru apa second bro?

      Hapus
    2. Baru bro lho liat aj data perbandinganya di wikipedia.

      Hapus
    3. emang ada yg baru.. negara mana yg produksi... :-?

      Hapus
    4. AA. negara yg produksi amerika sama iran

      Hapus
    5. sejak kapan amrik bikin F5 lagi...iran juga baru prototype belum diproduksi banyak, ngak mungkin indo beli karena masalah embargo iran...lagipula F5 itu fighter bukan untuk latih..jadi jangan bandingin dengan T50i.. [-(

      Hapus
    6. Pengganti F5 E Tiger itu sebenarnya adalah F 20 dan sudah dibuat beberapa buah prototypenya. Namun oleh Presiden Ronald Reagen dilarang untuk diproduksi dan diekspor karena dianggap teralu canggih. Sedangkan dalam berbagai even latihan tidak ada pesawat buatan AS lain yg mampu mengalahkan F 5E tiger dalam dogfight termasuk F 16 dan F 15.
      Produksi baru F 5E tiger sudah lama tidak ada lagi. Yang ada barang bekas

      Hapus
    7. T 50 GE vs F 5E Tiger.....ya jelas enggak sebanding dan beda fungsi. T 50 jelas pesawat latih tempur. Pilot yg semula mahir mengemudikan pesawat baling2 ( Grob atau Kwon bee ) naik kelas pake T 50 GE dulu sebelum ke F 5, F 16 atau Sukhoi. Ada juga usulan nambah Yak untuk mempercepat yg akan ke Sukhoi. F 5E kita sudah beberapa kali mengalami upgrade avionik dan yg paling penting adalah UMUR AIR FRAME. Sepertinys umur Airframe F 5 kita sudah mendekati habis beberspa tahun lagi dan kabarnya pengganti F 5 E Tiger kita adalah Grippen NG.....kita tunggu saja tanggal mainnya.

      Hapus
  2. Jika harga F 5 tiger tanpa persenjataan 21 miliyar maka 1 triliyun kita dpt sekitar 49 f 5. Liat aj brazil yg membeli f 5 kurang dari 1 trilyun dpt puluhan f 5. sedangkan t50i harganya jika tanpa persenjataan 210 miliyar maka 1 triliyun kita cuma dpt sekitar hanya 5 t50i sj.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg brazil beli juga pesawat bekas dari negara lain, kemudian dia upgrade sendiri, tentu aja harganya murah... payah nih bandinginnya.. b-(

      Hapus
    2. AA. emang ente tau negara mana asal pesawat bekas brazil.? ngarang aj ente nulis...! F 5 brazil tu dibeli baru dari as.!!

      Hapus
    3. baca dong di wiki.. brazil itu beli dari yordania ,kemudian dia cuman upgrade yg di beli tahun 70an , yg sy tanya kembali perusahaan apa yg produksi baru F5 jaman sekarang ente tau ngak jangan ngarang ?
      sekali lagi F5 itu fighter bukan latih , klo pilot baru habis berlatih baling2 disuruh naik F5 itu sama aja bunuh diri, yg cocok untuk latih ya kaya pesawat T50 , yak 130, M-346, K8..ngerti... :-b

      Hapus
    4. AA . Lh tu kn yg di beli dr yordan tu pd thn 2009. klu yg jumlahnya 36 f5E dan 6 f5b brazil belinya langsung dari amrik..

      Hapus
  3. ni orang dogol banget. pesawat tahun 60 an teknologinya (F-5) mau dibandingin sama pesawat yang teknologinya terkini (t-50i).. aneh aneh aja..!!

    BalasHapus
  4. coba lu bandingin avioniknya..!! sama nggak? sama sama punya radar AESA nggak? all weather fighter juga nggak? tolong yang Apple to Apple kalo mau bandingin barang. baru nyablak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Radar T 50i AN/APG 67 Jangkauan 47 km. Radar F 5 tiger AN/APQ Jangkauan 37 km ( cuma beda 10 km ). Semua jenis radar yg dipakai t50i dan f 5 jangkauannya sgt pendek di bandingkan radar seperti f 16. Jadi fungsi utama t 50i dan f 5 adlh pesawat latih dan pesawat serang darat. Jadi tidak terlalu berbeda jauh fungsi t 50i dgn f5.

