Senin, Desember 30, 2013
52
Pesawat Tempur Sukhoi SU-35 BM
Pesawat Tempur Sukhoi SU-35 BM

JAKARTA-(IDB) : Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan TNI sedang mempelajari kemungkinan memperkuat armada kapal selam Indonesia dengan kapal selam Kilo dari Rusia.

“Saat ini kami masih mempelajari dan menghitung rencana untuk memperkuat pertahanan kita di perairan”. “Akan lebih bagus lagi jika kita bisa mendapatkan kapal selam Kilo Class, yang memiliki peluru kendali dengan jangkauan tembak yang jauh”, ujar Panglima TNI di Jakarta, Minggu. 29/12/2013.

Kapal selam jenis Kilo bisa menembak dari dalam laut dengan sasaran permukaan sejauh 400 km. Tim teknis dari Angkatan Laut akan dikirim ke Rusia untuk mempelajari tawaran kapal selam tersebut.

Selain itu, TNI juga menunggu kedatangan helikopter Apache dari Amerika Serikat. Helikopter Apache hanya digunakan oleh sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat dan Singapura.
TNI juga telah memesan sejumlah tank Leopard yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Dari Perancis dan Inggris, Indonesia berencana mengimpor peralatan untuk sistem pertahanan udara.
Sukhoi SU-35, Time to Rock and Roll (REUTERS/Pascal Rossigno)
Sukhoi SU-35, Time to Rock and Roll.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, ia juga ingin TNI bisa memiliki Sukhoi SU-35, yang merupakan seri terbaru dari pesawat tempur Sukhoi Rusia.

Panglima TNI berharap sebagian besar alutsista yang sudah dipesan, bisa ditampilkan pada HUT TNI 5 Oktober 2014, di Surabaya – Jawa Timur. “Hal ini untuk mengirim pesan bahwa presiden telah mengambil langkah progresif menuju modernisasi sistem pertahanan Indonesia. Untuk standar ASEAN, alutsista kita akan menjanjikan”. 



Sumber : JKGR

52 komentar:

  1. Tahun baru merindiing (Y)

    BalasHapus
  2. Saya kira hanya wacana saja.terrlalu banyak gembar gembor.selama masih banyak antek antek probarat kemandirian alutsista hanya isapan jempol belaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya gAn, optimis ajelah dgn NKRI, kalao gk ada spionase kemaren, pasti lama datengnye dan hanya isu aje iyee kan gan. Hehehe cmiiw.

      Hapus
    2. Dana ifk.kapal selam chanbogo milyaran dollar hasil omdo.kenapa kita begitu bodoh menyerahkan jumlah uang yg besar kepada pihak korea .

      Hapus
    3. Kalo ga bodoh pasti udah bikin gan....

      Hapus
    4. jangan menyerah, kita tagih terus janji orang korea ni.

      Hapus
  3. semoga keinginan itu tdak di jegal oleh antek2 kapitalis Usa yg duduk d senayan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. antek USA itu Saudi Arabia, Mesir, Uni Emirat Arab, Turky, Maroko, Aljazair, ,,,,

      yang mana nih???

      Hapus
    2. senayan kok sampai arab, piye tho?

      Hapus
    3. ainul,,, orang indonisia gak ada yg antek barat ! apalagi disenayan ga ada tuh antek barat! yang ada itu antek timur yg doyan duit ! akakakakakakakakakakakakakakkk

      Hapus
  4. 2014 tahun sakral bagi TNI,,,,, karena akan banyak kejutan spt Apache,su-35 dan kilo.... apalagi kalau ada S-300MPA.....
    Pasti merinding bulu hidung tetangga kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak mungkin selama ada pejabat yg probarat

      Hapus
  5. Knapa kok gak sekalian beli sukhoi su 37 torminator ....f22 raptor pun ga brani lawan pesawat ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadeuuhhh, sukhoi 37 itu cuma buat pajangan doank itu gagal produksi di rusia, jgn sok tau ente,,kakwkkaw

      Hapus
    2. Nunggu jadinya T-50 PAKVA aja sekalian
      Hahahahahaha

      Hapus
  6. Dasar manusia gak ada puasnya...dulu pengen sukhoi 35...sekarang di turuti beli sukhoi 35...pengennya sukhoi 37... halah capek...