      Hapus
  5. Kenapa negara yg kuat angkatan udaranya seperti singapur kanada brazil amerika masih menggunakn f 5 dan tidak menggantinya dgn T50i, bahkan brazil masih akan menggunakn f 5 sampai 2030.. Knp..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeeh bego tanya bego jawab jg hrs goblok. Kenapa Ethopia bl Mig 29. Kenapa nga Mig 15 aja harga murah. Tuuuuh India . Banglades .rumania msh pakai. Untuk apa mahal negara masih miskin yg penting bs terbang. ( jawaban orang bego kayak gini )

      Hapus
    2. Ano 19.34. Ente terguncang ya..? Knp negara seperti singapur kanada brazil amerika yg memiliki pesawat tempur modern seperti f 16 f 18 f 15 f 22 f 35 masih menggunakn pesawat tua f 5 tiger, knp ga diganti aj f 5 dgn t50i yg sekrg cuma digunakn oleh dua negara korsel ama indonesia. knp..? jawabannya adlh kembali lg ke sejarah awal pembuatan f 5. Amerika membuat f 5 krn amerika butuh pesawat tempur ringan yg memiliki manuver yg tinggi, harga yg super murah, biaya perawatan yg murah dan pemakaian bahan bakar yg sedikit dan memiliki jangkauan jarak terbang yg panjang. Itu lah sababnya as membuat pesawat tempur f 5 yg memiliki fungsi utama sebagai pesawat tempur pendukung serang darat yg efisien. Pesawat t50i jg jenis pesawat tempur yg efisien tetapi masih kalah dgn f 5 dlm hal efisiensi walaupun keduanya memiliki spesifikasi yg hampir sama. Penyebabnya adlh krn mesin yg digunakan t50i menggunakn 1 jenis mesin turbofan yg sgt besar beratnya 1.036 kg sadangkn f 5 menggunkn mesin turbojet yg kecil berat cuma 191 kg. t50i lebih berat dari f 5 krn mesin yg digunakn lebih besar dan berat padahal ukuran panjang f 5 lebih panjang dari pada t50i dan kecepatan f5 dan t50i hampir sama cuma beda selisih 70 km/h. Fungsinya jg sama sbg pesawat latih dan pendukung serangan darat. Itulah sebabnya negara seperti singapur kanada brazil amerika dll masih menggunkn f 5 dan tidak menggantinya dgn T 50i yg sekrg cuma dipakai oleh dua negara saja yaitu korsel dan indonesia yg skrg mengganti f 5 dgn t50i..

      Hapus
  6. Kan bego. T-50i itu untuk menggantikan hawk mk53 TNI-AU, bukan F-5 !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ano 20.54 emang benar T 50i adlh sebagai pengganti hawk tetapi pesawat f 5 jg akan diganti tni au. Dari pada tni au membeli T50i yg harganya mahal lebih baik tni au membeli dan menambah f 5 tiger yg memiliki keunggulan dan fungsi yg hampir sama dgn T50i dan harga f 5 yg jauh lebih murah dibandingkn T50i. Jika kita membeli f 5 dgn 1 triliyun kita dpt puluhan pesawat f 5 dibandingkn dgn T50i kita cuma dpt beberapa biji ja...

      Hapus
  7. pengganti f5 yo flanker gan, jangan sekelas f5 ato t50i donk, su35 ato minimal su30 yang real fighter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ano.21.55 ya ga tepat jg menggantikn pesawat tempur ringan dgn pesawat tempur berat krn beda fungsinya. Lebih tepatnya pesawat tempur menengah lah yg harus diganti seperti f 16 diganti semuanya dgn su 27 ato su 30. Sedangkn utk pesawat tempur berat indonesia memang sgt butuh krn indonesia belum punya jenis pesawat ini dan pilihan yg tepat utk saat ini adlh su 35.

      Hapus
    2. ffffhhhhhhhhhhhhhhh13 Januari 2014 23.27

      urusi dulu patok perbatasann

      Hapus
    3. T50i - Golden Eagle itu 8 unit untuk pesawat latih (warna biru muda) 8 unit untuk pesawat Aerobatic (warna biru tua & kuning) pengganti pesawat Hawk !

      Sedang kan F-5 Tiger wacananya akan diganti dengan pesawat SU-35 !

      Jangan emosi dulu dong ano-ano !!! makanya informasi yang kemari-kemarin itu dibaca dan di ingat ! wah wah wah ,,,

      Hapus
  8. patroli pake pesawat tempur ringan donk, biar irit, biar bisa lebih sering patroli...