    BalasHapus
  7. mudah2 an RI bisa segera realisasikan miliki SU35 si monster langit yg doyan mangsa F35-F18E.F15sg.MIG29N.F111.P3 ORION.E2C hawkeye.radar jindela..he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau nanya nih,, ma ano 20.15
      apa radar su 35 yang jangkauan nya sampai 400km, bisa menangakap pesawat siluman (F35) ?? apa su 35 jg dilengkapi radar pasif? trus kalo f35 selama pertempuran mengurangi komunikasi , karena f35 dilengkapi system AWCS mini, apa msh bs tertangkap sama radar pasif?
      sementara ada istilah The first look, first shot, first kill,,
      iya mungkin ada harapan menang kalo dog figth ma f35, cos su 35 lebih lincah manuvernya, itu jg tergantung kemampuan pilotnya sendiri. , tp klo jarak jauh gmn, apa msh bisa menang lawan f35, wlupun f35 jangkauan radarnya ga trlalu jauh kyk su 35, tp dia termasuk jenis pesawat siluman yg tidak mudah di deteksi radar aktif,, klo pun tertangkap radar pasif itu karena faktor komunikasi pesawat ke markas / ke pesawat AWCS ?
      mohon pencerahan nya yg masuk logika..

      Hapus
    2. ane pernah baca artikel yg katanya SU-35 nih bisa nangkep si f-335 di jarak sekitar 70km-an tapi bandingin juga sih sama radar f35 yg lebih dari 100 km,ya tapi bukan tidak mungkin f35 bisa tertangkap radar lebih jauh dari 70 km jika indonesia memiliki radar vostok yg dapat mendeteksi pesawat siluman ituu trus lapor ke markas trus langsung kirim su35 ke udara,itu dalam simulasi intercept,ketika f35 hendak kabur,ane perbah baca juga kalo f 35 itu speed nya cuma 1.8 mach sedangkan su35 2.35 mach jadi bakalan susah kabur tuh f-35,trus ditembak pake R-77 skakmat dehh,gitu ya menurut logika ane,agan agan lain gimana??

      Hapus
    3. masalah nya ketika nembak, R.77 harus terdeteksi radar aktif, karena R.77 ini penuntunnya adalah Active radar homing..
      kita tidak bisa menembak hanya dengan memberi tahu titik koordinat pesawat.. sementara radar Active radar homing hanya bisa mendeteksi pesawat siluman sampai jarak 70km. sedangkan F 35 jangkauan radarnya +150 km,, sebelum pesawat su 35 mendekat pd jarak 100km F35 bisa melepaskan rudalnya AIM 120D atau AIM 135 yang jangkauan nya mencapai 75km s/d 180km.
      kalau situasi demikian apa masih bisa memenangkan pertaraungan?? maaf ini hanya analisi di atas keretas aja,, dilapangan situasi bisa berubah. karena teori selamanya tidak akan sama semua dengan praktek nya.. tp teori merupakan acuan dari praktek. lapangan.

      Hapus
    4. maaf satu lagi kecepatan rudal AIM 120D+ sampai 4mach. kalo di tembakan buat nguber su 35 kaya nya bisa,, cos kecepatan su 35 hanya 2.5 mach

      mudah2an ada rudal yang bisa dituntun dengan radar vostok yang bisa nguber F35,, atau su 35 bisa di pasang radar lain nya yang bisa menangkap dan menjatuhkan pesawat siluman..

      Hapus
    5. ko menurut gw andai f35 bawa rudal AIM 120D maka fitur siluman nya sudah tidak berfungsi lagi .. karna AIM 120D tidak bisa dimasukan kedalam badan F35 . paling hanya AIM 9x. sedangkan jangkauan rudal AIM 9x hanya sampai 40km.. jadi disini su 35 masih bisa bertarung dengan F 35 dengan dog figth, soal nya kalau jarak jauh F35 jg tidak akan bisa menembakan rudalnya, klo mau bawa rudal jarak jauh otomatis terdeteksi lbh dlu sama SU 35.

      Hapus
    6. Haduuuhh...pada ngomong teori tok..!! Buktikan secara nyata, mana yg lbh unggul SU-35 ato F-35..???!!!

      Hapus
  8. semoga terrealisasi, doa kami semua... aaaaaaaaaaaaaamiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin...

    BalasHapus
  9. tenang aza ah... tdk usah terburu buru. bumi bagian selatan cuaca terlalu "hangat"

    BalasHapus
  10. Amin. Semoga Indonesia segera bisa jadi macan Asia lagi..
    Rindu zaman Soeharto........