    BalasHapus
  9. Hawk MK53 vs T50i baru perbandingan yg bener... tenang aja.. f5 bakal diganti..dan penggantinya bukan pesawat latih... tapi MMRCA

    BalasHapus
  10. camouflagenya cakeup euyyy katanya camou zet tempur tni au abu-abu bercak loreng paling indah di dunia katanya gue lupa sumbernya bro tapi benar cakeup di bandingkan camou dari negara lain <>

    (k) cheer x-)

    BalasHapus
  11. Buat ano pencinta f5 tiger, T50i dibeli sebagai LiFT beda fungsi dengan F5 sebagai pesawat sergap.
    Kenapa F5 tidak dibeli? karena itu pesawat generasi 2, kalau T50i generasi 3 mirip dengan F16. Avionik radar dan perangkat elektronikanya T50i jauh lebih baik daripada F5. Menurut saya T50i ini dibeli untuk transisi sebelum pakai F35. Nanti kombinasi F35 dengan Su35 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ano 09.47. Makin ga jelas ente ngebandingin jenis2 pesawat tempur. Ente ga tau perbedaan dan fungsi pesawat tempur ringan, pesawat tempur menengah dan pesawat tempur berat. Jgn sok tau ente pake acara ganti pesawat ringan f 5 dgn pesawat berat su 35. Semua jenis tingkatan pesawat kita butuh baik itu yg kelas ringan, menengah dan berat krn semua jenis pesawat itu akan saling mendukung dlm pertempuran...

      Hapus
    2. Ano 10.29 maksud ano.09.47 T 50i lebih hebat dari pd f 5..! Tpi klu mnurutku gak jg krn dilihat dr spesifikasinya hampir sama. Klu masalah avionik f 5 bisa di upgrade dgn yg modern contohnya sj singapur mengganti avionik f 5 dgn avionik yg lebih modern. Jd klu disuruh milih antara t50 dgn f5 saya lebih pilih f 5 krn harganya lebih murah dan spesifikasinya jg mirip dgn t50..

      Hapus
    3. f 5 kita dapat tawaran dari korsel hibah puluhan tapi kita tolak kenapa ????????????

      Hapus
  12. Pesawat latih di boyong ....kalau negara besar rusia cina brasil tentu sebaliknya jet tempur ber class plusss...di utamakan buat ke selamatan negara , ironis nya NKRI sampai kapan berakhir jadi mainan boneka mainan sekutu ?....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ano 12.06. Terus knp negara super power amerika yg memiliki pesawat tempur seperti f 16 f 18 f 15 f 22 f 35 b 2 masih menggunakan pesawat tempur ringan f 5.....??

      Hapus
  13. ni yg buat artikel haters TNI atau jgn2 antek asing.. maksud pembelian t50 ntu buat gantiin pesawat hawk mk5 sedang f5 belum, dan direncanain penggantinya akan dinaikin specnya dari penempur ringan jd menengah/berat, penggantinya jelas bukan f5, karena teknologi pesawat itu udah tua.. kl mau ganti mnding yang baru.. kmren pemerintaah nerima hibah f-16 AS yg di upgrade pd protes.katanya negara penyuka rongsokan lah..pemulung lah...pemerintah sebenerny udah punya rencana sendiri, yg udah pasti demi keamanan indonesia, mereka juga punya anak, bini yg perlu dpt perlindungan negara..jgn suudzon dulu, ente itu cuma tau dari artikel, bukan pengguna langsung. dan mereka jelas lebih kredibel ketimbang ente, kl ente mau bikin pengaruh sama kebijakan, sono jadi anggota DPR, gantiin tu org2 senayan yg g tau ttg pertahanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ano 13.21. masahnya ente kagak tau perbedaan dan fungsi pesawat tempur ringan dgn pesawat kelas menengah dan berat. Ya ga tepatlah klu pesawat tempur ringan diganti dgn pesawat kelas menengah krn beda perannya. Klu mo ganti yg kls menengah seperti f 16 ya diganti dgn yg sm kls nya dong seperti su 30 ato f 18. Sedangkn pesawat tempur kls berat seperti f 15, f 22, su 35 peran utamanya lebih banyak sbg penyerang ato pemburu pesawat musuh. Klu pesawat tempur ringan peranya sbg pesawat latih dan pesawat pendukung serangan darat. Jd semua jenis dan kls pesawat kita butuh krn akan sama2 saling mndukung. Contohnya dalam serangan pemboman wilayah musuh kita butuh 2 jenis pesawat tempur satu sbg pesawat pembom dan satunya lg sbg pengawal dan penyerang pesawat musuh.