    BalasHapus
    Balasan
    1. rindu zaman suharto???? macan ompong!!!! hanya berani lawan rakyat. lihatlah alutsista kita tahun 2005, sdh rata2 kelas 2, tua2, senjata terbatas, sucad pun nggak ada. itu semua warisan suharto!!! senjata2 hebat warisan p karno hampir semua dibuang pada zaman suharto, hanya karena masalah politik--padahal senjata tdk punya jenis kelamin--boleh dipakai oleh garis politik apapun. saya malah salut pada periode kedua kepemimpinan pak SBY, kalau diakumulasi, akuisisi senjata pada zaman Pak SBY dlm 5 tahun terakhir ini jauh lebih hebat dan banyak dari pada 30 tahun masa pemerintahan p harto. p harto 12 f-16, sby 24+6 f-16 dan 16 Sukhoi!!. p harto 2 kapal selam, sby 3 U 209+...kilo!!, p harto scorpion, SBY LEOPARD + MARDER + BMP+ LVT+ ANOA!!!!, P Harto 3 Fatahillah + fregat2 bekas, SBY 3 sigma+3nakhoda ragam+2PKR+24clurit class+5 LPD bongsor. dll tahun2 depan masih banyak lagi gan zamannya SBY, sekaligus jg meletakkan dasar perubahan paradigma dari ke barat2an, menjadi barat timur. mendobrak tradisi anggaran pertahanan di bawah 0,1 GDP, menjdi 1, atau lebih dari GDP! dobrakan2 itu penting untuk menjadi tradisi ke depan. kalau pemerintah ke depan tdk melanjutkan tradisi bagus ini, akan ada banyak elemen masy dan TNI yg tdk puas!!

      Hapus
    2. zaman soekarno mah aku percaya....

      Hapus
  11. Sukhoi Su-37 terminator hanya pesawat uji coba gak pernah diproduksi secara massal

    BalasHapus
  12. apa radar su 35 yang jangkauan nya sampai 400km, bisa menangakap pesawat siluman (F35) ?? apa su 35 jg dilengkapi radar pasif? trus kalo f35 selama pertempuran mengurangi komunikasi , karena f35 dilengkapi system AWCS mini, apa msh bs tertangkap sama radar pasif?
    sementara ada istilah The first look, first shot, first kill,,
    iya mungkin ada harapan menang kalo dog figth ma f35, cos su 35 lebih lincah manuvernya, itu jg tergantung kemampuan pilotnya sendiri. , tp klo jarak jauh gmn, apa msh bisa menang lawan f35, wlupun f35 jangkauan radarnya ga trlalu jauh kyk su 35, tp dia termasuk jenis pesawat siluman yg tidak mudah di deteksi radar aktif,, klo pun tertangkap radar pasif itu karena faktor glombang komunikasi & dll.dari pesawat ke markas komando / ke pesawat AWCS ?
    mohon pencerahan nya yg masuk logika.. dari ano ano sekalian

    BalasHapus
  13. Ini pd ngetik panjang kali lebar emang dah pernh naek ?

    BalasHapus
  14. Bravo TNI sebagai pengawal Indonesia, apapun yang terbaik untuk bangsa kita wajib mendukung.

    BalasHapus
  15. fakta F35 jadi takkan bisa bebas berlengak lenggok begitu saja di asia pasipik-kehadiran SU35 dg piranti sensor BVR+380km+ countra jamers- telah menjadi batu sandungan atas cita2 air supremasi F35 yg slm ini dihebohkan-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane setuju gan... apalagi kalo SU 35 ada di garasinya NKRI mantab gan...knapa kita berpikiran negatip mulu...

      Hapus
  16. saya usul:: untuk menandingi F35s-selain dg SU35- RI juga harus segera miliki SAM zar@k jauh model HQ9-S300+ SAM tipe ini bisa meng eliminir ancaman jet tipe F35-F22RAFTOR.B1LANCER..-sprti contoh: di balkan1994 SAM mediumSA2 GUIDELINE sukses merrontokan jetF117stealht satu2 nya yg ada di dunia milik USAF- dg duet SU35.SU27/30.F16MLU/ blok32-avionik52 yg didukung SAM S300/HQ9 yg kelak dimiliki RI bisa merontokan moril F35-F22-B1/2 yg coba trobos ZEE.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan nya.. apa s300 mampu menembak pesawat siluman?
      apa radar nya bisa mendeteksi pesawat f35?? sampai sekarang blm ada bukti yg menyatakan hal itu,,

      yg aku tau f 117 itu teknogi siluman nya blm sempurna dan kejadian nya f117 bukan di balkan melainkan di serbia, kemampuan revolusioner, F-117 mempunyai keterbatasan karena hanya dapat dipakai pada misi penyerangan malam hari. tidak seperti f22 dan f35 yg lebih canggih lagi.

      SU35.SU27/30.F16MLU/ blok32-avionik52 yg didukung SAM S300/HQ9 apa mampu melawan F35-F22-B1/2 ???

      bukan bermaksud melemahkan kemampuan,, tp hanya berfikir secara realita,, bukan mengandai2..

      Hapus
    2. :d SU-35, F35 belum ada yang batle proven, gak bisa diprediksi, tapi untuk saat ini lawan tanding F35 yang se imbang ya SU-35, dari pada cuma punya F16 & tukino..hehe (k)

      Hapus
    3. Saatnya ruang udara kita punya payung paling tidak S300...bravo TNI....

      Hapus
  17. klo gw brfikir kita bisa pesan SU 35s jgn trlalu banyak,1 s/d 2 skadron aja, nanti sekalian tunggu kelanjutan proyek FAK PA yg blum terselesaikan semua, kira kira sampai thn 2020, , sapa tau bs utk di expor utk kita,, atau sekalian nunggu mimpi yg blm jelas (proyek KFX) yah berharap jadi aja supaya bs menguasai teknologi siluman nya, ,, dengan begitu bs memadukan mesin, avionik, dan system persenjataan teknologi su 35 dengan fitur siluman kfx,
    jadi deh IFX yg berbeda dengan KFX korsel..
    tp itu juga klo mimpi KFX terlaksana.. klo tidak yah gunakan rencana B.. beli FAK PA plus su 35 sebanyak mungkin.

    BalasHapus
  18. Menurut blog australia, mereka curiga indonesia itu sudah punya SU 35 !!
    karena su-35 itu cuma pengembangan persenjataan dan sistem radarnya SU-27 !!
    Coba simak pernyataan Jenderal Muldoko di garudamiliter.blog katanya dia mau beli SU-35 biar cuma 6 unit sudah pasti menggetarkan dikawasan ini,, australia malah curiga kita sudah punya,,
    akakakakakakakakak ,,, tambah kacau deh nih tetangga pada bingung!

    BalasHapus
  19. maap to mz ano10.44- j@nqan lantas bgitu aza voniz ke koment yg lain tidak realita"- gmn coba klo koment mz ano10.44 ternyata juga kbalikan nya' dari realita rasionil-lagi pula sekarang ini fakta( scara ekonomiz/politik non blok- spesifikasi pswt)lawan tanding yg se level dg F35 adalah SU35**dan untuk karakteristik plus minus segi teknis- zelaas setidaknya SU35lebih punya kapabilitas tuk duel dg F35..

    BalasHapus
    Balasan
    1. odie: bisa jelaskan teknik. Atau cara mengalahkan F35 klo memang trjadi duel di udara dgn jarak jauh. Katanya su 35 lbh unggul dan lebih kapabilitas nya dr f35. ? yah klo jarak dekat (dogfigth) SU 35 punya kemampuan lebih dibanding F35..
      Sebelum nya terima kasih atas penjelasan nya....

      Hapus
  20. klo liat situs di tetangga kyk nya pemeritah jd beli SU 35.. Tp cuma 6 unit doank.. Gpp yg penting ada penyeimbang F35. Tp itu msh penjajakan.. Survey nya bulan pebruari..

    BalasHapus
  21. Amiinn...semoga terwujud setengah skadron Su-35 dulu gak masalah. Ntar kalo jadi beneran ribut sm tetangga kiri sam belakang baru pesan lg cepat-cepat...

    BalasHapus
  22. Rencana pengadaan sukhoi 35s 6 buah bakal mengubah situasi kawasan sebelah , sekalipun mereka sudah pamer f35 siluman yg terkernal mahal tapi ke mampuan terbatas usung senjata , speet jangkuan radar . Bellom masalah perawatan luar biasa besar di karenakan tehnologi sarat radar bellom sempurna

    BalasHapus
  23. Rencana yg hrs terwujud krn negara2 tetangga sdh akan mempunyai F35. Biasanya pemimpin kita byk maunya dan byk opini shg byk proyek yg seharusnya sdh jd terbengkalai.