      Hapus
  14. ni orang kagak ngerti2 dari tadi...
    F5 itu fighter dibuat pada tahun 60an pada jaman itu termasuk pesawat tercanggih seperti f15 nya pada jaman sekarang ,dan berhenti produksi pada tahun 1987 oleh amrik, banyak negara tetap mempertahankan F5 hanya sebagai tempur ringan dengan cara mengupgradenya..
    Jadi kalau jaman sekarang F5 sudah ketinggalan jaman teknologinya dan pengganti harus sesama fighter seperti f15,su 35 ,dll.
    Jadi fighter harus diganti dengan fighter atau multirole , sedangkan pesawat latih harus diganti dengan pesawat latih...gitu aja biar lo ngak bingung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. AA. tu kan f 15 lho katain fighter (pejuang) ..?! F 15 tu jenis pesawat air superiority fighter ( pesawat tempur superioritas udara ato si pemburu pesawat musuh ). Beda dgn f 5 yg hanya fighter ( pejuang yg misi utamanya hanya sbg pendukung serangan darat) utk rudal udara ke udara yg dibawa f 5 hanya digunakn sbg pelindung sj ya siapa tau pesawat musuh mengejarnya. F 5 jangkauan radarnya pendek jd ga cocok jd pemburu pesawat musuh cocoknya hanya sbg pendukung serangan darat. Gue jg nyebut f 5 sbg pesawat latih krn spesifikasinya sama dgn T 50i dan sama2 pesawat tempur ringan, klu masalah kecanggihan avionik f 5 lho sendiri udh bilang klu f 5 brazil udh di upgrade avioniknya dgn yg lebih canggih dan medern. So...

      Hapus
  15. Kalau jaman skg msh beli pesawat F5 produk jaman batu kelewatan. Walaupun msh ada yg menggunakan krn memang sebelumnya mereka sdh memiliki. Perbandingan pesawat light fighter dan heavy fighter kita sgt jauh, dgn kedatangan 24 F16, maka utk heavy fighter kita msh kekurangan terutama dikawasan barat. Utk masa dpn, minimal kita hrs mempunyai pesawat sekelas SU 35 ditempatkan bisa di lampung, sumsel atau riau.

    BalasHapus
  16. Dari pd membeli T 50i yg harganya US$ 21.000.000 lebih baik kita membeli pesawat latih amerika T-38 talon yg harganya pd thn 2013 cuma US$ 5.879.000. Ato pesawat latih rusia Yak -130 yg harganya cuma US$ 15.000.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hawk, T 50i vs T-38 talon, Yak-130 n Super tucano vs F 5 tiger = harga dan spesifikasi cari sendiri datanya....

      Hapus
  17. Pesawat tempur penjelajah pastilah bernesin ganda keselamatan pilot plus angkat senjata lebih unggul , indonesia bukan negara ketcil kutu....hanya di jaga pesawat seekoran pesawat itu pun 75 % pesawat latih dan sudah usur . Disinilah keberanian seorang peminpin di uji kemampuan menghadapi tekanan barat untuk membawa perubahan yata dengan sarat : panglima tertinggi tidak krupsi kamaruk , yg kita tahu sebaliknya penguasa sekarang sennang ambil uang kontan rakyat nya di tipu buat kepentingan familiy kroni .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok seperti aksen malon ya,yang dipaksakan untuk ngomong beraksen Indonesia

      Hapus
  18. BETTUL ...BETTULLL..HEHE..ITU MALING KUNDANG KW..KW ...

    BalasHapus
  19. 1 2 3 bnyk bacot semua...kredit motor aja nunggak mlah mbahas pesawat, hoax smua

    BalasHapus
  20. sebelum membeli pak menhan dan pejabat penting disana sudah rapat dengan penggede TNI AU yang sudah betul2 tahu oesawat tempur jenis apa dab berkemempuan bagaimana yang dibutuhkan TNI AU saat ini.semua diperhitungkan masak2 dan masih melalui proses yang panjang di DPR.emang beli kerupuk apa?ditimbang2 kayak nimbang besi tua aja.klo nggak tau mending diam aja.daripada berkomentar tambah hancur.mendingan kita do'ain aja TNI AU bisa beli dan punya SU35 2 skuadron.T50 PAKFA 1 skuadron.KFX/IFX cepat terealisasi.10 kilo dan amur klass,5 destroyer,10 PKR/fregat klas 1.lalu 36 titil radar diseluruh indonesia,S300 dan rudal pantsyr atau tuguska,1 skuadron heli serang super cobra dan 2 skuadron heli serang gandiwa yg segera diproduksi.jangan lupa SU35 dimodif dan dilengkapi rodal yakhont dan dihome basekan di kupang atau sekitarnya.setuju nggak?

    BalasHapus
  21. itu harga tahun berapa cooyyyyy

    BalasHapus