    BalasHapus
  24. mudah2an pemerintah mau di ajak joint ma rusia terkait pengembangan FAK PA... Sehingga indonesia bisa memiliki pesawat yg bisa menandingi F22.. Cos klo F35 msh kalah kemampuan nya sama raptor.. Dan bisa benar2 jadi macan asia.. tp smua tergantung kemauan. Niat dan pelaksanaan pemerintahan skrg & nanti

    BalasHapus
  25. jgn bermimpi terlalu tinggi moeldoko,ntar jatuh ketimpa tangga lg..
    Yg ada dlm draft aja blm terealisir sdh bermimpi mau bli su35 lah,kilo/amur dll..militer rusia aja br punya bbrp unit,itupun mah dicari kelemahan2nya sblm produksi masal,klo pun di ekspor sdh pasti sekutu2 rusia yg terdekat yg memberikan keuntungan politis rusia di pentas dunia,lantas mmgnya indonesia apanya rusia?
    Sekutu dekat tidak kan,dan indonesia tdk memiliki pengaruh di kancah internasional,cm sbg konsumen kelas teri..yg cm bli belasan unit,itupun bertahap utk melengkapi 1skuadron butuh waktu 10th,keburu tertinggal teknologinya,jd rakyat indonesia jgn lah bermimpi trus hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANO. 23.00
      KAMU ITU SETANNYA INDONESIA YA

      Hapus
  26. juatru saya adlh malaikat buat indonesia,mengajak org2 seperti anda utk tdk terlalu byk terbuai dgn wacana2 pemerintah yg lbh pantas di ibaratkan "besar pasak dr pd tiang" dan "tong kosong nyaring bunyinya"...
    ada satu lg yg perlu di klarifikasi buat pencerahan agar tdk dibodoh bodohi pemerintah,yaitu tentang indonesia menduduki peringkat militer terkuat ke 15 di dunia,yg benar adalah indonesia peringkat 13 dgn militer aktif terbanyak di dunia,jd bkn terkuat!
    Di asean aja kita sdh kalah bersaing alutsista dgn singapore dan vietnam blm lg kita bcr asia ada china,korsel,korut,jepang,australia,pecahan uni soviet,arab saudi,mesir,iran,israel dll bcr dunia amerika+sekutu2nya..
    Logikanya sangat tdk masuk diakal indonesia membanggakan diri diperingkat 15,byk org terkecoh dgn peringkat tsb..apalg dikatakan klo perang indonesia cm bertahan 3hr saja hahaha

    BalasHapus
  27. maap to sdr ano20.52 jangan lah dikau terlalu percaya diri dlm koment-di lihat dari kwalitas tulisan koment sdr ano 20.52 itu*-* org2/bloger2 IDB lain nya bisa tilai koment 20.52masih kulit fremature tapi kok"udah pede di go public-stok bbm RI yg 3 hari(belum final kepastian nya)-kok bisa2 nya dizadikan patokan bhwa RI bisa kalah perang dari singaporn(stok50 hari bbm)-dewasa lahh* bhw perang itu bukan dunia fantasia*contoh:amrik punya stok bbm100 th'bisa di bikin keook yook oleh vitkong yg hanya punys stok bbm20 jam- liat juga bila LATGAB TNI minimal biasa mampu digelar 1 bulan-truss operasi seroja1976 kondisi stok bbm cuma10 jam tapi TNI sukses genyurin ampe keok freetelin 1978- jadi INGAT singapor dll yg punya stok bbm 1 abad pun jangan lantass pede mimpi menang perang-lagi pula stok bbm RI/TNI masih banyak waktu bisa ditambah- kacian deh mz ano20.52 hi hi hi

    BalasHapus
  28. sangat tepat sekali klo TNI AU memiliki SU35 2 skuadron,klo pespur PAK FA 50 mulai diekspor oleh rusia maka indonesia wajib punya min 1 skuadron sambil nunggu KFX/IFX maka saat itulah aku bangga sebagai bangsa indonesia yang memiliki kekuatan dirgantara yang perkasa.didarat kita akan kedatangan tank leopard dan heli serang apache yang betapa indah dan berbunganya hati ini klo heli serang gandiwa diproduksi min 2 skuadron untuk TNI AD,HQ9 atau rudal S300/400 family diduetkan dengan pantsyr dan dilengkapi dengan min 25 titik radar canggih yang mengawasi setiap jengkal bumi pertiwi,dilaut kita beli min 6 kilo atau amur klass yang akan berduet dengan 3 changbogo,2 destroyer,20 kapal perang jenis sigma,PKR artau fregat,dengan begitu insya allah harkat martabat akan terhormat dan kita akan lancar dan sangat diperhitungkan diplomasi kita didunia internasional.bravo TNI bravo indonesia.

    BalasHapus